Sukses

Ziarah di TPU Karet Bivak, Ahok Cek KJP Bocah-bocah

Di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat, Ahok tabur bunga di makam pahlawan MH Thamrin.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka menjelang Hari Ulang Tahun ke-487 Jakarta, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama berziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Ia dan rombongan kemudian melanjutkan ziarah ke Taman Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Di lokasi tersebut pria yang karib disapa Ahok itu lebih dulu mengadakan upacara penghormatan. Lalu dengan didampingi keluarga Muhammad Husni Thamrin, ia meletakkan karangan bunga di makam tokoh Jakarta itu. Usai itu, ia kemudian berjalan ke makam Ismail Marzuki dan juga meletakkan karangan bunga di makam tokoh budaya Betawi itu.

"Saya kira bagus ya. Jadi para pahlawan tokoh nasional yang berjasa buat DKI, secara khusus tiap ultah DKI kita datang ziarah ke mereka. Ini tradisi yang baik, jadi kita inget. Ini satu model kita tidak boleh lupa ada orang yang rela mati buat kita. Ziarah jadi diingatkan dengan baik," jelas Ahok usai tabur bunga, Jumat (20/6/2014).

Ketika berjalan menuju mobil, Ahok dan rombongan pejabat Pemerintah Provinsi DKI kemudian dihampiri 8 anak laki-laki. Mantan Bupati Belitung Timur ini pun kemudian menanyakan mereka telah memiliki Kartu Jakarta Pintar (KJP) atau belum. Namun salah satu anak mengaku dana KJP mereka belum keluar. Mereka mengaku duduk di bangku kelas 2, 3, dan 4 sekolah dasar.

"Sekolah yang rajin ya. Belum keluar KJP ya? Harus cepet KJP-nya nih," ujar Ahok sambil menoleh ke pejabat DKI di belakangnya.

Ia pun lalu menasihati anak-anak itu untuk sekolah yang rajin, jangan sampai putus sekolah apa pun alasannya. Sebab, Pemprov DKI sudah menyediakan KJP. Sebelum naik ke bus, Ahok sempat bertanya mereka mengenal dirinya atau tidak.

"Kenal saya nggak?" tanya Ahok.

"Kenal, Pak Basuki," jawab salah seorang bocah laki-laki yang disambut senyum Ahok. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.