Sukses

Kapal Terbesar Basarnas Sisir Selat Karimata Cari AirAsia

Salah satu kelebihan kapal ini, yakni memiliki landasan Helikopter (Helipad).

Liputan6.com, Selat Karimata - KN SAR 101 Purworejo adalah kapal terbesar yang dimiliki Badan SAR Nasional (Basarnas) dan diikutsertakan dalam pencarian AirAsia QZ8501. Salah satu kelebihan kapal ini, yakni memiliki landasan Helikopter (Helipad).

Meski demikian, helikopter tak bisa sembarangan mendarat di atas kapal yang dibuat di Batam ini.

"Memang ada helipad, tapi kemungkinan jika gelombang lebih dari 1 meter saya menyarankan untuk tidak mendaratkan heli karena bisa mendapat goncangan yang kuat," ujar nakhoda Kapten Adil di atas kapal KN 101 Purworejo di Selat Karimata, Kamis (1/1/2015).

Menurut dia, perjalanan hari ini ditempuh menuju 120 nm (nautical mile) menuju Bangka Belitung.

"Seandainya kita menemukan sesuatu baik itu serpihan atau jenazah, maka kita akan men-dropping langsung," ujar kapten yang baru saja melewati 4 meter gelombang itu pada pencarian hari keempat.

Apakah titik yang dituju kapalnya itu merupakan lokasi tepat jatuhnya pesawat AirAsia QZ8501?

"Saya nggak mau bilang kalau titik yang akan kita tuju tersebut merupakan titik dari pesawat, kita nggak mau berspekulasi dulu apakah memang benar telah tenggelam. Tapi kita berharap sesuatu yang baik selalu ada," tandas Adil. (Ndy/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.