Sukses

TNI AU: Semoga Besok Cuaca Bagus untuk Evakuasi Penumpang AirAsia

Masalah yang ditemui tim SAR gabungan adalah besarnya area pencarian korban.

Liputan6.com, Jakarta - Tim SAR gabungan langsung bergerak melakukan pencarian sejak pesawat Air Asia QZ 8501 hilang kontak pada Minggu, 28 Desember 2014. Beruntung, pencarian pada hari ketiga ini menunjukkan hasil.

Meski sudah berbuah hasil, tahap pencarian AirAsia pada hari ketiga ini bukan tanpa kendala. Masalah yang ditemui tim SAR gabungan adalah besarnya area pencarian korban.

"Kendala kan kita harus lihat area begitu luas," kata Panglima Komando Operasi I TNI AU Marsekal Muda Dwi Putranto di Base Ops Halim Perdanakusuma, Selasa (30/12/2014).

Pada hari pertama, Basarnas memfokuskan pencarian pada 7 area di sekitaran posisi hilangnya pesawat Air Asia. Di hari ketiga ini, Basarnas menambah area pencarian hingga 13 titik. Dengan penemuan ini, Dwi yakin Basarnas akan langsung mengerahkan pencarian ke titik ditemukannya serpihan dan mayat.

"Basarnas sedang proses menggerakkan kapal-kapal menuju area tersebut," lanjut Dwi.

Jenderal bintang 2 itu memastikan TNI AU tetap terlibat dalam operasi pencarian pesawat Air Asia ini. Dia hanya berharap, cuaca besok bagus untuk melakukan pencarian.

"Mudah-mudahan besok cuaca bagus, dan banyak yang ditemukan karena areanya luas. Mudah-mudahan kapal kita sudah banyak yang sampai," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini