Sukses

3 'Auman' TrioMacan2000 Sebelum Raden Nuh Ditangkap

'Auman kontroversial' TrioMacan2000 terhenti sejak Raden Nuh, orang yang diduga berada di balik akun Twitter itu dibekuk.

Liputan6.com, Jakarta - 'Auman kontroversial' akun Twitter TrioMacan2000 @TM2000Back terhenti sejak Raden Nuh, orang yang diduga berada di balik akun Twitter itu dibekuk lantaran dituduh melakukan pemerasan terhadap pejabat PT Telkom. Penangkapan Raden Nuh itu berawal dari dibekuknnya Edi Syahputra, pria yang juga disebut-sebut sebagai pengelola Triomacan2000.

Ini bukan kasus pertama yang melibatkan akun Triomacan2000. Tercatat sudah beberapa kali auman-auman kontroversial akun tersebut menyenggol beberapa pihak, termasuk kalangan menteri. Berikut daftarnya yang Liputan6.com rangkum, Senin (3/11/2014):

1. Syarief Hasan

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) era mantan Presiden SBY Syarief Hasan pernah melaporkan admin Triomacan2000 atas pencemaran nama baik ke Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK) Polda Metro Jaya. Laporan itu dibuat pada Kamis 16 Mei 2013 lalu.

Syarief menilai telah terjadi pencemaran nama baik yang ditujukan kepada sang istri, Ingrid Kansil lewat kicauan akun TrioMacan2000.

Akun Twitter @TrioMacan2000 -- kini @TM2000Back menyebutkan, seorang menteri KIB II yang berasal dari partai yang berkuasa sedang goncang. Sebab istrinya dipergoki 'bermain' alias berselingkuh dengan anak dari istri pertama.

Kendati tulisan di akun itu tak menyebutkan nama sama sekali, Syarief merasa tulisan itu mengarah ke keluarganya.

Pelaku pun disangkakan dengan Pasal 310 KUHP juncto Pasal 311 KUHP tentang Pencemaran Nama Baik, dan Pasal 27 Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Polisi pun dibuat sibuk untuk mencari dan memeriksa pemilik serta pengelola akun tersebut. Diyakini, akun TrioMacan2000 tak cuma dikelola 1 orang saja.

>>>Next>>>

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dahlan Iskan

2. Dahlan Iskan

Menjelang penghujung 2013 lalu, auman TrioMacan2000 kembali menebar sensasi. Saat itu, akun tersebut berkicau soal sejumlah kasus korupsi yang diduga melibatkan Menteri BUMN era Presiden SBY, Dahlan Iskan.

Kasus dugaan korupsi itu, yakni kasus dana bencana Nusa Tenggara Timur dan Aceh, kasus korupsi di PLN, hingga kasus korupsi PLTU Embalut, Kalimantan Timur. @TrioMacan2000 juga mengaku kicauannya itu sudah didengar Presiden SBY.

Karena kuatnya tudingan tersebut, Sekretaris Kabinet Dipo Alam pun tergerak untuk meminta klarifikasi dengan mengundang @TrioMacan2000 ke kantornya dan menyerahkan bukti-bukti tersebut.

Namun bukannya orang di balik akun Twitter itu yang muncul, sang macan malah mengutus 4 orang kuasa hukumnya. Mereka, yakni William, Ibnu MH, Edy Syahputra, dan Ahmad Irwadi Lubis. Pertemuan itu pun digelar tertutup di Kantor Dipo.

"Kenapa mereka kita layani? Karena sudah banyak kultweet dari @TrioMacan2000 yang menuduh tindak pidana korupsi Pak Dahlan Iskan selaku Menteri BUMN. Menteri BUMN juga selaku menteri kabinet. Tentunya itu menjadi terkait urusannya dengan kami kalau anggota kabinet," ujar Dipo 30 Desember 2013 lalu.

Dituduh seperti itu, Dahlan sendiri tetap santai. Dia malah menjawab sambil berkelakar. "Ya sudah, nggak ngebantah, biarin saja (ada dugaan korupsi)," tutur dia 6 Januari 2014 lalu.

>>>Next>>>

 

3 dari 3 halaman

Marwan Effendy

3. Marwan Effendy

Mantan Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta Marwan Effendy juga pernah berurusan dengan TrioMacan2000 dengan kasus pencemaran nama baik.

Hal ini berawal dari sebuah akun Twitter @fajriska yang menuding Marwan menggelapkan uang barang bukti kasus korupsi Bank BRI pada 2003 silam senilai Rp 500 miliar saat menjabat Aspidsus Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta Marwan Effendy. Tulisan itu lantas di-retweet akun Twitter @TrioMacan2000.

Marwan menduga kuat pemilik akun @fajriska merupakan M Fajriska alias Boy Fajriska. Bahkan politisi PKB itu yakin Fajriska adalah pemilik akun yang sama dengan nama @TrioMacan2000. Fajriska dalam sebuah kesempatan membantah sebagai pemilik akun dalam twitter @fajriska atau @Triomacan2000. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini