Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: Sandra Dewi Pakai Sepatu Seharga Belasan Juta Rupiah Saat Jadi Saksi Kasus Dugaan Korupsi Harvey Moeis

Top 3 berita hari ini yang pertama mengenai sepatu yang dikenakan Sandra Dewi saat hadir jadi saksi kasus korupsi suaminya, viral gaji pertama guru honorer hingga efek Purkinje.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 berita hari ini, yang pertama mengenai artis Sandra Dewi baru saja memenuhi panggilan Kejaksaan Agung (Kejagung) pada Kamis, 4 April 2024. Sandra diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan korupsi timah yang menyeret suaminya, Harvey Moeis.

Ibu dua anak itu menjalani pemeriksaan sekitar lima jam di Gedung Kejagung di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Berbagai video Sandra Dewi dalam momen itu pun banyak beredar di media sosial. Salah satunya adalah video yang dibagikan akun TikTok @napp1810.

Berita kedua yang paling banyak dibaca adalah tentang gaji pertama guru honorer. Sebuah video yang diunggah pemilik akun TikTok @whoami1199 menunjukkan seorang perempuan membuka amplop berisikan gaji pertama sebagai guru honorer.

Perempuan berkerudung hitam tersebut mengeluarkan uang berjumlah Rp150 ribu dari dalam amplop putih. Ia menjelaskan bahwa itu adalah gajinya selama satu bulan mengajar. 

Selanjutnya berita ketiga yang paling banyak dibaca mengenai Gerhana matahari total yang diprediksi terjadi pada 8 April 2024 akan melintasi Kanada, Amerika Serikat, dan Meksiko. Apa kaitannya dengan efek Purkinje? 

Lebih dari dua abad lalu, ahlo fisiologi Jan Evangelista Purkyne menyadari bahwa bunga merah yang terlihat merah terang pada hari-hari cerah berubah menjadi merah tua pada malam hari. Itulah yang sekarang dikenal sebagai efek Purkinje. Efek itu menjelaskan bahwa warna terlihat berbeda tergantung pada seberapa banyak cahaya yang ada. Selanjutnya di top 3 berita hari ini..

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sandra Dewi Pakai Sepatu Seharga Belasan Juta Rupiah Saat Jadi Saksi Kasus Dugaan Korupsi Harvey Moeis

Artis Sandra Dewi baru saja memenuhi panggilan Kejaksaan Agung (Kejagung) pada Kamis, 4 April 2024. Ia diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan korupsi timah yang menyeret suaminya, Harvey Moeis.

Ibu dua anak itu menjalani pemeriksaan selama sekitar lima jam di Gedung Kejagung di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Berbagai video Sandra Dewi dalam momen itu pun banyak beredar di media sosial. Salah satunya adalah video yang dibagikan akun TikTok @napp1810.

Video ini berisi momen keluarnya Sandra usai menjalani pemeriksaan. Wanita berusia 40 tahun itu tetap ramah menyapa wartawan serta meminta doa untuk kelancaran proses hukum suaminya.

Di kolom komentar unggahan tersebut, sejumlah warganet dibuat salah fokus dengan sepatu Sandra Dewi. Ia kedapatan memakai sepatu merek dari brand mewah Loro Piana yang merupakan bagian dari grup LVMH. "Sepatunya masih Loro Piana. Sepatuku cuma CNK (Charles and Keith)," komentar seorang warganet.

Selengkapnya..

3 dari 4 halaman

Viral Video Guru Honorer Tunjukkan Gaji Pertama Rp150 Ribu per Bulan, Warga: Nyesek Gak Sih?

Sebuah video yang diunggah pemilik akun TikTok @whoami1199 menunjukkan seorang perempuan membuka amplop berisikan gaji pertama sebagai guru honorer. Perempuan berkerudung hitam tersebut mengeluarkan uang berjumlah Rp150 ribu dari dalam amplop putih.

Ia menjelaskan bahwa itu adalah gajinya selama satu bulan mengajar. Dalam video berdurasi satu menit tersebut, Dina juga menjelaskan soal sistem gaji yang diberitahukan kepadanya.

 "Jadi, jam kerjaku itu lima jam pelajaran per hari dan tiap jamnya itu Rp30 ribu. Jadi kalau misalkan dikalikan Rp30 ribu, kali lima, berarti Rp150 ribu per minggu. Satu bulan ada empat minggu berarti Rp600 ribu," jelasnya dalam video tersebut sebelum membuka amplop gaji tersebut.

Namun, amplop hanya berisi satu lembar uang Rp100 ribu dan satu lembar uang Rp50 ribu. "Aku benar-benar shock banget ya. Kirain itu dihitungnya per akumulasi kan ya," sebutnya dalam video sambil tertawa miris.

Selengkapnya... 

4 dari 4 halaman

Mengenal Efek Purkinje Saat Gerhana Matahari Total 8 April 2024, Jangan Lupa Pakai Baju Merah, Biru, dan Hijau

Lebih dari dua abad lalu, ahlo fisiologi Jan Evangelista Purkyne menyadari bahwa bunga merah yang terlihat merah terang pada hari-hari cerah berubah menjadi merah tua pada malam hari. Itulah yang sekarang dikenal sebagai efek Purkinje. Efek itu menjelaskan bahwa warna terlihat berbeda tergantung pada seberapa banyak cahaya yang ada.

Dalam kondisi cahaya minim, warna merah cerah tampak lebih gelap, memudar, dan terkadang hampir hitam. Sebaliknya, warna biru dan hijau cenderung menjadi lebih cerah. Mengutip laman CNN, Jumat (5/4/2024), gerhana matahari total dianggap menjadi momen tepat untuk mengamati efek Purkinje, walau sebenarnya secara perlahan bisa diamati saat pergantian siang ke malam setiap hari.

Mata yang menggunakan dua jenis reseptor peka cahaya, mulai beralih dari menggunakan sel kerucut yang menginformasikan otak tentang warna yang terlihat dalam cahaya terang menjadi mengandalkan sel batang, yang mengambil alih dalam cahaya redup dan biasanya hanya menangkap panjang gelombang biru-hijau dengan baik, kata Will Snyder, manajer Planetarium James S. McDonnell di Saint Louis Science Center di Missouri.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.