Sukses

Sempat Ditentang, Jokowi: Kini Warga Inginkan Kampung Deret

70 kampung deret yang akan dibangun nanti berbeda dengan tahun sebelumnya. Untuk tahun ini, pembangunan difokuskan di pemukiman kumuh.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo memastikan sebanyak 70 lokasi di wilayah Ibukota akan dibangun kampung deret. Menurutnya, program pembangunan andalannya tersebut telah disetujui warga. Rencananya pembangunan itu akan dimulai pada pertengahan Juni 2013 mendatang.

"Juni tahun ini, persiapannya sekarang masih dilakukan sosialisasi, gambar, desain, dan lokasi rumahnya kan berbeda-beda, sedang dipersiapkan," kata pria yang akrab disapa Jokowi itu saat meninjau salah satu lokasi kampung deret di kawasan Semper, Cilincing, Jakarta Utara, Rabu (26/2/2014).

Jokowi menyebutkan, 70 kampung deret yang akan dibangun nanti berbeda dengan tahun sebelumnya. Untuk tahun ini, pembangunan difokuskan di pemukiman kumuh.

"Kemarin kan dalam satu baris rumah kumuh, 5 digarap, 2 tidak, lalu 5 digarap lagi. Kalau sekarang seluruhnya digarap. Ini supaya perubahan penampakkannya langsung kelihatan," ujarnya.

Karena contoh bangunan kampung deret telah ada, Jokowi mengaku tak lagi kesulitan membujuk warga untuk membongkar bangunan rumahnya yang menjadi sasaran lokasi kampung deret.

"Tahun kemarin itu kita yang kejar-kejar warga. Sekarang warga yang mengejar-ngejar kita," ungkapnya.

Kendati demikian, mantan Walikota Solo itu tetap menemukan kendala saat membangun kampung deret tahap pertama. Kendalanya adalah sulitnya meyakinkan warga bahwa rumah mereka akan direnovasi. Banyak warga yang menyangka rumah mereka akan digusur. Sehingga, sebagian warga banyak menolak rumahnya dibangun.

"Kita itu inginnya satu deret dibangun semua. Tapi tahun kemarin itu loncat-loncat. Lima rumah dibangun, dua tidak, kemudian lima lagi dibangun. Jadi estetikanya kurang bagus," ungkap Jokowi.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perumahan DKI Jakarta Yonathan Pasodung mengatakan, pembangunan 70 kampung deret akan dimulai pada Maret mendatang. Meski sudah memastikan pembangunan dilakukan di 70 lokasi, namun ia belum dapat menyebutkan lokasi mana saja kampung deret tersebut akan dibangun.

"Namun yang pasti di seluruh wilayah, termasuk di Kepulauan Seribu. Di sana akan ada 6 titik lokasi kampung deret," ujar Yonathan, beberapa waktu lalu.

Menurut Yonathan, pihaknya telah membangun di 26 titik lokasi selama 2013. Dari 26 kampung deret yang dibangun, sebagian masih dalam proses penyelesaian dan ditargetkan selesai hingga akhir Februari tahun ini. (Muhammad Ali)

Baca Juga:

70 Kampung Deret Siap Dibangun Tahun Ini di Jakarta

Puji Kampung Deret Petogogan, Jokowi: Paling Bagus

Kampung Deret Tambora, Jokowi: Sekarang Mewah

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini