Sukses

Tanpa Pemilihan, Megawati akan Jadi Ketum PDIP pada Kongres 2015

Liputan6.com, Semarang - Meski tidak masuk dalam agenda Rakernas PDIP, nama Megawati Soekarnoputri kembali dicalonkan oleh 33 DPD PDIP se-Indonesia untuk menjadi Ketua Umum DPP PDIP pada Kongres PDIP 2015 mendatang.

Maka jadilah hari kedua Rakernas IV PDIP di Marina Convention Center (MCC), Semarang, Jawa Tengah, tak ubahnya ajang semi kongres. Atas hal ini Megawati menyatakan bisa menerima dan mengagendakan hal itu sebagai rekomendasi Kongres PDIP pada 2015 di Manado.

"Pada jadwal kongres tersebut, tidak akan ada lagi pemilihan ketua umum tapi yang ada adalah dengan resmi pengukuhan saya menjadi ketua umum periode 2015-2020," kata Megawati di lokasi Rakernas, Sabtu (20/9/2015).

Megawati menyebut bahwa usulan tentang penyampaian nama calon ketua umum dalam Rakernas tidak diatur AD/ART partai. Namun, adanya usulan tersebut dirinya tidak bisa menolak karena itu sebuah aspirasi.

"Membicarakan ketua umum sebenarnya hak di kongres, tapi bukan berarti dilarang, karena sebagai sebuah aspirasi ini menjadi sebuah rekomendasi," kata Megawati.

Menurut dia, aspirasi itu mewakili seluruh jajaran 3 pilar di PDIP yaitu struktur, legislatif, dan eksekutif. Sehingga bisa dikatakan sudah memenuhi kuorum.

"Terima kasih sekali, ini merupakan sebuah dukungan yang luar biasa dari seluruh struktur anggota dan simpatisan PDIP," pungkas Megawati. (Ein)