Sukses

Tak Ada Pendatang yang Diusir Dari Irianjaya

Masyarakat pribumi dan pendatang adalah satu sinergi dalam pembangunan di Irianjaya. Jadi, tak ada pengusiran warga pendatang di sana.

Liputan6.com, Jakarta: Anggota Presedium Dewan Papua Yorris Raweyai mengatakan, warga Irianjaya tak pernah bersikap anti terhadap kelompok pendatang yang berada di Bumi Cenderawasih. Jadi, sebaiknya warga pendatang tak perlu merasa khawatir atau berbondong-bondong meninggalkan Irianjaya. Penegasan ini disampaikannya usai membuka musyawarah luar biasa Dewan Pimpinan Wilayah Pemuda Pancasila, Kamis (12/10), di Jakarta.

Lebih jauh Yorris menjelaskan, sekarang ini warga Irianjaya telah disudutkan dengan dipolitisirnya peristiwa Wamena. Isu yang menyebutkan terjadinya pengusiran dan pembunuhan oleh penduduk Irianjaya terhadap sejumlah warga pendatang, cenderung telah diputarbalikkan. "Sehingga timbul kesan kalau warga setempat antikelompok pendatang," ujar Yorris.

Yorris juga menegaskan bahwa presidium tetap berpendirian antara warga pendatang dan penduduk asli adalah kesatuan dari unsur pembangunan Bumi Cendarawasih. Sehingga sangat tak beralasan kalau ada yang menyebutkan telah terjadi pengusiran di sana.(ULF/Jannus Siahaan dan Bambang Trino)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.