Sukses

Membatik di Kain Sepanjang 50 Meter

Liputan6.com, Banyumas - Hari Batik Nasional yang dirayakan setiap tanggal 2 Oktober menjadi momen istimewa bagi pelajar di SMA Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah. Tahun ini, mereka merayakannya dengan menggelar kegiatan membatik cap massal di atas kain sepanjang 50 meter.

Kegiatan yang dilaksanakan di lorong sekolah SMA tersebut disambut antusias pelajar sekolah lain yang diundang dalam perayaan hari batik tahun ini. Ketua pelaksana perayaan hari batik SMA Sokaraja, Totok Sukantono mengemukakan kegiatan ini dilaksanakan untuk melestarikan budaya bangsa

"Kegiatan ini digelar dengan mengundang pelajar dari beberapa sekolah SMP. Tujuannya agar para pelajar SMP juga ikut bersama-sama melestarikan budaya batik ini," kata Totok, Kamis 2 Oktober 2014

Dia mengatakan, dalam perayaan Hari Batik Nasional ini juga digelar lomba duta batik SMA Sokaraja dan peragaan busana untuk tingkat SMP.

Kepala SMA Sokaraja, Ning Isnaningsih mengatakan, sekolahnya selama ini dikenal menjadi sekolah batik di Banyumas lantaran keterampilan membatik masuk kurikulum sekolah tersebut.

"Saat ini keterampilan membatik sudah masuk dalam kurikulum sekolah. Setiap minggu ada dua jam pelajaran khusus untuk batik. Kami berharap dengan batik ini, bisa lebih dikenal lagi dan menjadi ciri khas sekolah kami," ujarnya.

Selain itu, menurut dia, setiap siswa di sekolah tersebut juga membuat seragam batiknya sendiri. Seragam itu merupakan hasil kreasi para siswa

"Kalau tadi melihat ada siswa kami yang mengenakan batik, itu hasil karya mereka sendiri yang dibuat sejak mereka duduk di kelas X," tandas Totok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.