Sukses

Putra Syarief Hasan Diduga Manfaatkan Perusahaan

Riefan Avrian, putra Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hasan ditahan terkait kasus dugaan korupsi proyek pengadaan videotron.

Liputan6.com, Jakarta - Riefan Avrian, putra Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hasan ditahan. Sebab, tersangka selaku Direktur Utama PT Rifuel Media itu diduga menunjuk anak buahnya seorang office boy menjadi Direktur Utama PT Imaji Media, Hendra Saputra, dan Ahmad Kamaludin sebagai komisaris.

"Dalam proses pelelangan videotron, PT Rifuel ini kalah, justru yang menang PT Imaji," kata Kepala Kejati DKI Jakarta M Adi Toegarisman di kantornya, kawasan Kuningan, Jakarta, Kamis(19/6/2014).

Adi menjelaskan, walau PT Imaji Media selaku perusahaan pemenang tender yang mengerjakan, namun tersangka Riefan Avrian diduga sebagai pemilik. "Perhitungan kerugian negara dalam perhitungan terakhir sesuai perhitungan BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan)," papar dia.

Berdasarkan hasil audit BPKP, kasus ini diduga telah merugikan keuangan negara sebesar Rp 4.780.298.943. Kemudian setelah BPK melakukan audit atau pemeriksaan pada Februari-Mei 2013 dalam proyek ini, BPK menemukan kelebihan pembayaran yang tidak sesuai spesifikasi teknis sebesar Rp 2,695 miliar.

Riefan menjadi tersangka dalam proyek tahun anggaran 2012 di Kemenkop dan UKM senilai Rp 23 miliar setelah namanya 3 minggu terkatung-katung pascajaksa penuntut umum (JPU) menyebut terdakwa Hendra Saputra dan Riefan Avrian bersama-sama melakukan perbuatan melawan hukum di Pengadilan Tipikor, Jakarta, beberapa waktu silam. (Ndy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.