Sukses

HUT RI, Siswa SD Keliling Kampung Kenakan Busana Adat Betawi

Liputan6.com, Jakarta - Beragam cara digelar untuk merayakan Hari Ulang Tahun ke-69 Republik Indonesia di sejumlah daerah. Ratusan siswa sekolah dasar ikut serta dalam karnaval budaya dan Festival Tugu Manggis di kawasan Kemanggisan, Jakarta Barat.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Sabtu (16/8/2014), mengenakan busana adat Betawi, mereka berjalan keliling kampung diiringi dengan marching band serta kesenian khas Betawi tanjidor dan ondel-ondel. Tak ketinggalan, sepeda hias dan delman juga ikut memeriahkan acara yang bertujuan menggugah nasionalisme anak-anak.

Di Boyolali, Jawa Tengah, perayaan HUT ke-69 RI dimeriahkan dengan mencuci bendera merah putih secara massal. Ratusan siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Jelok Cepogo di lereng Gunung Merapi menjadi pesertanya. Ajang ini bertujuan untuk menumbuhkan cinta Tanah Air sejak dini.

Sementara di Padang Sidempuan, Sumatera Utara, kaum muda menggalang dana untuk memeriahkan acara 17 Agustusan dengan menjadi badut ijuk dan rumput di tengah jalan raya.

Mereka menari bahkan menarik perhatian pengguna jalan dan warga setempat. Ajang 17 Agustusan memang menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat sejumlah daerah. (Ans)