Sukses

Inovasi Makeup China yang Viral, Ada Maskara hingga Lip Gloss Beraplikator Besi

Pergerakan tren produk makeup China didorong kultur media sosial seiring populernya C-beauty. Mendapati ini, Judydoll berupaya mengeluarkan kosmetik yang mengubah cara konsumen memilih dan menggunakan produk tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - China telah jadi salah satu pasar makeup terbesar dan paling dinamis di dunia. Perkembangan pesat industri kosmetik di negara ini didorong beberapa faktor, termasuk pengaruh media sosial. 

Global Marketing Director Judydoll Dorothy Tian mengakui bahwa perkembangan industri kosmetik di China terbilang cepat seiring berkembangnya tren C-beauty di jagat maya. "Inovasi (makeup) di China sangat cepat, bahkan bisa jadi top selling," katanya saat jumpa pers di Jakarta X Beauty (JXB) di kawasan Senayan, Jakarta, Kamis, 6 Juni 2024.

Tren C-beauty membuat merek-merek kosmetik China, termasuk Judydoll, berlomba-lomba memenuhi kebutuhan para konsumen. Judydoll sendiri merupakan merek makeup terlaris di China selama 2023 berdasarkan volume penjualan.

"Kami banyak mendapat wawasan seputar konsumen di media sosial dan saluran penjualan (daring). Kami memiliki tim yang fokus mempelajari ragam kebutuhan konsumen," ujarnya. "Kami juga memiliki tim yang suportif dan end to end, jadi bisa secara cepat merespons apa yang dibutuhkan di pasar."

Di balik pertumbuhan ini, berbagai inovasi makeup telah muncul dan mengubah cara konsumen China dalam memilih dan menggunakan produk kosmetik. Banyak merek, termasuk Judydoll, yang mengeluarkan inovasi-inovasi baru dalam berbagai kategori makeup. Berikut beberapa di antaranya yang viral di jagat maya:

1. Iron Mascara

Tidak seperti maskara pada umumnya, Judydoll mengeluarkan produk maskara yang dilengkapi aplikator unik. Alih-laih brush konvensional, produk maskara mereka menggunakan aplikator yang sepenuhnya terbuat dari besi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Inovasi Makeup China

 

Aplikator yang tidak memiliki brush ini diklaim membuat maskara jadi lebih mudah diaplikasikan, bahkan menjangkau bulu mata tipis di setiap ujung mata dan bulu mata bagian bawah yang sangat susah diatur. Ketika diaplikasikan, bulu mata disebut akan lentik natural tanpa meninggalkan produk maskara yang menggumpal.  

2. Iron Lip Gloss

Sama seperti maskara, lip gloss juga memiliki aplikator unik terbuat dari besi. Inovasi ini memudahkan konsumen dalam mengaplikasikan cairan lip gloss ke bibir mereka.

Saat dipakai, sensasi dingin akan terasa di bibir dan konsumen bisa melakukan pijatan-pijatan kecil menggunakan aplikatornya sehingga cairan lip gloss lebih mudah menempel ke bibir. Produk bibir yang glossy ini juga akan membuat bibir tampak lebih mengilap dan plumpy.

3. Contour and highlighter palette

Di China, tampilan makeup yang berdimensi itu sangat penting. Satu per satu bagian wajah, seperti mata, hidung, dan bibir harus menonjol. In-house Content & Makeup Artist Judydoll Hayley mengatakan bahwa tren makeup China banyak menggunakan kontur wajah.

Produk contour dan highlighter biasanya dikemas secara terpisah, namun Judydoll mengeluarkan inovasi dengan membuatnya lebih sederhana. Mereka mengeluarkan produk contour and highlighter dalam satu kemasan. Di dalamnya, ada dua warna contour berbeda, yakni cokelat gelap dan sedikit terang, serta dua highlighter: putih dan glitter

3 dari 4 halaman

Tren C-Beauty Meningkat Pesat

Pasar sektor industri kecantikan China bertumbuh pesat selama dekade terakhir, dari 38,2 miliar dolar AS  pada 2013, jadi 110,4 miliar dolar AS pada 2023. Capaian itu menunjukkan tiga kali peningkatan dalam kurun waktu 10 tahun.

Kini, C-beauty menguasai lebih dari 50 persen pasar. Pada 2023, merek C-beauty terus bertumbuh pesat dengan produk riasan wajah dan parfum yang memimpin ekspansi tersebut. Di tahun yang sama, C-beauty di China telah melampaui merek kecantikan luar negeri dengan pangsa pasar sebesar 50,4 persen.

Salah satu penggerak terbesar C-beauty adalah tren douyin makeup. Sudah banyak influencer mancanegara yang mengikuti gaya riasan wajah tersebut.

Selain itu, C-beauty memimpin pasar dengan menghadirkan produk-produk diklaim lebih berkualitas dengan harga terjangkau. Mengutip Teen Vogue, Kamis, 8 Mei 2024, di TikTok, tagar douyin makeup telah ditonton lebih dari 1,3 juta kali dan Anda mungkin pernah melihat setidaknya satu atau dua video masuk ke FYP Anda.

4 dari 4 halaman

Tren Douyin Makeup

Tampilan douyin makeup sebenarnya cukup sederhana dan merupakan penerus tren kecantikan K-beauty yang sudah kita kenal dengan menonjolkan gaya minimalis dan mengutamakan kulit yang sehat. Meski ada kemiripan karena keduanya menekankan tampilan alami dan bercahaya, tetap ada perbedaan cukup menonjol.

Pada riasan mata, K-beauty umumnya menggunakan warna-warna terang dan soft, sedangkan pada douyin lebih banyak menggunakan glitter pada kelopak mata, sehingga tampak gemerlapan. Di douyin makeup, elemen yang sangat ditonjolkan adalah bulu mata yang ditata secara berkelompok, membuatnya lebih tebal dan lentik dibandingkan bulu mata pada K-beauty.

Selain mata, yang harus diperhatikan adalah bagian pipi. Dari segi perona pipi, douyin makeup menyapukan perona pipi cukup tebal. Teknik pengaplikasiannya pun harus diperhatikan. Jika biasanya perona pipi diaplikasikan dari tulang pipi ditarik ke belakang yang kemudian dipadukan dengan kontur, tren douyin menempatkan perona di bagian atas pipi sehingga hampir mencapai bagian bawah mata. 

Ciri khas C-beauty berikutnya terkait riasan bibir. Pada douyin makeup, bibir harus terlihat lebih glossy dan plumpy. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini