Sukses

15 Makanan yang Enak Menemani Momen Lebaran di Rumah, Sudah Tahu Mau Masak yang Mana?

Cek dulu rekomendasi 15 makanan yang enak menemani momen Lebaran di rumah berikut ini yuk! Siapa tahu bisa jadi rekomendasi yang membuat hidangan di meja makan lebih variatif.

Liputan6.com, Jakarta Lebaran hanya tinggal menghitung hari saja, sudah punya rencana membuat daftar makanan yang enak untuk mengisi meja makan? Ya, bukan rahasia lagi kalau Lebaran sering menjadi momen kumpul bersama keluarga dan kerabat yang lama tak jumpa. Jika di hari biasa disibukkan dengan berbagai pekerjaan dan urusan lain yang membuat silaturahmi jadi terlupakan, maka saat Lebaran menjadi momen yang tepat untuk kembali menyambung tali silaturahmi bersama orang-orang terdekat.

Bicara soal momen kumpul keluarga, kurang lengkap dong tanpa makanan favorit yang menemani. Tapi, masih sering dibuat bingung agar sajian Lebaran di rumah jadi lebih bervariasi dan nggak terkesan itu-itu saja? Cek dulu rekomendasi 15 makanan yang enak menemani momen Lebaran di rumah berikut ini yuk! Siapa tahu bisa jadi rekomendasi yang membuat hidangan di meja makan lebih variatif.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 14 halaman

1. Ketupat dan Opor Ayam

Ngobrolin soal hidangan Lebaran, menu yang satu ini jelas nggak boleh terlewat. Ya, ketupat dan opor ayam seakan sudah menjadi tradisi sebagai hidangan khas Idul Fitri di Indonesia. Tiap berkunjung ke rumah saudara atau tetangga, pasti bakal menjumpai hidangan yang satu ini.

Ketupat yang hadir sebagai sajian Lebaran ternyata juga memiliki makna filosofis tersendiri, lho. Ketupat kabarnya berasal dari kata 'ngaku lepat' atau mengakui kesalahan yang menjadi inti dari momen silaturahmi Idul Fitri. Nah, menariknya lagi kabarnya kedua makanan ini sudah mulai jadi tradisi Lebaran sejak zaman Sunan Kalijaga di abad ke-19, lho.

3 dari 14 halaman

2. Sayur Lodeh

Selain opor ayam, sayur lodeh juga menjadi makanan yang enak dan favorit selama momen Lebaran. Ya, hidangan yang satu ini nyaris bisa ditemukan di berbagai rumah untuk mendampingi ketupat dan opor ayam yang disajikan.

Nah, di Indonesia sendiri ada beberapa variasi sayur lodeh yang bisa menemani momen Lebaranmu. Mulai dari labu siam, nangka muda, kacang panjang, hingga tahu dan tempe. Sayuran bersantan ini memiliki cita rasa yang sedap dan gurih sehingga sangat cocok dinikmati bersama ketupat dan opor ayam.

4 dari 14 halaman

3. Sambal Goreng Hati dan Kentang

Makanan yang enak menemani momen Lebaran selanjutnya adalah sambal goreng hati dan kentang. Menu yang satu ini menggunakan bahan dasar hati, ampela ayam dan potongan kentang yang dimasak dengan olahan bumbu sambal merah. Cita rasa pedas gurih tersaji dari masakan yang satu ini.

Kebayang dong kombinasi ketupat, opor ayam, dan sambal goreng hati kentang menciptakan variasi kelezatan hidangan yang nendang banget. Nah, menu-menu ini banyak tersaji di meja makan keluarga ketika Lebaran tiba. Siapa yang sudah nggak sabar menikmatinya nih?

5 dari 14 halaman

4. Rendang

Sajian khas Padang yang satu ini nggak hanya sering dinikmati saat makan sehari-hari saja. Rendang juga sering menjadi menu favorit saat silaturahmi Lebaran tiba. Ya, olahan daging sapi yang empuk dikombinasikan dengan bumbu rendang khas yang cita rasanya nendang banget membuat masakan yang satu ini selalu jadi favorit.

Umumnya rendang dibuat dengan mengolah daging sapi, santan, dan rempah-rempah. Namun, daging sapi ini juga bisa diganti dengan bahan utama lainnya sesuai selera seperti daging ayam, paru, limpa, atau bebek.

Proses memasak rendang memakan waktu yang cukup lama, umumnya sekitar 4 jam hingga santan mengental dan potongan daging menjadi berwarna pekat. Sudah kangen menikmati sajian rendang yang khas saat hari raya nanti?

6 dari 14 halaman

5. Gulai Nangka Khas Medan

Kalau mau menyajikan makanan yang enak untuk Lebaran, tapi ingin yang lebih bervariasi dan beda, gulai nangka khas Medan bisa jadi pilihan yang pas nih. Makanan yang satu ini memang lebih familiar bagi keluarga yang berasal dari Medan. Namun, kelezatannya juga nggak kalah menggoda dan bisa dinikmati siapa saja kok.

Gulai nangka sendiri memiliki bumbu yang mirip dengan gulai pada umumnya. Isiannya sendiri adalah nangka yang dikombinasikan dengan tambahan daging iga sapi. Kuahnya sendiri kaya rempah yang membuat cita rasa masakan jadi terasa makin nendang.

7 dari 14 halaman

6. Ayam Bumbu Anam Khas Palembang

Kalau di Palembang, hidangan khas Lebaran yang paling umum dan sering disajikan di meja makan adalah ayam bumbu anam. Menu yang satu ini ibarat opor ayam khas Palembang, namun dengan tekstur dan warna yang lebih mirip gulai.

Hidangan yang satu ini identik dengan kuah santan kental dengan cita rasa gurih. Tambahan beberapa rempah khas ke dalam bumbunya juga menjadikan menu yang satu ini benar-benar berlemak dengan sensasi rempah yang begitu kuat. Cocok banget disajikan di meja makanan sebagai salah satu makanan yang enak menemani momen Lebaran di rumah.

8 dari 14 halaman

7. Semur Daging

Bingung mencari referensi makanan yang enak untuk Lebaran? Kalau ingin mengolah yang berbahan dasar daging, semur daging bisa jadi pilihan yang tepat nih. Biasanya masakan yang satu ini jadi alternatif olahan daging selain rendang karena cara pembuatannya yang lebih simpel, tapi cita rasanya nggak kalah lezat.

Semur daging adalah olahan daging yang dimasak dengan kecap manis dan rempah-rempah khas Indonesia lainnya. Kombinasi ini menciptakan cita rasa yang identik dengan manis dan gurih. Cocok banget jadi penyeimbang rasa masakan Lebaran lainnya, seperti opor ayam dan sayur lodeh yang identik dengan santan.

9 dari 14 halaman

8. Soto Banjar

Bagi yang ingin menyajikan inspirasi menu makanan saat Lebaran yang nggak biasa, Soto Banjar bisa jadi alternatif yang tepat. Sesuai namanya, hidangan yang satu ini merupakan makanan khas Banjarmasin yang sering hadir dalam berbagai perayaan, termasuk Idul Fitri.

Soto Banjar memiliki bahan utama ayam yang diolah dengan kombinasi rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkeh untuk menciptakan sensasi rasa yang mantap banget. Kuahnya sendiri dicampur dengan sedikit susu sehingga menghasilkan kuah yang sedikit keruh jika dibandingkan dengan kuah soto lainnya.

9. Sate Ayam

Sate ayam juga sering masuk dalam daftar menu Lebaran yang enak dan disukai oleh banyak orang. Meskipun dalam sejarahnya sate merupakan kuliner yang terinspirasi oleh negara Timur Tengah, namun banyak sate dengan bumbu khas Indonesia yang punya cita rasa lezat dan cocok menemani momen Lebaran.

Umumnya jenis sate yang banyak disajikan adalah sate Madura yang dilumuri dengan bumbu kacang dan kecap manis. Namun, jenis sate lain seperti Sate Padang dan Sate Lilit juga nggak kalah menggoda dan tetap cocok menemani momen perayaan yang satu ini.

10 dari 14 halaman

10. Bakso

Kalau ingin menyajikan variasi masakan yang seimbang saat Lebaran nanti, bakso jangan sampai ketinggalan ya! Ya, menu yang satu ini juga sering jadi incaran saat Lebaran, ketika orang-orang sudah mulai bosan hidangan bersantan.

Bakso dengan kuah bening bisa jadi penyegar 'timeline' makanan di meja makan yang pasti jadi rebutan. Cara penyajiannya juga mudah kok, jika sudah ada stok bakso daging ayam atau daging sapi di kulkas, tinggal buat kuahnya dan campurkan dengan mie, tahu, siomay, gorengan, atau isian lain favoritmu. Jangan lupa siapkan sambal yang bisa bikin cita rasanya makin nendang ya!

11 dari 14 halaman

11. Nastar

Selain menyiapkan makanan berat untuk santap bareng keluarga dan tamu lain yang datang, jangan lupa juga siapkan makanan yang enak berupa kue dan cemilan yang bisa menemani momen silaturahmi dan berbagi cerita. Misalnya saja nastar yang memang jadi salah satu kue kering wajib saat Lebaran.

Kue yang satu ini pasti sudah nggak asing lagi, umumnya berbentuk bulat dengan isian selai nanas yang manis. Seiring dengan perkembangan zaman, ada banyak variasi nastar yang dijual. Mulai dari dengan hiasan cengkeh di atasnya, nastar keju, nastar matcha, dan masih banyak lagi. Namun, sajian nastar klasik yang hanya berisi selai nanas juga nggak pernah gagal memanjakan lidah.

12 dari 14 halaman

12. Kastengel

Meskipun bukan kue kering asli Indonesia, tapi bicara soal kue Lebaran pasti nggak bisa melewatkan jenis yang satu ini dari daftar. Ya, kastengel memang jadi salah satu kue ikonik yang menemani momen silaturahmi Lebaran.

Menggunakan keju sebagai bahan utama, sensasi kastengel yang asin dan gurih dengan tekstur renyah selalu berhasil bikin nagih. Nggak heran kalau makanan yang satu ini juga menjadi kudapan yang paling banyak diburu ketika momen kumpul bersama tiba.

13. Kue Putri Salju

Siapa nih yang paling tergoda dengan kue yang satu ini ketika Lebaran tiba? Umumnya kue salju berbentuk bulan sabit dengan taburan gula putih halus yang langsung lumer ketika dimakan. Jenis kue yang satu ini juga nggak pernah gagal menarik minat para tamu yang hadir ke rumah.

Meskipun populer di Indonesia sebagai kue Lebaran, tapi ternyata kue putri salju berasal dari Austria dan Jerman. Ya, kue ini juga populer di kedua negara tersebut yang sering disajikan selama libur Natal. Di Indonesia sendiri kue ini juga banyak disukai karena rasanya yang manis, cocok dengan lidah orang Indonesia.

13 dari 14 halaman

14. Lapis Legit

Selain kue kering berbagai variasi, makanan yang enak disajikan saat Lebaran juga bisa berupa kue atau cake. Salah satu rekomendasinya adalah lapis legit, kue asal Indonesia yang sempat diakui sebagai salah satu kue terenak di dunia.

Dalam sejarahnya, lapis legit merupakan salah satu kue yang tercipta di era kolonial Belanda, sehingga tak heran jika bentuknya mirip kue lapis Eropa. Cita rasanya yang manis dan legit di setiap gigitannya menjadikan kue yang satu ini favorit banyak orang.

14 dari 14 halaman

15. Brownies

Jenis kue lainnya yang bisa jadi alternatif sajian di rumah saat Lebaran adalah brownies. Si hitam manis yang satu ini memang nggak pernah gagal meramaikan acara apapun. Kehadiran brownies bisa melengkapi jenis makanan yang enak untuk momen Lebaran di rumah.

Seiring dengan berkembangnya tren kuliner, jenis atau varian brownies sendiri juga bermacam-macam. Mulai dari brownies panggang, kukus, hingga lumer yang belakangan viral. Toppingnya pun tak sebatas kacang dan keju saja tapi juga bisa menggunakan cokelat block, biskuit, matcha, dan masih banyak lagi.

Dari list makanan yang enak untuk Lebaran nanti, kira-kira mana nih yang mau kamu sajikan di rumah? Yuk, buruan persiapkan mulai sekarang biar bisa menikmati momen kumpul keluarga yang maksimal!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini