Sukses

Fenomena <i>Ayat-Ayat Cinta</i>


Liputan6.com, Jakarta: Dunia perfilman kita punya ikon baru yang fenomenal. Dua juta penonton dalam waktu hanya dua pekan mampu disedot sebuah film berjudul Ayat-Ayat Cinta. Sejatinya, karya sutradara Hanung Bramantyo ini hanya film roman cinta biasa yang dibalut latar belakang Kota Kairo di Mesir. Sebuah film yang berpusat pada Fahri, sosok laki-laki sempurna yang diperebutkan cintanya oleh empat perempuan [baca: Ayat-Ayat Cinta Pecahkan Rekor].

Namun, jauh sebelum film ini dirilis, novel berjudul sama karangan Habiburrahman El Shirazy sudah lebih dulu menghipnotis banyak pembaca. Jika filmnya sudah ditonton dua juta pasang mata, maka novel Ayat-Ayat Cinta sudah dicetak ulang delapan kali. Jumlah yang terjual tak tanggung-tanggung, hampir setengah juta kopi [baca: Syiar Agama Lewat Ayat-Ayat Cinta]. Jadi, sebenarnya sudah bisa ditebak ketika cerita dalam novel ini diangkat ke layar lebar, penonton pun akan memenuhi gedung bioskop.

Namun, Manoj Punjabi selaku produser, sejak awal mengaku tidak terpengaruh soal predikat best seller novel ini. "Saya ingin membuat sesuatu yang beda," tegas Manoj. Jika selama ini dunia layar lebar dipenuhi film bertema cinta dan horor, setelah membaca novelnya Manoj tertarik untuk menghadirkan film bertema religi. "Target saya [penonton film ini] tujuh juta," ujar Manoj optimistis.

Hampir senada dengan Manoj, sutradara Hanung Bramantyo ingin menyampaikan beberapa hal melalui film ini. Pertama, Islam bukan teroris. Kedua, Islam adalah agama yang lebih mengedepankan cinta, toleransi, sabar, dan ikhlas. Yang melihat Ayat-Ayat Cinta dengan cara berbeda adalah kritikus Eric Sasono. Menurutnya, film ini tak lebih dari film romance. "Semuanya hanya berurusan dengan perempuan mana yang akan dia [Fahri] nikahi," jelas Eric.

Di luar semua itu, juga ada cerita menarik di balik lahirnya film ini. Charissa Putri, misalnya, sejak awal diplot untuk memainkan karakter Aisha, kendati kemudian sukses memerankan sosok Maria. "Padahal waktu pertama casting, saya sudah pesimis karena berat banget," tutur Charissa. Dialog lengkap tentang film Ayat-Ayat Cinta dapat Anda saksikan dalam tayangan video Topik Minggu Ini edisi Rabu, 12 Maret 2008. Selamat Menyaksikan.(ADO)
    Loading