Sukses

Upacara Istimewa Saat Hari Guru Bersama Menteri Anies Baswedan

Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar Menengah Anies Baswedan menjadi pembina upacara Hari Guru.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar Menengah Anies Baswedan menjadi pembina upacara Hari Guru hari ini.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (25/11/2014), ada yang istimewa dalam upacara ini, komposer Addie MS ambil bagian dengan memimpin paduan suara pelajar dari SMAN 34 Jakarta. Addie mengaku senang keterlibatannya kali ini disebutnya sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap musik.

Pekerjaan rumah pemerintah soal guru masih banyak. Salah satunya terkait gaji guru yang terbilang kecil. Menyadari hal ini Menteri Anies mengaku telah berkoordinasi dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi untuk menetapkan upah minimum guru.

Salah satu pekerjaan rumah itu juga terlihat di Garut Selatan, Jawa Barat. Banyak guru yang mengajar di sekolah terpencil dan sering terlupakan. Rekan-rekan mereka dari kota mengunjungi mereka di Hari Guru ini.

Sebelum tiba di tempat tujuannya, para guru ini harus menempuh perjalanan berat selama 2 jam menembus hutan belantara dengan menggunakan sepeda motor. Satu persatu sepeda motor itu tergelincir saat melalui jalan setapak berlumpur.

Jalan yang buruk semacam itu bisa dengan mudah dijumpai di desa-desa Kecamatan Caringin, Medan, Sumatera Utara. Jalan seperti itu pula lah yang harus dilalui oleh murid dan guru saat hendak menuju sekolah.

Peringatan Hari Guru juga digelar di Solo, Jawa Tengah. Ratusan siswa SMP Muhammadiyah 5 membawa kue dengan berbagai ukuran.

Kemeriahan terlihat di lapangan upacara dengan ratusan siswa memberikan selamat kepada guru sambil menyalakan petasan. Asap-asap yang keluar merupakan inisiatif siswa sebagai rasa terima kasih kepada gurunya. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Hari guru mempunyai makna sebagai bentuk penghormatan kepada guru atas jasa-jasa yang telah dilakukannya selama ia mengajar.
    Hari guru mempunyai makna sebagai bentuk penghormatan kepada guru atas jasa-jasa yang telah dilakukannya selama ia mengajar.

    Hari Guru

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan

Video Terkini