Sukses

Malioboro, Ciwidey hingga Pantai Pangandaran Jadi Destinasi Wisata Favorit Saat Mudik Lebaran dengan Okupansi Hotel 90 Persen

Malioboro, Ciwidey, Pangandaran, Parangkritis, Puncak Bogor, Ragunan, Lembang, serta Borobudur dan Bromo termasuk dalam deretan destinasi wisata favorit saat libur Lebaran 2024 yang berlokasi di pulau Jawa.

Liputan6.com, Jakarta - Mudik Lebaran 2024 berimplikasi pada pergerakan wisatawan Nusantara (wisnus). Malioboro, Ciwidey, Pantai Pangandaran, Parangkritis, Puncak Bogor, Ragunan, Lembang, serta Borobudur dan Bromo tercatat sebagai destinasi wisata favorit saat libur Lebaran yang sebagian besar berlokasi di pulau Jawa.

Ahli Utama Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Nia Niscaya mengungkapkan, secara umum mereka yang berwisata saat momen libur Lebaran menggunakan hotel berbintang (34,5 persen), menginap di rumah keluarga (26,9 persen). Data ini menunjukkan berita bagus tentang okupansi hotel selama libur Lebaran.

Okupansi hotel yang paling menonjol untuk wilayah Jawa Barat yaitu terjadi di Pantai Pengandaran 20.223 pada 12 April 2024, dengan tingkat okupansi hotelnya mencapai 95 persen. Sementara di Jawa Tengah terjadi lonjakan pengunjung tertinggi hingga 21.952 orang di Pantai Menganti pada 13 April 2024 dan sebanyak 13.780 pengunjung di Borobudur pada 12 April 2024, dengan okupansi hingga 80 persen.

Untuk wilayah Jawa Timur, 23.911 kunjungan pada 13 April dengan okupansi hotel sebesar 60-90 persen. Bali tak ketinggalan menyumbang sebagai destinasi yang ramai dikunjungi, berdasarkan data InJourney Tourism Development Corporation (ITDC) okupansi mencapai 80 persen.

Sementara, preferensi daya tarik berwisata meliputi pantai (56,1 persen), pusat kuliner (50,8 persen), pegunungan agrowisata (41,9 persen), taman rekreasi (29,9 persen), pusat perbelanjaan (26,6 persen). Hampir 90 persen, wisata saat Lebaran dilakukan bersama keluarga.

"Memang yang namanya mudik itu momennya keluarga dan dari sisi statistik data sejarahnya memang puncaknya angka besar di wisatawan Nusantara adalah ketika mudik," ungkap Nia Niscaya saat The Weekly Brief with Sandi Uno yang digelar hybrid pada Selasa, (16/4/2024).  

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengeluaran Saat Berwisata Rp2,73 Juta per Orang

Adapun angkutan mudik yang banyak digunakan untuk wisata selama libur Lebaran adalah kendaraan pribadi, sebesar 74,9 persen. "Saya kira ini banyak pribadi yang lewat Tol dan jalur penyebrangan masuk kapal," sambung Nia lagi.

Dari sisi durasi, wisata saat Lebaran meliputi satu hari atau one day trip sekitar 49,5 persen. Adapun durasi 2--4 hari persentasenya adalah 36,2 persen.

Pergerakan wisnus juga tercatat paling banyak di pulau Jawa karena penduduknya memang besar dengan infrastruktur jalan tol yang sudah memadai. Mengenai rata-rata pengeluaran berwisata dalam hitungan per orang menurut data Kemenparekraf adalah Rp2,73 juta.

Jika hitungan durasi wisata satu hari Rp904 ribu, 2--4 hari Rp3,5 juta, 5--7 hari Rp6,4 juta, dan lebih dari tujuh hari Rp7,6 juta. Drai segi pembagian pengeluaran paling besar untuk akomodasi, transportasi, makan dan minum, serya oleh-oleh. Potensi perputaran ekonomi sektor parekraf dari mudik Lebaran 2024 adalah Rp369,8 triliun berdasarkan pergerakan masyarakat dari data yang dihimpun oleh Kementerian Perhubungan. 

3 dari 4 halaman

Potensi Perputaran Sektor Parekraf

"Karakteristik wisnus nusantara adalah beli oleh-oleh, karena untuk ibunya, kakaknya, tetangganya sumua. Oleh-oleh adalah DNA Indonesia menunjukkan peduli," tambah Nia.

Sementara mengenai kendala dalam libur saat mudik Lebaran yang teratas adalah macet, kemudian destinasi wisata ramai atau penuh, harga meningkat, aminitas yang tidak memadai. Amenitas merupakan fasilitas di luar akomodasi, seperti rumah makan, restoran, toko cinderamata, dan fasilitas umum seperti sarana ibadah, kesehatan, taman, dan lain-lain.

Di sisi lain, potensi perputaran sektor parekraf disebut tinggi karena faktor durasi liburan dan cuti bersama yang lebih panjang dibanding tahun sebelumnya. Peningkatan daya beli masyarakat juga menjadi salah satu faktor, di mana masyarakat yang bepergian juga memiliki anggaran yang lebih besar. 

Lebih lanjut, Nia mengatakan Kemenparekraf terus berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait dengan perkembangan berwisata masyarakat saat mudik Lebaran 2024 mengenai realisasi perputaran roda ekonomi. Berdasarkan basis data Sisparnas, terdapat lima hal besar yang perlu digarisbawahi seperti terjadi lonjakan pengunjung di destinasi.

"Selain itu ada sejumlah kejadian bencana, adanya kemacetan di berbagai titik, dan timbunan sampah yang membludak, serta masih adanya pungutan liar di beberapa destinasi wisata yang terjadi ketika libur Lebaran 2024," ungkap dia. 

 

4 dari 4 halaman

Pengunjung Pantai Pangandaran Membludak

Pantai Pangandaran di Jawa Barat termasuk yang banyak didatangi pengunjung dan masih ramai pada H+4 Lebaran atau Minggu, 14 April 2024. Bahkan, penampakan suasana keramaian di pantai tersebut belakangan viral di media sosial termasuk di Twitter (X).

Akun Twitter @Pai_C1 membagikan cuplikan video suasana di Pantai Pangandaran yang tampak dipenuhi oleh lautan manusia sejak pukul 08.00 pada Minggu. Saking ramainya, seluruh area bibir pantai tampak penuh tak bercelah dari kerumunan wisatawan.

Meski begitu, hal tersebut tampak tak menyurutkan semangat mereka. Bukan hanya bermain air, beberapa di antara mereka ada yang sekadar duduk di pinggir pantai, bermain pasir bersama anak-anak.

Ada pula pengunjung yang menyewa kapal kecil untuk mengelilingi area sekitar pantai.  Terdengar juga beberapa petugas yang meniupkan peluit mereka untuk mengarahkan hingga mengatur ketertiban para wisatawan, mengingat suasana di Pantai Pangandaran saat itu sangat ramai.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini