Sukses

Jabatan Menteri Berakhir, Amir Syamsuddin Tetap di Pansel KPK

Mantan penasihat KPK itu menjelaskan, bila sebelumnya Amir menjadi pansel mewakili pemerintah, setelah lepas jabatan dia mewakili rakyat.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin merupakan Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Pimpinan KPK. Kendati jabatan menterinya berakhir 20 Oktober mendatang, namun tidak berarti Amir akan keluar dari Pansel.

"Pak menteri nanti tetap jadi anggota Pansel setelah masa jabatannya berakhir," kata anggota Pansel Pimpinan KPK Abdullah Hehamahua, di Gedung Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta, Senin (15/9/2014).

Mantan penasihat KPK itu menjelaskan, bila sebelumnya Amir menjadi pansel mewakili pemerintah, setelah lepas jabatan menteri dia akan mewakili masyarakat. Untuk ketua pengganti, akan ditentukan oleh presiden baru.

"Nanti pemerintah baru yang akan menentukan ketuanya, apakah menteri yang baru," ujar Abdullah.

Untuk selanjutnya, Pansel Pimpinan KPK akan melakukan profile assessment seleksi tahap III. Proses ini akan dilakukan pada 18-19 September di Gedung Kementerian Hukum dan HAM.

Pada hari ini Pansel Pimpinan KPK telah mengumumkan 11 orang yang lulus dalam seleksi makalah pada 13 September lalu. 11 kandidat itu berasal dari berbagai bidang, mulai dari wartawan hingga swasta.

Ke-11 orang itu menjadi calon pengganti Busyro Muqqodas yang memasuki masa pensiun pada 15 Desember 2014 mendatang. Busyro sendiri ikut mendaftar untuk meneruskan jabatannya sebagai wakil ketua di KPK. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.