Sukses

Mengenal Metode 2-2-2 yang Diviralkan di TikTok, Kombinasi Diet dan Olahraga untuk Turunkan Berat Badan

Demi mencapai berat badan yang ideal, banyak hal yang dilakukan. Seorang Tiktoker bernama Jenna Rizzo punya trik unik untuk membantu menurunkan berat badan, yaitu metode 2-2-2.

Liputan6.com, Jakarta - Punya badan yang ideal adalah impian banyak orang. Banyak hal yang perlu dilakukan, mulai dari menjalani diet, olahraga, hingga konsultasi dengan dokter gizi. 

Mengutip New York Post, Selasa, 26 Juni 2024, seorang Tiktoker bernama Jenna Rizzo, punya trik unik untuk membantu menurunkan berat badan, yaitu metode 2-2-2. "Menurunkan berat badan akan jauh lebih mudah jika tubuh Anda kecanduan kebugaran, dan saya punya satu trik kecil yang akan membantu Anda melakukannya," kata Rizzo, pelatih penurunan berat badan wanita dari Georgia, di TikTok.

Dalam kesehariannya, Rizzo minum dua botol besar air serta makan yang terdiri dari masing-masing dua porsi buah dan sayuran. Selain itu, ia juga melakukan olahraga kecil dengan berjalan-jalan sebanyak dua kali sebagai tambahan dari rutinitasnya sehari-hari.

"Jika Anda mengikuti metode ini hanya selama tiga minggu, saya jamin tubuh Anda akan terasa sangat enak, Anda pasti ingin melanjutkannya," kata Rizzo kepada 79.600 pengikut TikToknya.

Dia sebelumnya memuji cara ini di TikTok Maret 2024 lalu dan mengklaim bahwa ini akan bermanfaat bagi perempuan yang ingin menurunkan berat badan tetapi tidak tahu harus mulai dari mana. Rizzo tidak menyebutkan secara rinci berapa jumlah liter dalam dua botol besar air.

Hal ini karena menurutnya kebutuhan hidrasi setiap orang bervariasi. Kebutuhan minum seseorang dipengaruhi oleh berbagai macam faktor seperti tingkat aktivitas, konsumsi alkohol, cuaca, dan kesehatan seseorang secara keseluruhan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Metode 2-2-2 untuk Turunkan Berat Badan

Ia menyarankan agar Anda mengikuti arahan para ahli terkait berapa gelas per hari yang harus dikonsumsi, karena akan berbeda tergantung dengan berat badan seseorang. Sementara itu, American Heart Association merekomendasikan empat porsi buah dan lima porsi sayur setiap hari.

Rizzo menjelaskan bahwa dengan programnya bertajuk "bukan hanya ini yang kita makan dalam sehari", dua porsi buah dan sayuran seharusnya melengkapi rencana makan Anda. Mengenai olahraga, dia menyarankan agar jalan-jalan yang dilakukan tidak terlalu rumit. Dia menyebutkan bahwa lakukan sesuai dengan waktu yang Anda punya.

"Jika Anda juga punya waktu untuk berolahraga dan ingin melakukannya, ini akan menjadi kebutuhan minimum harian kami," kata Rizzo.

Sedangkan menurut Pedoman Aktivitas Fisik untuk Orang Amerika yang diterbitkan oleh Kantor Pencegahan Penyakit dan Promosi Kesehatan Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS, orang dewasa harus beraktivitas fisik intensitas sedang selama 150 menit dan penguatan otot dua hari dalam seminggu.

3 dari 4 halaman

Rasakan Dampaknya Setelah Tiga Minggu

Rizzo bukanlah satu-satunya yang menerapkan serta mempromosikan mengenai metode 2-2-2 untuk menurunkan berat badan. Dr. Ian Smith, salah seorang dokter ahli, juga menggunakan rencana metabolisme 2-2-2 yang melibatkan makan makanan kaya karbohidrat dan kaya protein selama dua minggu.

Setelah itu, ia menerapkan secara bergantian antara diet keto dan pemuatan karbohidrat selama empat minggu. Rizzo meyakinkan "Anda akan melihat perbedaannya" setelah tiga minggu mengikuti programnya.

"Kulit Anda akan menjadi bersih, Anda akan memiliki lebih banyak energi, Anda akan tidur lebih nyenyak dan berat badan Anda mungkin sudah turun beberapa kilogram," katanya dalam video berdurasi 49 detik itu.

Selain Rizzo, mantan atlet binaraga Indonesia, Ade Rai, juga punya metode khusus untuk membantu seseorang mencapai berat badan ideal dengan restriksi kalori. Menurut Ade, prinsip utama diet ini adalah membatasi waktu makan tiap harinya hanya selama delapan jam.

"Metode ini bertujuan supaya tubuh akan menggunakan lemak sebagai sumber tenaga saat sedang tidak ada makanan yang masuk," terangnya dalam unggahan di akun Youtube Dunia Ade Rai pada Selasa, 18 Juni 2024. 

4 dari 4 halaman

5 Makanan Penyebab Berat Badan Sulit Turun

Ia juga membeberkan lima makanan yang sebaiknya dijauhi karena jadi penyebab berat badan sulit turun. Apa saja makanan yang dimaksud?

1. Segala Jenis Makanan dari Mi

Banyak orang yang enggan memakan nasi, tapi memilih makan mi atau pasta dengan anggapan bisa mengurangi berat badan. Padahal menurut Ade Rai, menyantap mi yang berdasar tepung terigu justru bisa menaikkan berat badan. Jadi, mengonsumsi makanan ini secara berlebihan tentunya bisa berdampak ke berat badan.

2. Kue 

Orang Indonesia terbiasa menyantap kue tradisional di pagi hari. Sebut saja seperti kue basah, kering, kue tar, hingga sereal. Padahal, makanan yang dianggap camilan itu adalah salah satu penyebab berat badan sulit turun. Sebab, seseorang bisa total menjadi makan tujuh sampai sembilan kali sehari jika digabungkan sekalian dalam kebiasaan mengonsumi kue di luar makan berat.

3. Makanan Berbahan Tepung Terigu

Ade Rai juga menyoroti olahan makanan yang terbuat dari tepung terigu. Menurutnya, makanan hasil dari olahan tepung terigu ini bisa ditemukan pada banyak makanan di Indonesia.

4. Kerupuk

Kerupuk atau keripik kerap dijadikan makanan pendamping untuk menu apapun, baik itu saat menyantap nasi dan lauk-pauk, mi, bubur, dan banyak makanan lainnya. Padahal, menurut Ade Rai mengonsumsi berlebihan kerupuk atau keripik bisa berdampak ke tubuh. Dia pun menyarankan untuk bisa mengurangi sementara saja, jika ingin menurunkan berat badan.

5. Roti

Roti kini sudah banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Ada yang menyantapnya di pagi hari, atau menjadi teman ngopi saat bersantai. Selama memakan roti dengan porsi biasa tentu baik-baik saja. Namun Ade Rai mengingatkan memakan roti dalam porsi banyak bisa berdampak ke tubuh seseorang sehingga berat badan menjadi sulit turun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini