Sukses

Jokowi Puji Kemajuan Ekonomi Tiongkok di Depan Gubenur

Jokowi kembali mengingatkan pentingnya sinergi pembangunan antara pemerintah pusat dan daerah.

Liputan6.com, Bogor - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengumpulkan seluruh gubernur se Indonesia di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Dengan tujuan, memberikan pengarahan kepada seluruh kepala daerah tersebut.

Dalam sambutannya, Jokowi kembali mengingatkan pentingnya sinergi pembangunan antara pemerintah pusat dan daerah.

"Acara pada hari kita ingin mendengarkan keinginan dari provinsi, terutama berkaitan dengan program yang sudah dimiliki provinsi dan disinkronkan dengan pusat lewat Bappenas. Agar pusat, provinsi, dan kabupaten dapat konsolidasi secara baik dan sambung semuanya," ujar Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (24/11/2014)

Di hadapan 34 kepala daerah itu, Jokowi juga kembali menyampaikan kekaguman akan pesatnya pembangunan negara Tiongkok yang beberapa waktu lalu dikunjunginya.

"Mungkin ini ketiga kalinya ini saya sampaikan. Saya ingin mengulang saja. Saya terus terang sangat takjub oleh lompatan ekonomi Tiongkok yang di luar dugaan kita semua," kata Jokowi.

Namun, belum secara detail menyampaikan arahannya ke para gubernur yang hadir, Jokowi yang didampingi Wapres Jusuf Kalla meminta wartawan yang meliput untuk meninggalkan Ruang Garuda gedung Induk atau tempat pertemuan itu berlangsung.

Selain gubernur dari 34 provinsi, acara ini juga dihadiri oleh sejumlah menteri terkait seperti Menteri Sekretaris Negara Pratiko, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri Keuangan Bambang Brojonegoro, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, serta Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Gubernur