Sukses

Prosesi Jalan Salib Digelar

Prosesi Jalan Salib dilakukan oleh gereja Roh Kudus di Surabaya, gereja di Merauke, Kediri, dan Magelang.

Liputan6.com, Surabaya Usai melakukan ibadah Jumat Agung, umat kristiani di Gereja Roh Kudus, Surabaya, Jawa Timur, merayakan Paskah dengan menggelar drama prosesi Jalan Salib.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Jumat (18/4/2014), drama Jalan Salib menggambarkan 14 perjalanan Yesus. Mulai dari diberi hukuman, membawa salib, hingga dimakamkan di dalam goa. Suasana berubah menjadi hening saat menyaksikan penderitaan Yesus mengalami penyiksaan.

Meski diguyur hujan, ribuan umat kristen di Kampung Buti, Kelurahan Samkai, Merauke, Papua, tetap khidmat mengikuti proses Jalan Salib. Dalam proses itu digambarkan Yesus Kristus mengalami penyiksaan sebelum akhirnya disalib oleh tentara Romawi. Prosesi itu menempuh perjalanan sejauh 10 km.

Sementara itu, ratusan umat katolik berdoa di depan patung Bunda Maria di Gereja Puh Sarang, Kediri, Jawa Timur. Usai berdoa mereka melakukan ritual Jalan Salib  untuk mengenang penyaliban Yesus Kristus di Bukit Golgota, Palestina.

Paskah juga dilakukan ratusan umat kristiani di lereng Gunung Merapi, Magelang, Jawa Tengah. Prosesi yang melibatkan anak-anak itu sengaja dilakukan di kawasan hutan untuk mengajarkan kepedulian terhadap lingkungan pada umat.

Hari raya Paskah berlangsung selama 3 hari. Hari ini memperingati wafatnya Yesus Kristus dan kemudian dibangkitkan kembali 3 hari kemudian. (Yus Ariyanto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.