Sukses

Ada Karnaval Budaya, Cek Penutupan Jalan dan Pengalihan Arusnya

Kepala Dinas Perhubungan DKI Muhammad Akbar menjelaskan rute Pawai Karnaval Budaya dilakukan mulai dari depan Istana Merdeka.

Liputan6.com, Jakarta - Pawai Karnaval Budaya dalam rangka HUT ke-69 RI sore ini akan digelar pada pukul 15.00 WIB di kawasan Jalan Medan Merdeka Barat dan Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat. Untuk mendukung kegiatan tersebut, Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan melakukan penutupan jalan sejak pukul 14.00 hingga 17.00 WIB.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Muhammad Akbar menjelaskan, rute Pawai Karnaval Budaya dilakukan mulai dari depan Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, lalu mengarah ke Jalan Medan Merdeka Barat. Lalu menuju Jalan Medan Merdeka Selatan dan masuk ke Silang Monumen Nasional (Monas) di arah Stasiun Gambir.

"Karena di mulai dari depan Istana Merdeka jadi jalan yang ditutup adalah Jalan Medan Merdeka Utara, Jalan Medan Merdeka Barat dan Jalan Medan Merdeka Selatan," jelas Akbar di Balaikota Jakarta, Senin (18/8/2014).

Karena dilakukan penutupan, maka Dishub DKI pun melakukan pengalihan arus lalu lintas. Pengalihan arus lalu lintas yang akan diberlakukan selama penutupan jalan yakni arus lalu lintas dari arah Jalan MH Thamrin yang akan menuju Harmoni, Tomang dan Kota diarahkan melalui Jalan MH Thamrin - Jalan Budi Kemuliaan - Jalan Abdul Muis - Jalan Majapahit sisi barat - Harmoni dan seterusnya.

Sedangkan untuk arus lalu lintas dari arah Jalan Hayam Wuruk (utara) atau dari Jalan Suryopranoto (barat) yang akan menuju arah Jalan MH Thamrin (Selatan) diarahkan melalui Jalan H Juanda-Jalan Pos - Jalan Lapangan Banteng Utara - Jalan Pejambon - Jalan Medan Merdeka Timur - Jalan MI Ridwan Rais - berputar di Tugu Tani.

"Kendaraan yang berasal dari Tugu Tani tidak bisa melewati Jalan Medan Merdeka Selatan maka diluruskan ke arah Stasiun Gambir dan seterusnya," jelas Akbar.

Kemudian, arus lalu lintas dari arah Pasar Baru yang akan menuju Harmoni, Tomang, dan Kota diarahkan melalui Jalan Pos - Jalan Lapangan Banteng Utara - Jalan Pejambon - Jalan Medan Merdeka Timur - Jalan MI Ridwan Rais - berputar di Tugu Tani dan seterusnya.

Akibat penutupan Jalan Medan Merdeka Barat dan Jalan Medan Merdeka Selatan itu, nantinya ada 2 rute bus Transjakarta yang akan mengalami gangguan seperti Koridor I jurusan Blok M-Jakarta Kota dan Koridor II jurusan Pulogadung-Harmoni yang tidak akan melewati Halte Gambir. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.