Sukses

6 Fakta Menarik Gunung Sipandu, Alternatif Pendakian Singkat di Daratan Tinggi Dieng

Gunung Sipandu merupakan salah satu puncak di Dataran Tinggi Dieng yang berada di dekat Gunung Prau.

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Sipandu merupakan sebuah gunung kecil yang terdapat di Jawa Tengah. Gunung ini kerap juga disebut Bukit Sipandu.

Gunung Sipandu memiliki ketinggian 2.241 mdpl dan berada di dataran tinggi Dieng. Lokasinya di perbatasan Kabupaten Batang dengan Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Gunung Sipandu termasuk salah satu puncak di Dataran Tinggi Dieng yang berada di dekat Gunung Prau.

Di antara sekian banyak puncak yang ada di Dieng, Gunung Sipandu merupakan salah satu yang belum banyak diketahui pendaki. Destinasi wisata ini terbilang masih sepi, selain suasananya pun masih asri dan alami, sehingga cocok untuk self-healing.

Masih banyak hal mengenai Gunung Sipandu selain lokasi maupun ketinggiannya. Berikut enam fakta menarik Gunung Sipandu yang dirangkum Tim Lifestyle Liputan6.com pada Minggu, 28 April 2024. 

1. Titik Awal Pendakian

Mengutip dari laman Pendaki Indonesia, akses menuju basecamp Gunung Sipandu sebagai titik awal pendakian terbilang sangat mudah. Terdapat transportasi umum jurusan Wonosobo-Batur yang melewati jalan menuju Pawuhan.

Dari Wonosobo ke Pawuhan, biaya transportasi berkisaran Rp15.000-20.000. Untuk ke basecamp dari jalan besar, pendaki hanya perlu jalan kaki sekitar 100 meter. 

Setibanya di base camp, pendaki bisa melakukan registrasi sekaligus menyewa peralatan berkemah yang dibutuhkan, seperti tenda dan sleeping bag. Biaya pendakian menuju Bukit Sipandu via Jalur Pawuhan adalah Rp10.000. Parkir sepeda motor Rp10.000 dan mobil Rp20.000.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Rute Menuju Gunung Sipandu

Salah satu di antara banyak rute resmi ke puncak Bukit Sipandu adalah Jalur Pawuhan. Basecamp Jalur Pawuhan bernama Green Forest. Letaknya di Dusun Pawuhan, Desa Karangtengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.

Pendakian ke Gunung Sipandu sangat cocok untuk pemula. Terdapat dua pos yang harus dilewati pendaki untuk menuju puncak dari Green Forest, yakni Pos 1 (Ngkosong/Alang-alang Abang) dan Pos 2 (Savana). Perjalanan dari basecamp menuju Pos 1 Ngkosong kurang lebih 15--20 menit.

Selain perkebunan warga, pendaki akan melewati instalasi geotermal Geodipa Energi Dieng yang cukup luas. Ada pula ruas jalur menyerupai terowongan yang kanan-kirinya diapit tebing yang cukup tinggi.

3. Melewati Perkebunan Warga

Waktu yang diperlukan untuk menuju Pos 2 sekitar 5--10 menit. Jalur yang dilewati berupa tanah cukup datar dan dikelilingi perkebunan warga.

Sepanjang jalur kita akan menjumpai sepeda motor warga lokal yang biasa membawa hasil perkebunan seperti kentang, sayur kol, dan lainnya. Jika waktu berkunjung bertepatan musim panen hasil tani, para wisatawan bisa membeli langsung dari petani 

3 dari 4 halaman

4. Lokasi Tepat di Bawah Gunung Prau

Mengutip dari laman Get Lost, lokasi Gunung Sipandu berada di bawah Gunung Prau, tepatnya di Desa Pranten, Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Puncaknya untuk sebutan bukit sebenarnya terbilang cukup tinggi, karena sudah di atas 2.000 mdpl. Tetapi untuk mencapai puncaknya tak harus susah payah mendaki.

Kalau sedang beruntung mendapat cuaca cerah, pendaki bisa menikmati indahnya paduan langit biru maupun hijaunya alam di sekitar. Jangan heran kalau durasi pendakianmu bisa lebih lama lantaran sibuk berfoto di beberapa titiknya yang fotogenik. Tak sedikit yang enggan pulang dan akhirnya memilih untuk berkemah di puncaknya. 

5. Waktu Pendakian Sekitar 40 Menit

Selain medan yang bersahabat, durasi pendakian hanya 30-40 menit bila tak banyak berhenti untuk berfoto atau beristirahat. Di sepanjang perjalanan, pendaki akan disuguhi pemandangan yang indah, dari petak-petak perkebunan warga, hamparan padang ilalang, hingga birunya langit cerah. Meski terbilang perjalanan singkat, pergunakan peralatan gunung yang memadai, sebaiknya memakai sepatu nyaman jangan sandal.

 

4 dari 4 halaman

6. Pemandangan Gunung Prau hingga Sindoro

Perlu waktu sekitar 5--10 menit untuk mencapai puncak dari Pos 2, dengan hanya melewati satu jalur menanjak. Dari puncak, leluasa sekali melihat Gunung Prau, Gunung Sindoro, serta Dalan Anyar Batang.

Selain pemandangan bukit dan pegunungan, akan tampak pula hamparan ilalang di sekitar puncak. Termasuk perjalanan singkat, bukit ini bisa jadi tujuan alternatif saat mampir ke kawasan Dataran Tinggi Dieng. 

Kawasan Bukit Sipandu bisa untuk bermalam atau kemping namun dengan syarat harus membawa peralatan sendiri, karena tidak ada tempat penyewaan disekitar kawasan Bukit Sipandu. Jika belum puas mendaki, Anda bisa menyambangi gunung lainnya yang jalurnya tidak terlalu sulit.

Salah satunya Gunung Prau yang terkenal memiliki golden sunrise. Selain itu pilihan lainnya, ada Gunung Kembang yang cukup populer di kalangan para pendaki maupun penikmat alam. Agak jauh dari sana, Gunung Sindoro maupun Bukit Sikunir juga tak kalah menarik disambangi pendaki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini