Sukses

Pasangan Vreke Runtu-Jantje Menang

Pasangan incumbent Stevanus Vreke Runtu dan Jantje Sajouw akhirnya memenangi Pilkada Kabupaten Minahasa, Sulut. Rapat pleno untuk memutuskan pemenang pilkada sempat memanas karena saksi salah satu kandidat protes dan walk out.

Liputan6.com, Minahasa: Pasangan incumbent Stevanus Vreke Runtu dan Jantje Sajouw akhirnya memenangi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Kemenangan pasangan itu sebagai hasil keputusan rapat pleno penghitungan suara Pilkada Minahasa, belum lama ini. Stevanus Vreke Runtu dan Jantje Sajouw mengalahkan empat pasang kandidat lainnya.

Situasi sempat panas ketika saksi pasangan Roy Octavianus Roring-Steven Kandou dilarang pimpinan sidang membacakan pernyataan sikap dalam persidangan berkaitan dengan temuan penyimpangan pasangan lain. Karena dilarang akhirnya saksi dari pasangan Roring-Kandau walk out.

Sidang akhirnya dilanjutkan dengan perhitungan perolehan suara terbanyak yang diperoleh pasangan calon bupati dan wakil bupati Vreke Runtu-Jantje Sajouw. Pasangan yang dicalonkan Partai Golongan Karya ini meraup 96.483 suara.

Sementara empat pasang peserta lainnya, duet Roy Octavianus Roring-Steven Kandou yang dicalonkan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan memperoleh 50.724 suara. Kandidat dari partai gabungan, Ariane F. Nangoy-Denny J Tombeng meraih 22.793 suara. Calon dari Partai Kebangkitan Bangsa, Greetty Tielman Iskandar-Hoyke Makarawung mendapat 9.842 suara. Sedangkan pasangan Rull Kuron-Fredy Lasut yang diusung Partai Kesatuan dan Persatuan hanya mendulang 2.681 suara.(ANS/Aldrien Arif)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini