Sukses

6 Jenazah Korban AirAsia di Kapal AS Siap Dibawa ke Pangkalan Bun

Menurut dia, dengan tambahan 6 jenazah tersebut, artinya hingga hari ke-6 pencarian, total sudah 16 jenazah ditemukan.

Liputan6.com, Pangkalan Bun - Setelah 2 jenazah korban jatuhnya pesawat AirAsia QZ8501 yang diambil dari KRI Banda Aceh, ada 6 jenazah lagi yang menunggu untuk dievakuasi ke Bandar Udara Iskandar, Pangkalan Bun, Kalimantan.

Direktur Operasional SAR Posko Pangkalan Bun, Marsekal SB Supriyadi mengatakan, enam jenazah tersebut berasal dari temuan USS Sampsons dari Angkatan Laut Amerika Serikat.

"Hari ini rencananya akan ada 6 jenazah lagi yang berasal dari USS Sampsons. Mereka rencananya akan membawa jenazah tersebut ke Pangkalan Bun menggunakan helikopter milik mereka sendiri," ujar Marsekal I Supriyadi di Bandara Iskandar, Pangkalan Bun, Kalimantan, Jumat (2/1/2015).

Menurut dia, dengan tambahan 6 jenazah tersebut, artinya hingga hari ke-6 pencarian, total sudah 16 jenazah ditemukan. "Artinya dengan kehadiran 6 jenazah, maka total sudah 16 jenazah telah diketemukan," tandas Supriyadi.

Namun temuan 6 jenazah ini belum diverifikasi oleh Badan SAR Nasional (Basarnas). Kepala Basarnas Marsdya TNI F Henry Bambang Sulistyo mengatakan, saat ini total jenazah yang dievakuasi baru 10.

Sebanyak 8 dari 10 tersebut tengah dalam proses identifikasi di Surabaya, Jawa Timur. Sementara 2 sisanya masih berada di Pangalan Bun, Kalimantan Tengah.

Kapal Penghancur Milik AL Amerika memiliki panjang 155 meter dan berat bersih 9.200 ton tersebut memiliki teknologi canggih dan sonar dengan jangkauan luas. Diharapkan dengan kehadirannya dapat membantu pencarian korban dan bangkai pesawat AirAsia QZ8501. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.