Sukses

Jalur Cirebon-Bandung Lancar Usai Anjloknya KA Parahyangan

Hanya 2 perjalanan kereta api yang dialihkan melintasi jalur utara akibat anjloknya KA Parahyangan, yakni KA Serayu dan KA Harina.

Liputan6.com, Cirebon - Anjloknya Kereta Api Argo Parahyangan rute Jakarta-Bandung di Cisomang, Purwakarta, Jawa Barat, tak lagi mengganggu. Perjalanan dari Cirebon menuju Bandung tetap lancar setelah KA yang anjlok dievakuasi.

"Perjalanan kereta api dari Cirebon-Bandung lancar, meski KA Argo Parahyangan anjlok sekitar pukul 21.00 WIB, Jumat, di Purwakarta," kata Manajer Humas Daerah Operasi 3 PT KAI Cirebon, Gatut Sutiyatmoko, di Cirebon, Sabtu (31/5/2014).

Dikatakan dia, setelah KA Argo Parahyangan tujuan Jakarta-Bandung itu anjlok, hanya 2 perjalanan kereta api yang dialihkan melintasi jalur utara, yakni KA Serayu dan KA Harina.

Sementara itu, Usmanto salah seorang calon penumpang KA Ciremai ekspres tujuan Cirebon-Bandung mengaku, perjalanan tetap lancar meski ada KA anjlok di Purwakarta.

Sebelumnya, KA Argo Parahyangan dari Stasiun Gambir, Jakarta, menuju Bandung, anjlok di mulut jembatan Cisomang, Purwakarta. Akibatnya, ratusan penumpang telantar.

Kereta itu anjlok di jembatan yang berada pada titik antara Cisomang dan Cikadondong, pada Jumat 30 Mei malam, sekitar pukul 22.45 WIB. Penumpang langsung dievakuasi ke Stasiun Cisomang dan kemudian dibawa dengan angkutan umum menuju Bandung.

Saat ini, lokomotif dan 3 gerbong yang anjlok sudah dievakuasi. Perjalanan Jakarta-Bandung atau sebaliknya yang melintasi Purwakarta pun sudah kembali normal.

"Sekarang sudah normal. Kereta sudah dievakuasi dan rel kembali bisa dilintasi," ujar Kepala Humas PT KAI Daops II Bandung Junerfin saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Sabtu (31/5/2014) pagi. (Ant/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.