Sukses

Pertamina Meluncurkan Biopertamax

Biopertamax merupakan bahan bakar minyak yang dicampur dengan lima persen bahan bakar nabati atau biofuel. Satu liter biopertamax dilepas seharga Rp 4.750. Sayang, bahan bakar ini baru dijual di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta: Setelah biodiesel dan biopremium, Pertamina kini meluncurkan biopertamax, bahan bakar minyak bercampur bahan bakar nabati atau biofuel, di Jakarta, Selasa (11/12). Bahan bakar ini merupakan campuran lima persen etanol murni. Biopertamax ini dijual Rp 4.750 per liter, lebih murah Rp 50 dari pertamax.

Pihak Pertamina meyakini biopertamax akan mendapatkan respons positif. Sebab selain lebih murah, bahan bakar ini diklaim juga meningkatkan kinerja mesin. Sayang, biopertamax baru bisa diperoleh di Jakarta.

Meski bahan bakar nabati ini membuat harga jual BBM sedikit lebih murah, tetap saja akan fluktuatif mengikuti harga minyak mentah dunia. Namun, harga jual bisa lebih ditekan dengan memberikan lebih banyak etanol. Akan tetapi, hal itu harus diiringi dengan modifikasi mesin kendaraan.(BOG/Inka Prawirasastra dan Joni Marcos)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini