Sukses

Abaikan Permintaan Atalia, Zara Akui Sengaja Buka Kolom Komentar Medsosnya

Zara mengaku sengaja tak menutup kolom komentarnya di Instagram, sampai ada warganet yang menyebutnya sebagai jamet.

Liputan6.com, Jakarta - Camillia Laetitia Azzahra alias Zara mengabaikan permintaan ibundanya, Atalia, untuk tidak membuka media sosial terlebih dulu setelah mengumumkan keputusan untuk melepas hijab. Adik Eril itu justru memamerkan penampilannya tanpa hijab menutupi kepalanya.

Terlihat bahwa ia mengecat rambutnya dengan warna pirang. Putri Ridwan Kamil itu juga mengucapkan Selamat Idulfitri kepada pengikutnya. Lewat Instagram Story, dara berusia 19 tahun itu berinteraksi dengan beberapa warganet.

Zara mengaku sengaja tak menutup kolom komentarnya di Instagram sehingga warganet bebas beropini. Salah satunya menganggapnya jamet. Meski banyak warganet yang membelanya saat diolok-olok dengan istilah tersebut, Zara membalas komentar itu dengan santai, "Semua akan jamet pada waktunya."

Ia juga mengungkapkan tidak sedih saat disebut jamet. "Gais aku ga sedih, aku emang lagi pengen jadi jamet aja. Tapi trims doa baiknya, semoga doanya berbalik ke kalian 10x lipat," tulisnya di Instagram Story. 

Apa sebenarnya arti kata jamet? Mengutip dari Tim Showbiz Liputan6.com, 2 Maret 2022, jamet adalah salah satu bahasa gaul yang cukup sering digunakan. Jamet merupakan istilah yang sering digunakan untuk menyebut seseorang dengan gaya atau atribut tertentu.

Pengertian jamet berkembang dan menjadi kata yang sering disebutkan oleh anak muda sekarang. Jamet merupakan kependekan dari 'jajal metal'. Ada juga yang mengartikan jamet sebagai singkatan dari ‘Jawa metal’. Istilah ini kerap dikaitkan dengan orang yang bergaya metal. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Asal-usul Istilah Jamet

Istilah jamet yang dipakai untuk mengomentari penampilan Zara, anak Ridwan Kamil tampak sebagai sebuah sindiran. Menurut salah satu warganet yang mengirimkan DM ke Zara, istilah tersebut termasuk kata rasis untuk menghina orang Jawa. 

Jamet didefinisikan sebagai seorang seseorang yang ingin berlagak keren dengan menggunakan atribut musik metal. Jamet diidentikkan dengan rambut gondrong yang biasanya diwarnai, diluruskan, atau dibiarkan acak-acakan. Pakaian yang digunakan juga dianggap tidak serasi.

Istilah jamet telah muncul sejak cukup lama. Istilah ini kemudian kembali populer pada 2021 di sosial media. Ini disebabkan munculnya video TikTok yang memperlihatkan seorang pemuda yang berpenampilan metal lengkap dengan rambut gondrong. Pemuda tersebut terlihat menari dengan goyang badinding yang seru.

Aksi pemuda tersebut sempat viral, hingga orang-orang melabelinya dengan sebutan jamet. Berdasarkan video TikTok tersebut secara umum, orang-orang langsung mengidentifikasi sosok jamet sebagai orang yang kurang lebih berpenampilan seperti pemuda di video.  

 

3 dari 4 halaman

Zara Ditanya Tips Kuat Mental

Zara juga kedapatan berinteraksi dengan warganet yang menanyakan bagaimana caranya agar ia tetap kuat mental. Warganet itu menulis, "Kak Zara, tipsnya dong supaya mental kita kuat ketika dapat omongan yang bikin sakit hati."

Dara yang lahir pada 17 Agustus 2004 itu menjawab, "Kalau aku ... lawan api dengan api alias aku dengerin/bacain/pahamin berulang-ulang kali sampe aku udah bisa nemuin di titik kalimat/hal-hal itu ada lucunya juga ya."

Ibunda Zara, Atalia Praratya belum lama ini sempat menyampaikan berbagai hal di balik keputusan putrinya membuka hijab di tengah proses menempuh pendidikan lanjutan di Newcastle, Inggris, rangkum kanal Showbiz Liputan6.com, 8 April 2024. Pekan lalu, Atalia membeberkan bahwa ia dan suaminya sempat berdebat dengan Zara kala berdiskusi tentang keputusan putri mereka melepas hijab.

Usai menyerah hingga mempersilakan Zara menjalani keputusannya, ia mengaku sempat terkejut ketika putrinya mengumumkan keputusan itu ke muka publik melalui media sosial.

4 dari 4 halaman

Tak Menyangka Respons Warganet

Atalia juga mengaku tidak menyangka respons warganet sedemikian besar terhadap pernyataan putrinya soal lepas hijab. Ia mulanya menyatakan bahwa Zara sempat bertanya-tanya perihal teman-temannya yang membuka hijab.

Beberapa lama setelahnya, ia meminta izin melepas hijab hingga melalui proses diskusi dan debat dengan orangtuanya. Keputusan Zara melepas hijab telah membuat namanya jadi trending topic di X, dulunya Twitter, pada Sabtu sore, 6 April 2024. Pendapat warganet mengenai penampilan baru anak Ridwan Kamil ini beragam.

Beberapa mengaku "tidak peduli," karena itu merupakan keputusan pribadi Zara tersebut. Ada juga yang menyayangkan sikap akhirnya, walau di pesan panjang Zara di Instagram, ia menyebut sudah melalui pertimbangan mendalam. Sementara, sebagian lain sepenuhnya menghargai keputusan Zara.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini