Sukses

9 Sepeda Motor Polisi di Sigi Dibakar Massa

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, hanya saja Polres Sigi harus menanggung kerugian ratusan juta rupiah.

Liputan6.com, Sigi - Sebanyak 9 unit sepeda motor operasional Polres Sigi yang digunakan personel Rainmas dibakar massa di Desa Karawana, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Senin (5/5/2014). Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, hanya saja Polres Sigi harus menanggung kerugian ratusan juta rupiah.

Kapolres Sigi, AKBP Nur Hudayah membenarkan peristiwa itu. Namun, ia tidak bisa memberikan keterangan lebih detail. "Ya benar, sekarang saya masih melakukan rapat dulu dengan sejumlah perwira di Polres," ujar Nur.

Sementara itu, Kepala Desa Karawana, Abdul Rahman yang dikonfirmasi terpisah menyatakan, pembakaran sepeda motor terjadi setelah personel Rainmas mencoba membubarkan hiburan malam usai pesta di TKP dengan membuang tembakan. Akibat adanya suara tembakan tersebut memicu kemarahana massa yang sedang mengikuti hiburan, sehingga berujung pembakaran 9 sepeda motor tersebut.

"Untuk penyebab dan sasaran personel Rainmas buang tembakan itu kami tidak ketahui. Karena sejumlah personel Raimas masuk ke desa juga secara serampangan. Padahal tidak ada keributan apa-apa di acara itu," terang Rahman.

Ia juga mengaku, sebagai pemerintah desa merasa tidak dihargai karena personel Rainmas masuk ke desa yang dipimpinnya secara serampangan dengan membuang tembakan yang membuat sejumlah warga panik.

"Kalau mereka memberitahukan ke kami sebagai pemerintah desa, pasti tidak akan ada kejadian pembakaran sepeda motor seperti ini. Tapi nyatanya, mereka tidak memberitahukan ke kami, malah serampangan saja masuk ke desa dengan membuang tembakan, kalau begini siapa yang mau disalahkan. Tidak mungkin kan massa," tandas Rahman.

Sementara itu, pantauan di TKP Tim Inafis Polda Sulawesi Tengah telah melakukan olah TKP. Dan dari hasil olah TKP sementara itu, tim Inafis menemukan peluru yang digunakan personel saat membuang tembakan, yang di antaranya satu peluru tajam, satu peluru karet, dan satu selongsong.

Sedangkan puing sembilan unit sepeda motor tersebut telah diangkut untuk diamankan dan diperiksa di Polres Sigi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini