Sukses

Kapal Tenggelam di Papua, 8 Orang Hilang

Cuaca buruk dan gelombang setinggi 3 meter menjadi kendala pencarian para korban.

Liputan6.com, Jayapura - Kapal Motor (KM) Darul Aman yang berangkat dari Pelabuhan Pomako, Kabupaten Timika dengan tujuan Agats, Kabupaten Asmat, mengalami kecelakaan dan tenggelam di Perairan Arafura, Papua. Sebanyak 8 penumpang dinyatakan hilang.

"Kapal pecah dan tenggelam setelah dihempas gelombang di sebelah timur lampu merah luar Amamapare. Pada koordinat 04° 52 00 Lintang Selatan dan 136° 55 00 Bujur Timur," kata Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Timika Budiawan melalui pesan singkatnya, Selasa (11/3/2014).

Informasi kecelakaan itu baru didapatnya Senin 10 Maret malam. Atau setelah ada laporan dari 2 penumpang yang selamat, atas nama Tato dan Ardi. Kapal motor tersebut diduga mengangkut 10 orang penumpang.

Untuk pencarian korban, kata Budiawan, Tim SAR gabungan membangun posko di Otakwa dan melakukan pencarian menggunakan Kapal Bucaut 12 meter milik Dinas Perhubungan Mimika.

"Pencarian difokuskan di perairan Otakwa dan menyisir ke arah Pulau Tiga. Cuaca buruk masih terus terjadi di Perairan Arafuru, ombak hampir setinggi 3 meter," kata Budiawan.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Sulistyo Pudjo Hartono membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya, mesin kapal mati pasca-dihantam ombak tinggi. (Ismoko Widjaya)

Baca juga:

[VIDEO] Kapal Imigran Tenggelam di Perairan Cianjur, 22 Tewas

Mudik Lebaran dari Malaysia, 32 WNI Hilang Tenggelam

[VIDEO] Kapal Imigran Hendak ke Australia Tenggelam, 3 Meninggal

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini