Sukses

6 Rekomendasi Destinasi Wisata di Solo yang Cocok Buat Isi Liburan Lebaran Bersama Keluarga

Solo menjadi salah satu destinasi utama para pemudik di musim libur lebaran 2024. Ayo manfaatkan untuk sekalian berlibur bersama keluarga!

Liputan6.com, Jakarta - Kota Solo, dikenal pula sebagai Surakarta, menjadi salah satu tujuan para pemudik di musim libur Lebaran 2024. Kota kelahiran Presiden Joko Widodo itu kaya akan sejarah dan budaya ini sering jadi destinasi wisata turis lokal maupun mancanegara bahkan di luar lebaran. 

Kota di Provinsi Jawa Tengah ini tidak hanya menawarkan wisata sejarah dan budaya, tetapi juga menawarkan wisata alam dan wisata kuliner yang bisa memuaskan perut dan lidah Anda. Solo juga dikenal sebagai kota yang ramah bagi wisatawan.

Jadi, tak salah bila memanfaatkan momen lebaran ini untuk mendekatkan hubungan keluarga dengan berlibur bersama. Berikut rekomendasi destinasi wisata yang cocok dikunjungi untuk mengisi libur lebaranmu bersama keluarga. 

 

1. Lokananta

Bukan cuma M-Bloc dan Pos-Bloc yang ada di Jakarta, Solo juga punya creative space yang berdiri di atas bangunan cagar budaya, yaitu Lokananta. Bekas studio rekaman musik yang pernah dijuluki terbesar di Asia Tenggara itu menawarkan berbagai kegiatan asyik dan santai bagi para pengunjungnya, mulai dari nonton konser, menikmati atraksi seni budaya, mengunjungi pameran musik, berbelanja vinyl dan cendera mata musik, nongkrong di kafe-kafe yang tersedia, atau sekadar bersantai menikmati sore hari di ampiteater Lokananta.

Tiket masuknya gratis dan dikenai biaya Rp25 ribu kalau kamu ingin masuk melihat pameran. Jam buka tempat ini mulai dari jam 10.00-22.00 WIB.

Letaknya pun ada di tengah-tengah Kota Solo dan hanya berjarak sekitar 5 km dari Stasiun Solo Balapan. Lokananta berlokasi di Jalan Ahmad Yani nomor 379  A, Kerten, Laweyan, Solo. Anda bisa mengakses tempat ini menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum yang tersedia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. De Tjolomadoe

De Tjolomadoe terletak di Jalan Adi Sucipto No. 1 Malangjiwan, Colomadu, Karanganyar, atau sekitar 10 km dari Stasiun Solo Balapan. De Tjolomadoe berdiri di atas bangunan bekas pabrik gula zaman kolonial dengan arsitektur Indische abad ke-19. 

Lokasi wisata ini menawarkan berbagai aktivitas seperti mengelilingi museum yang masih menyimpan mesin pabrik gula zaman dahulu atau berfoto dengan latar belakang pemandangan yang indah. Pengunjung juga bisa bersantai sambil menikmati makanan di Besali Cafe yang berada di dalam gedung pabrik atau menonton pertunjukkan di aula De Tjolomadoe.

Untuk tiket, dibanderol seharga Rp40 ribu untuk pengunjung dewasa dan Rp30 ribu untuk pelajar. Jam buka wisata ini mulai dari 10.00-17.00 WIB.

 

3. Desa Wisata Baluwarti

Desa wisata ini berada persis di luar tembok area Keraton Surakarta Hadiningrat, tepatnya di Jalan Sidikoro, Baluwarti, Kecamatan Pasarkliwon, Surakarta. Desa ini menawarkan berbagai kegiatan budaya yang tak kalah asik.

Dikutip dari laman resmi desa wisata tersebut, wisatabaluwarti.com, Selasa, 2 April 2024, di desa ini wisatawan dapat mengikuti kegiatan kelas memasak makanan Jawa, workshop menari atau bermain gamelan, membatik, menggunakan busana Jawa, belajar soal keris-keris Jawa, hingga melihat proses pembuatan jamu tradisional. Harga tiketnya tergantung kegiatan yang diikuti dan bisa dicek di Instagram resmi @kampungwisatabaluwarti.

3 dari 4 halaman

4. Taman Balekambang

Taman yang tadinya difungsikan sebagai tempat bewisata khusus keluarga Pura Mangkunegaran ini, kini dibuka untuk seluruh masyarakat yang berkunjung ke Solo. Lokasinya berada di Jalan Balekambang No.1, Manahan, Kelurahan Banjarsari, Surakarta atau hanya 2 km dari Stasiun Solo Balapan.

Taman ini pada awalnya dibangun oleh KGPAA Mangkunegara VII pada 1921 sebagai bentuk kasih sayang kepada putri-putrinya, GRAy. Partinah dan GRAy. Partini. Di dalam taman ini terdapat beberapa spot menarik seperti Taman Air, Bale Apung, Bale Tirtayasa, dan Hutan Partinah.

Untuk masuk ke taman ini tidak dikenai biaya sama sekali atau gratis. Jam bukanya dimulai dari pukul 07.00-17.00 WIB.

 

5. Kebun Teh Kemuning

Kalau lebih senang dengan wisata alam outdoor dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan, Anda bisa coba berwisata ke Kebun Teh Kemuning yang terletak di Jalan Sumbersari, Keluarahan Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, tepat di lereng timur Gunung Lawu.

Jarak dari tempat ini ke pusat Kota Solo memang lumayan, tetapi lelahmu akan terbayar setelah melihat pemandangan asri dari ketinggian sekitar 1000 meter di atas permukaan laut. Di lokasi wisata ini, pengunjung bisa menikmati keindahan Kebun Teh Kemuning dengan berjalan kaki, bersepeda, atau naik jip.

Di kawasan ini juga terdapat spot foto menarik yang disebut Bukit Teletubbies. Wisatawan juga bisa mengunjungi Jembatan Kaca dan Rumah Teh Ndoro Donker yang bersejarah. Tiket masuk ke area perkebunan teh ini dipatok seharga Rp10 ribu per orang, baik akhir pekan maupun hari biasa.  Jam operasional wisata dimulai dari pukul 08.00-16.00 WIB.

4 dari 4 halaman

6. Pura Mangkunegaran

Rasanya tidak akan pas kalau ke Solo tetapi tidak mengunjungi destinasi yang satu ini. Pura Mangkunegaran yang indah dan penuh sejarah tersebut terletak di Jalan Ronggowarsito, Kelurahan Keprabon, Kec.amatan Banjarsari, Kota Surakarta atau hanya berjarak 2 km dari Stasiun Solo Balapan.

Pura Adipati Mangkunegara ini menawarkan beberapa atraksi budaya dan kuliner bagi wisatawan yang berkunjung seperti, mengunjungi museum, latihan tari tradisional di pendopo, berjalan-jalan di area Pura yang menawan sambil berfoto ria, hingga makan dan bersantai di resto Pracima Tuin yang mewah. Untuk tempat terakhir, wajib reservasi dulu karena banyaknya peminat yang hendak makan di sana.

Tiket masuk ke dalam Pura Mangkunegaran dihargai Rp 20 ribu untuk wisatawan lokal dan Rp40 ribu untuk turis mancanegara. Destinasi wisata ini buka mulai pukul 09.00-15.00 WIB.

Dikutip dari laman Bisnis Liputan6.com, 4,4 juta orang diprediksi bepergian naik pesawat saat libur lebaran 2024 ini. Dari total 4,4 juta orang, proyeksi penumpang domestik diperkirakan sebesar 3,6 juta orang dengan rata-rata penumpang harian sebesar 224.650 atau naik sebesar 9 persen dibandingkan 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini