Sukses

Lomba Kecantikan Ikan Cupang dan <i>Guppy</i>

Sedikitnya 240 ekor ikan cupang dan 30 ikan guppy beradu kecantikan dalam sebuah lomba di Jakarta. Popularitas ikan cupang dan guppy semakin menandingi ikan louhan dan koi.

Liputan6.com, Jakarta: Anda penggemar ikan cupang atau ikan guppy? Jangan khawatir. Kini lomba keindahan ikan hias semakin digelar. Bahkan kontes ikan cupang dipercaya sebagai ajang untuk meningkatkan popularitas ikan dan mendongkrak harga di pasaran.

Dalam sebuah ajang pertandingan di Jakarta, sekitar 240 ekor ikan cupang dan 30 ikan guppy beradu kecantikan, baru-baru ini. Lomba ikan cupang dibagi dalam empat kategori, yakni jenis serit atau ekor jarum, halfmoon, plakat, double tail. Masing-masing kategori dibagi lagi dalam beberapa kelas sesuai warna dan ukuran ikan.

Sedangkan lomba ikan guppy hanya dibagi beberapa kelas sesuai dengan warna dan coraknya. Selama lomba, pemilik ikan tersebut akan memperebutkan piala dan uang pembinaan senilai jutaan rupiah dari sponsor.

Ikan cupang dan guppy, sepuluh tahun silam, belum banyak dilirik sebagai komoditas ikan hias. Popularitas kedua ikan ini masih jauh dari ikan louhan atau koi. Ikan cupang dulu hanya dikenal sebagai ikan aduan. Kecantikan cupang baru dilirik sekitar dua tahun silam.

Kini penggemar ikan cupang dan guppy semakin banyak. Buntutnya harga kedua ikan melambung. Untuk jenis halfmoon, jika sudah pernah dilombakan, harganya berkisar Rp 500.000 hingga Rp 3 juta per ekor. Bahkarn harga halfmoon akan mencapai Rp 5 juta per ekor jika pernah menyabet gelar juara.(KEN/Teguh Dwi Hartono)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.