Sukses

Dukung Eksekusi Mati, Polri Siapkan Regu Tembak

Wakapolri mengatakan saat ini pihaknya tengah menyiapkan regu tembak untuk melakukan eksekusi mati tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Wakapolri Komjen Pol Badrodin Haiti mengatakan pihaknya mendukung pelaksanaan eksekusi bagi terpidana mati, terlebih untuk kasus narkoba. Menurut jenderal polisi berbintang 3 itu, saat ini pihaknya tengah menyiapkan regu tembak untuk melakukan eksekusi mati tersebut.

Badrodin menuturkan, Polri juga menjamin keamanan pelaksanaan eksekusi tersebut. Sebab, tak jarang eksekusi mati biasanya ada reaksi warga. Saat ini pihaknya terus berkoordinasi dengan Kejaksaan Agung. Namun, soal waktu dan tempat pelaksanaan eksekusi mati sampai saat ini masih dirahasiakan.

"Kita siapkan regu tembak (eksekutor). Ada aturannya (soal) senjata (maupun) jumlah peluru," kata Badrodin di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (16/12/2014).

Secara terpisah, Kapuspenkum Kejagung Tony T Spontana mengatakan, persiapan pelaksanaan eksekusi sudah dilakukan untuk terpidana mati kasus narkoba dan non-narkoba. Jaksa eksekutor yang akan melaksanakan eksekusi terus berkoordinasi dengan Kapolda dan Kanwil Kemenkum HAM. Tak ketinggalan, Dinas Kesehatan, Kanwil Kementerian Agama di provinsi masing-masing.

"Ini untuk mempersiapkan aspek teknis dalam pelaksanaan eksekusi tersebut," kata Tony dalam jumpa pers di Kejagung.

Soal tempat eksekusi, Tony mengatakan belum ditetapkan secara resmi. Namun, besar kemungkinan LP Nusakambangan di Cilacap, Jawa Tengah, akan menjadi salah satu lokasi eksekusi. Penentuan lokasi sendiri akan mempertimbangkan berbagai aspek, terutama keamanan dan pengamanan pelaksanaan eksekusi.

"Yang dapat dipastikan bahwa eksekusi tahap pertama akan dilakukan terhadap terpidana kasus narkoba," tutup Tony. (Ado/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini