Sukses

Ribuan Jemaah Muhammadiyah Salat Idul Adha Hari Ini

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan jemaah Muhammadiyah melaksanakan salat Idul Adha di Masjid Ar Rahman di Jalan Balai Pustaka Barat, Rawamangun, Jakarta Timur, hari ini. Salat dilaksanakan di lapangan masjid hingga ke jalan.

Para jemaah yang akan merayakan hari raya Idul Adha ini sejak pagi sudah mulai berdatangan ke masjid yang berada di dalam sekolah Perguruan Muhammadiyah, Rawamangun itu.

Gema takbir terus dikumandangkan sambil menunggu kedatangan para jemaah yang akan salat Idul Adha. Jalan Balai Pustaka Barat juga ditutup untuk menyelenggaraan salat.

Ketua Dewan Kepengurusan Masjid Ar Rahman, Bambang Husni mengatakan, penyelenggaraan salat Idul Adha di masjid ini memang sudah dilakukan setiap tahun. Untuk tahun ini, diperkirakan tidak kurang dari 3.000 jemaah yang akan ikut dalam salat.

"Kalau waktunya berbeda seperti ini, biasanya penuh sekali. Mungkin sampai 3.000 lebih jemaah yang akan hadir," kata Bambang di lokasi, Sabtu (4/10/2014)

Bambang mengatakan, jemaah yang hadir tidak hanya dari warga di lingkungan Jalan Balai Pustaka Barat dan Rawamangun, tapi juga warga dari luar daerah yang biasanya ikut dalam salat di masjid Ar Rahman.

"Biasanya mereka yang punya ikatan batin seperti itu dengan masjid ini, pasti salat di sini. Tapi, kami tidak mewajibkan anak sekolah di sini untuk salat juga di sini," lanjut Bambang.

Salat Idul Adha di Masjid Ar Rahman ini akan dipimpin imam Drs Asmadi Idris. Sementara yang bertindak sebagai khatib, yakni Drs Arif Susanto.

Sebelumnya PP Muhammadiyah berdasarkan hasil hisab, menetapkan 1 Dzulhijjah 1435 Hijriyah jatuh pada Kamis 25 September 2014, Hari Arafah (wukuf) dan puasa Arafah
dapat dilakukan pada Jumat 3 Oktober dan Idul Adha (10 Dzulhijjah) jatuh pada Sabtu 4 Oktober

Ketetapan itu tertulis dalam Maklumat no 02/MLM/I.O/ E/2014 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijjah 1435 H yang ditandatangani oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin pada 8 Mei 2014.

Sementara itu, pemerintah Indonesia melalui sidang isbat 24 September lalu menetapkan Idul Adha 2014 (10 Zulhijah) jatuh pada Minggu 5 Oktober 2014.

Salat Idul Adha juga dilaksanakan di berbagai lokasi, seperti di Jakarta Selatan ada sejumlah lokasi yang disiapkan. Antara lain di halaman kampus Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka) Jalan Limau Kebayoran Baru, lapangan Masjid Al Huda Muhammadiyah Tebet Timur, Lapangan Lemigas Kebayoran Lama, halaman Masjid
Mubasyirin Setiabudi, Majid Darul Hikam Bukit Duri.

Sedangkan di Jakarta Barat disiapkan antara lain di Lapangan Bola Wijaya Kusuma Slipi, Masjid Al Huda Jalan Latumenten II Jelambar, Masjid Uswatun Hasanah Jalan Daan Mogot Cengkareng, Halaman SMA 2 Jalan Gajah Mada, Masjid Baitul hikmah Komplek Perguruan
Muhammadiyah Tomang.

Di Jakarta Utara disiapkan antara lain Masjid Al Husna Tanjung Priok, halaman Apartemen Mitra Bahari Penjaringan, RS Islam Jakarta Sukapura, Lapangan Pasar Elang, Lapangan Basket Komplek PTHI Kelapa Gading.

Di Jakarta Timur, tempat salat id untuk umat Muhammadiyah juga disiapkan, antara lain di Jalan Balai Pustaka Barat Rawamangun, Lapangan Pacuan Kuda Pulomas Jalan Pulomas Raya, halaman parkir Bioskop Nusantara Jatinegara Barat, halaman Islamic Center Perumnas Klender, kampus Uhamka Pasar Rebo Jalan Tanah Merdeka.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS