Sukses

Tahun Ini Nilai UN Bisa untuk Masuk PTN

Tahun ini sejumlah perbedaan menguntungkan para peserta UN, nilai ujian nasional bisa untuk menembus di perguruan tinggi negeri.

Liputan6.com, Jakarta - Ujian Nasional tingkat SMA dan sederajat akan digelar serentak besok atau Senin 14 April 2014 di seluruh Indonesia. Persiapan hari ini dipantau Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Minggu (13/4/2014), soal ujian akan didistribusikan dari masing-masing rayon ke sekolah pukul 05.00 WIB besok, dengan pengawalan ketat. Untuk mencegah kecurangan, soal ujian dibuat 20 tipe.

Tahun ini sejumlah perbedaan menguntungkan para peserta. Salah satunya nilai Ujian Nasional bisa untuk menembus di perguruan tinggi negeri. Seluruh nilai UN akan diolah di PTN untuk menentukan penerimaan mahasiswa baru.

Tahun lalu nilai UN hanya menjadi syarat kelulusan siswa untuk mendaftar ke PTN. Sebab soal yang dikeluarkan sekolah dan perguruan tinggi berbeda. Namun tahun ini PTN diikutsertakan dalam pembuatan soal UN.

Selain itu tahun ini hasil Ujian Nasional juga tidak menjadi penentu mutlak kelulusan siswa. Ujian Nasional SMA selama 3 hari akan diikuti lebih dari 7 juta pelajar di seluruh Nusantara. (Anri Syaiful)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini