Sukses

Erick Thohir Dinilai Cawapres Paling Potensial di Segmen Pemilih Religius

Erick Thohir terus menunjukkan keunggulan kepemimpinannya dalam beragam bidang. Kondisi ini tentu membuatnya banyak mendapat perhatian dari masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjadi sosok calon wakil presiden (cawapres)  yang paling berpeluang mendapat suara dari kalangan pemilih muslim. Karakteristik Erick Thohir banyak disukai hingga mampu masuk ke berbagai golongan masyarakat, termasuk kelompok religius.

“Dia (Erick Thohir) sudah mulai memasuki ke aspek-aspek yang ranah di mana ada ruang suara besar, yaitu kelompok pemilih muslim,” ujar Peneliti Politik Populi Center, Rafif Pamenang Imawan, seperti dikutip dari keterangan tertulis.

Dia menilai, Erick Thohir terus menunjukkan keunggulan kepemimpinannya dalam beragam bidang. Kondisi itu tentu membuatnya banyak mendapat perhatian masyarakat. Terlebih, saat ini ceruk pemilih muslim tengah mencari figur yang tepat untuk didukung di Pilpres 2024 nanti.

Sejumlah keunggulan yang dimiliki Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) ini dinilai sesuai dengan kriteria yang diinginkan kelompok muslim.

“Memang dalam beberapa hal masuk ke dalam kelompok pemilih muslim ini,” ujar Rafif.

Erick Thohir dinilai berhasil menunjukkan kinerja gemilangnya selama tiga tahun memimpin Kementerian BUMN. Berbagai terobosan dan pencapaiannya di BUMN membuat citra positif menguat di masyarakat. Ditambah lagi sepak terjangnya di luar tugas pemerintahan.

Merujuk dari hasil Survei Populi Center periode 25 Januari – 3 Februari 2023, Erick Thohir berhasil masuk ke dalam daftar teratas bursa cawapres 2024. Erick Thohir mendapatkan angkat elektabilitas sebesar 8,8 persen.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Erick Thohir Punya Banyak Ruang Eksplorasi

Di sisi lain, kepercayaan yang terus diberikan masyarakat kepada Erick Thohir sukses dijawabnya dengan kerja-kerja optimal. Kondisi demikian sangat baik dijalankan eks Presiden Inter Milan ini untuk mengeksplorasi diri.

“Tapi dengan posisi Erick Thohir sebagai Menteri BUMN, Ketua PSSI, dia kemudian memiliki banyak ruang untuk bisa eksplore diri,” ujar Rafif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.