Sukses

Perbedaan Kontras Isi Hamper Lebaran Jokowi dan Prabowo

Ketua Dewan Penasihat Yayasan Puteri Indonesia Putri Kus Wisnu Wardani jadi salah satu yang menerima hamper Lebaran dari Jokowi dan Prabowo.

Liputan6.com, Jakarta - Suka cita menyambut Idulfitri salah satunya diperlihatkan dengan mempersiapkan hamper Lebaran bagi teman dan kerabat. Tradisi ini juga dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo. Salah satu penerima parsel Hari Raya dari keduanya adalah Ketua Dewan Penasihat Yayasan Puteri Indonesia Putri Kus Wisnu Wardani.

Melalui dua unggahan di akun Instagram-nya, Putri menyampaikan terima kasih pada Jokowi dan Prabowo. Ia lebih dulu berbagi bingkisan dari Jokowi, menulis, "Matur nuwun, terima kasih banyak Presiden RI @jokowi dan Ibu Negara @ibu_iriana_jkw @iriana_jkw_ atas bingkisan khas Ramadhan yang lezat berupa jajanan tradisional, yaitu Rengginang (Kue Beras Renyah), Rempeyek (Kerupuk Kacang), dan Keripik Tempe (Keripik Tempe)."

"Benar-benar di luar dugaan, hadiah yang menyenangkan. (Saya) akan menikmatinya 🙏 🙏 Anda adalah Presiden Rakyat," imbuhnya. Bersama keterangan itu, ia memperlihatkan parsel Lebaran yang dimaksud, lengkap dengan kartu ucapannya. Kemudian, beberapa hari sebelum Lebaran, Putri menerima bingkisan dari Prabowo, yang memperlihatkan kontras perbedaan isinya.

Putri mengungkap, "Matur nuwun, terima kasih banyak pada Presiden Terpilih RI 2024-2029 dan Menteri Pertahanan 2019-2024 Mr.@prabowo @tumgrd atas Hampers Ramadhan Unik berupa barang-barang segar: Sayur, Telur, Bunga Cantik, dipetik langsung dari perkebunan Hambalang🙏🙏."

"Terima kasih telah mengingatkan kami bahwa Indonesia adalah tanah subur yang mampu menghasilkan pangan berkualitas untuk menghidupi seluruh warganya, bahkan jadi sumber pangan dunia. Tidak ada seorang pun yang pantas kelaparan dan miskin. Menyambut Program Makan Siang Gratis di Indonesia💝," tandasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Wulan Guritno Juga Terima Hamper Prabowo

Selain Putri, Wulan Guritno menerima hamper Lebaran dari Prabowo dengan isi yang sama. Berbagi di Instagram Story-nya, Senin, 8 April 2024, ia menulis, "Terima kasih bapak @prabowo. Selamat Hari Raya Idulfitri. Mohon maaf lahir dan batin." Bersama keterangan itu, ia berbagi foto hamper, lengkap dengan kartu ucapan yang terlihat ditandatangani Menteri Pertahanan itu.

Tidak hanya pada pesohor, sebelumnya Prabowo juga telah berbagi parsel Idulfitri untuk warga. Ia memang disebut punya agenda rutin bagi-bagi sembako pada warga di sekitar kediamannya di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, jelang Lebaran. Isi parsel Lebarannya pun diungkap akun TikTok @siscaandrianny77, baru-baru ini.

"Isinya banyak banget, sangat membantu masyarakat, terimakasih banyak BAPAK, moga BAPAK selalu sehat panjang umur," tulis pemilik akun TikTok itu di unggahan yang dibagikan pada Minggu, 7 April 2024. Setiap warga yang hendak mengambil hamper Lebaran dari Prabowo dikatakan harus memiliki kupon.

Tertera tulisan, "KUPON SEMBAKO," dengan logo Partai Gerindra dan foto Prabowo di ujung yang berbeda. Tertulis pula ucapan, "Selamat Hari Raya Idul Fitri," di bagian tengah kupon. "Aku spill sembako yang rutin dibagikan bapak Prabowo Subianto," tutur akun tersebut.

3 dari 4 halaman

Sembako dari Prabowo

Di rekaman, terlihat ada sekantong beras yang diklaim sebagai Beras Premium Pulenwangi. Lalu, terdapat pula bahan pokok lain, seperti minyak goreng kemasan isi ulang, gula pasir, serta tepung terigu. Tidak ketinggalan, ada pula sebotol sirup, kecap manis, biskuit kalengan, delapan bungkus mi instan, kornet kaleng berukuran sedang, sekotak teh celup, serta kental manis.

Namun, yang mencuri perhatian adalah sekotak kurma Tunisia bermerek Saheera dan sarung tenun dari merek ternama. Melihat produk-produk tersebut, hantaran Lebaran itu diduga bernilai sekitar Rp500 ribu per paket.

Sementara di hari Lebaran, Prabowo menemui Jokowi di Istana Negara Jakarta pada Rabu (10/4/2024). Ia datang lebih awal usai melaksanakan salat Idul Fitri, lapor kanal News Liputan6.com.

"Tadi pagi (Pak Prabowo datang). Tadi waktu saya masuk (ke Istana) sudah ada Pak Prabowo," kata Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi usai menghadiri open house yang digelar Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (10/4/2024).

4 dari 4 halaman

Open House di Istana

Menurut dia, Prabowo datang ke acara open house Jokowi bersama sang anak, Didit Hediprasetyo, dan ajudannya Mayor Teddy Indra Wijaya. Kendati begitu, kedatangan Prabowo tidak tertangkap kamera awak media.

Budi mengaku tidak tahu apakah ada pembicaraan khusus antara Jokowi dan Prabowo. Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (ProJo) itu mengatakan, ia tidak sempat bertanya pada Prabowo. "Saya enggak tahu, mungkin (ada pembicaraan). Tapi kan kita enggak tahu. Pokoknya enggak ada itu enggak solid, apa, bohong," tutur Budi Arie.

Sebelumnya, Presiden  Jokowi dan Ibu Negara Iriana menggelar open house dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah di Istana Negara Jakarta, Rabu (10/4/2024). Para menteri, duta besar negara sahabat, serta masyarakat umum antusias ikut mengantre untuk bersilaturahmi dengan Jokowi.

Berdasarkan pantauan News Liputan6.com, acara dimulai pukul 09.10 WIB. Namun, para menteri sudah mulai berdatangan sejak pukul 08.55 WIB. Sementara itu, para warga mulai datang ke Istana pukul 06.30 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini