Sukses

Penyebab Rambut Kusut dan Susah Diatur, Yuk Kembalikan Helai Indahnya!

Biar nggak penasaran, ini ternyata penyebab rambut kusut dan susah diatur yang sering banget kamu alami. Yuk, waktunya kembalikan kesehatan alaminya!

Liputan6.com, Jakarta Penyebab rambut kusut menjadi faktor penting yang harus diketahui bagi mereka yang sering mengalami masalah yang satu ini. Meskipun terlihat sepele, rambut yang gampang kusut jelas bisa mengganggu penampilan. Ya, bukan rahasia lagi kalau selain makeup dan pakaian yang digunakan, rambut juga jadi salah satu faktor yang menyempurnakan penampilan.

Penyebab rambut kusut sendiri memang cukup beragam, jadi penting untuk benar-benar mengenali masalahnya agar kamu bisa menemukan cara yang tepat buat mengatasinya. Bagi yang mengalami masalah yang satu ini, simak penjelasan selengkapnya lewat artikel berikut!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Seperti Apa Kondisi Rambut Kusut?

Rambut yang mudah kusut memang menyebalkan. Kondisi ini memang lebih sering terjadi pada pemilik rambut panjang, walau nggak jarang juga dialami oleh si rambut pendek. Ketika rambut kusut, kondisinya jadi terlihat berantakan, sulit diatur dan seringkali menggumpal.

Selain itu, masalah ini juga sering terjadi pada rambut yang kering, kasar, dan sering kali pecah-pecah di ujungnya. Terlebih, rambut kusut juga biasanya sulit disisir dan dengan kondisi serapuh itu, sehingga rentan mengalami masalah lain yang lebih serius seperti kerontokan.

3 dari 6 halaman

Apa Efeknya Jika Rambut Sering Kusut?

Rambut yang sering kusut bisa membawa berbagai efek negatif, baik dari sisi kesehatannya sendiri maupun untuk kenyamanan sehari-hari. Pertama, rambut kusut cenderung lebih mudah patah. Setiap kali mencoba mengurai kekusutannya, ada kemungkinan kamu menarik rambut terlalu keras sehingga menyebabkan rambut patah dan rontok. Selain itu, kondisinya yang bergumpal juga membuat rambut tampak kurang sehat dan kusam. Kondisi ini juga sering kali disertai dengan masalah rambut kering dan bercabang.

Tidak hanya itu, rambut kusut juga bisa menyebabkan ketidaknyamanan. Bayangkan, kamu harus berurusan dengan rasa sakit setiap kali menyisir rambut. Ini tentu saja bisa mengurangi rasa percaya diri kita. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab rambut kusut dan cara-cara untuk mengatasinya agar bisa kembali memiliki rambut yang sehat dan mudah diatur.

4 dari 6 halaman

5 Penyebab Rambut Kusut yang Harus Kamu Tahu

Untuk bisa mengembalikan kesehatan rambut, penting banget mengenali penyebab rambut kusut yang kamu alami. Secara umum, ada beberapa kondisi yang bisa memicu rambut mudah kusut antara lain sebagai berikut:

1. Kurangnya Kelembapan

Rambut yang kering dan kurang lembap cenderung lebih mudah kusut. Kok bisa sih? Rambut dengan tingkat kelembapan yang rendah cenderung memiliki lapisan kutikula yang terbuka, sehingga helai rambut saling bertautan. Kondisi yang kering ini juga bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti sering terpapar sinar matahari, penggunaan alat styling yang berlebihan, atau kurangnya perawatan rambut.

Saat ‘mahkota’ penampilanmu kehilangan kelembapan, teksturnya cenderung berubah jadi lebih kasar dan kaku. Hal ini juga yang membuat helai rambut yang bergesekan akhirnya saling bertaut dan kusut. Sstt, rambut yang kering nggak hanya bikin kusut tapi juga membuatnya tampak kusam dan nggak sehat.

2. Kerusakan karena Treatment Kimia

Mewarnai rambut, bleaching, atau meluruskan rambut adalah beberapa hair treatment yang populer di kalangan perempuan. Meskipun bisa membuat penampilan tampak cantik secara instan, tapi treatment ini menggunakan bahan kimia yag bisa merusak struktur rambut. Efeknya juga bisa mengikis lapisan pelindung alami rambut, membuatnya rapuh dan lebih rentan terhadap kerusakan.

Rambut yang mengalami kerusakan akibat proses kimia cenderung memiliki helaian yang lemah dan rentan rapat. Proses kimia yang terjadi juga membuat kutikula terbuka, sehingga rambut mudah terbelit dan kusut. Sebagai informasi, proses pemulihan rambut yang rusak akibat bahan kimia ini memerlukan waktu  yang cukup lama, lho!

3. Gesekan Berlebihan

Secara umum, penyebab rambut kusut karena adanya gesekan yang membuat helaiannya jadi terbelit. Nah, gesekan ini cenderung lebih mudah terjadi secara berlebihan ketika tidur. Sarung bantal yang kasar atau mengikat rambut terlalu kencang saat tidur bisa membuat risiko rambut kusut dan sulit diatur lebih besar di pagi hari.

Rambut yang sering terkena gesekan akan mengalami stres. Akibatnya, lapisan kutikula bisa terangkat dan helai rambut menjadi kasar. Gesekan ini juga dapat menyebabkan kondisinya patah dan ujung-ujung rambut menjadi bercabang.

4. Salah Pilih Produk Perawatan

Pemilihan produk perawatan rambut yang tidak sesuai dengan jenis rambut kamu bisa menjadi penyebab rambut kusut. Misalnya, shampo dengan kandungan yang terlalu keras bisa membuat rambut kering.

Produk yang tidak cocok dengan kondisi rambut bisa mengubah keseimbangan kelembapan dan minyak alami di area kulit kepala. Akibatnya, minyak alami yang seharusnya menjaga kelembapan rambut tidak dapat terdistribusi dengan baik dan menyebabkan helaian rambut jadi lebih kering, rapuh dan mudah kusut.

5. Kondisi Lingkungan

Tahukah kamu kalau faktor lingkungan juga bisa mempengaruhi kesehatan rambut, termasuk menjadi penyebab rambut kusut? Udara yang terlalu lembap misalnya bisa membuat rambut lebih mudah mengembang dan kusut. Sementara itu, jika terlalu kering cenderung membuat rambut kehilangan kelembapan alaminya. Polusi dan paparan sinar matahari juga dapat membuat rambut lebih kering dan mudah kusut.

Perubahan suhu dan kelembapan yang drastis dapat menyebabkan rambut beradaptasi dengan cepat, yang sering kali membuat kutikula rambut terbuka. Selain itu, partikel-partikel polusi di udara dapat menempel pada rambut, menambah beban dan membuatnya lebih mudah kusut.

5 dari 6 halaman

Perawatan Rambut Kusut yang Bisa Dilakukan di Rumah

Dengan mengetahui penyebab rambut kusut yang dialami, akan lebih mudah untuk menentukan perawatan yang tepat. Beberapa rekomendasi ini bisa jadi trik praktis yang bisa kamu lakukan di rumah, apa saja?

1. Pilih Shampo dengan Formula yang Tepat

Langkah pertama yang paling penting adalah memilih shampo dengan formula yang tepat. Untuk mengatasi kondisi rambut yang kering, pilih produk dengan kandungan pelembap tinggi seperti argan oil, keratin, atau aloe vera. Formula tersebut bisa membantu menjaga kelembapan rambut sehingga lebih mudah diatur dan tidak mudah kusut.

Selain itu, hindari shampo yang mengandung sulfat karena bisa membuat rambut semakin kering dan kusut. Jika perlu, pilih shampo yang khusus untuk rambut kusut atau rambut kering. Gunakan shampo secara rutin dan pastikan kamu membilasnya dengan bersih untuk menghindari residu yang bisa membuat rambut terasa berat dan kusut.

2. Gunakan Kondisioner

Setelah keramas, jangan lupa untuk selalu menggunakan kondisioner. Produk ini berfungsi untuk melembapkan dan melembutkan rambut, sehingga lebih mudah diatur. Pilih kondisioner yang mengandung bahan-bahan alami seperti minyak kelapa, jojoba oil, atau shea butter.

Oleskan kondisioner mulai dari pertengahan rambut hingga ujungnya, hindari akar rambut agar tidak membuatnya lepek. Diamkan selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air bersih. Penggunaan kondisioner secara rutin bisa membantu mengurangi kondisinya yang kusut dan membuat rambut lebih sehat.

Setelah keramas, jangan lupa untuk selalu menggunakan kondisioner. Produk ini berfungsi untuk melembapkan dan melembutkan rambut, sehingga lebih mudah diatur. Pilih kondisioner yang mengandung bahan-bahan alami seperti minyak kelapa, jojoba oil, atau shea butter.

Oleskan kondisioner mulai dari pertengahan rambut hingga ujungnya, hindari akar rambut agar tidak membuatnya lepek. Diamkan selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air bersih. Penggunaan kondisioner secara rutin bisa membantu mengurangi kondisinya yang kusut dan membuat rambut lebih sehat.

3. Keramas dengan Air Dingin

Mungkin terdengar sepele, tapi keramas dengan air dingin bisa membantu mengatasi rambut kusut. Air dingin membantu menutup lapisan kutikula, sehingga rambut menjadi lebih halus dan mudah diatur. Sebaliknya, air panas bisa membuat kutikula terbuka dan rambut menjadi kasar dan kusut.

Cobalah untuk selalu menggunakan air dingin atau setidaknya air hangat suam-suam kuku saat keramas. Selain membantu mengatasi rambut kusut, air dingin juga bisa membuat rambut lebih berkilau dan sehat.

4. Perawatan dengan Hair Oil Secara Berkala

Hair oil atau minyak rambut bisa menjadi solusi ampuh untuk mengatasi masalah rambut kusut. Bahan yang satu ini berfungsi untuk menutrisi, melembapkan, dan melindungi rambut dari kerusakan. Gunakan hair oil yang yang memiliki tingkat kelembapan tinggi, seperti argan oil, coconut oil, atau olive oil.

Untuk mengaplikasikan hair oil, kamu bisa menggunakan teknik hair slugging. Gunakan secara merata pada rambut sebelum tidur, lalu bungkus rambut dengan kaus kaki. Biarkan hingga semalaman agar formulanya bisa menyerap secara maksimal di malam hari. Keramas hingga bersih keesokan harinya. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk mengatasi masalah rambut kering yang mudah kusut.

6 dari 6 halaman

5. Gunakan Produk Vitamin Rambut dengan Kandungan yang Melembapkan

Selain hair oil, kamu juga bisa menggunakan produk vitamin rambut yang memiliki kandungan melembapkan. Pilih produk yang mengandung bahan-bahan seperti vitamin E, biotin, atau keratin yang dapat membantu menjaga kesehatan dan kelembapan rambut.

Gunakan vitamin rambut setelah keramas saat rambut masih setengah kering. Ratakan dari akar hingga ujung rambut dan biarkan meresap. Penggunaan vitamin rambut secara rutin bisa membantu mengatasi rambut kusut dan membuatnya lebih sehat dan berkilau.

6. Teknik Menyisir Rambut yang Benar

Menyisir rambut dengan teknik yang benar juga penting untuk mengatasi rambut kusut. Gunakan sisir bergigi jarang atau sisir khusus untuk rambut kusut. Hindari menyisir saat basah karena kondisinya yang basah membuat rambut rentan kusut, patah dan rapuh.

Mulailah menyisir dari ujung rambut terlebih dahulu untuk mengurai kekusutan, kemudian lanjutkan ke bagian tengah dan akhirnya dari akar rambut. Jangan menarik rambut dengan kasar, lakukan dengan lembut untuk menghindari kerontokan dan kerusakan yang semakin parah.

7. Gunakan Handuk Mikrofiber untuk Mengeringkan Rambut

Tahukah kamu kalau serat handuk yang kasar bisa membuat kondisi rambut jadi semakin kusut? Jadi, penting untuk memilih bahan yang tepat seperti mikrofiber, karena lembut dan mampu menyerap air dengan baik. Handuk mikrofiber juga membantu mengurangi gesekan yang bisa menyebabkan rambut kusut.

Setelah keramas, keringkan rambut dengan cara menekan-nekan handuk secara perlahan. Hindari menggosok-gosok rambut dengan handuk karena bisa membuat kutikula rambut terbuka dan menyebabkan kusut.

8. Rajin Menggunakan Masker Rambut

Masker rambut adalah salah satu perawatan yang tidak boleh dilewatkan jika ingin memiliki rambut yang sehat dan bebas kusut. Produk ini mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut untuk tetap sehat dan lembut. Gunakan minimal seminggu sekali untuk hasil yang maksimal.

Pilih masker rambut yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan rambutmu. Aplikasikan setelah keramas, diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih. Penggunaan masker rambut secara rutin bisa membantu mengurangi kekusutan dan membuat rambut lebih kuat dan berkilau.

Dengan memahami penyebab rambut kusut dan susah diatur, kini kamu bisa menentukan perawatan yang tepat untuk mengembalikan helai indahnya. Saatnya terapkan beberapa tips di atas demi menjaga kesehatan rambut!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini