Sukses

Tinggalkan Bayinya 10 Hari di Rumah untuk Liburan Bareng Pacar, Ibu di AS Dipenjara Seumur Hidup

Seorang ibu tega meninggalkan bayinya sendirian selama 10 hari. Bayi tersebut tewas dengan kondisi yang sangat mengenaskan.

Liputan6.com, Jakarta - Insiden tragis menimpa seorang bayi yang berusia 16 bulan di Ohio, Amerika Serikat. Ia ditelantarkan ibunya, ditinggal sendiri di rumah, sementara ibunya asyik liburan bareng pacarnya selama 10 hari.

Kisah bayi bernama Jailyn pun menjadi viral. Mengutip CNN, Selasa, 26 Maret 2024, Jailyn ditinggalkan sendirian di ranjangnya dengan beberapa botol susu, menurut penuturan jaksa.

Dari rekaman kamera CCTV tetangga, terdengar jeritan bayi 16 bulan itu, termasuk sekitar jam 1 pagi, dua hari setelah ibunya pergi. Bayi itu merintih dan menangis dengan keras, tapi tidak ada yang datang menyelamatkannya. 

Setelah liburan ke pantai dan Detroit berakhir, Kristel Candelario, nama si ibu bayi kembali ke rumah pada Jumat, 16 Juni 2023. Ia menemukan putrinya telah meninggal. Candelario mengaku bersalah Februari 2024 atas satu dakwaan pembunuhan berat dan satu dakwaan membahayakan anak.

Saat menjatuhkan hukuman pada Senin, 18 Maret 2024, ahli patologi forensik, Elizabeth Mooney, mengatakan di ruang sidang Cleveland bahwa anak-anak mengalami kecemasan akan perpisahan yang paling ekstrem antara usia sembilan dan 18 bulan. Dia menceritakan hari-hari terakhir Jailyn yang menyiksa.

"Rasa sakit dan penderitaan yang dia alami tidak hanya berlangsung berjam-jam, bukan berhari-hari, tapi mungkin bahkan seminggu," kata Mooney sambil menahan air mata.

"Perasaan ditinggalkan selama berhari-hari, ditambah dengan rasa sakit karena kelaparan dan rasa haus yang ekstrem adalah jenis penderitaan yang menurut saya tidak dapat dipahami sepenuhnya oleh siapapun di antara kita," tambahnya.

Atas perlakuan kejam Kristel tersebut, hakim menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup tanpa kemungkinan pembebasan bersyarat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jailyn Ditemukan dalam Kondisi Dehidrasi dan Kurus

Faraglia mengatakan Jailyn ditemukan tergeletak di kasur yang dipenuhi air seni dan feses. "Hewan merawat bayinya dengan lebih baik," katanya.

Gadis itu kurus, dengan mata cekung, bibir kering, dan kotoran di mulut dan kuku jarinya. Berat badannya berkurang tujuh pon (sekitar tiga kilogram) dibandingkan saat kunjungan dokter terakhirnya dua bulan sebelumnya, kata Mooney.

Menurut keterangan penyelidik, Candelario ternyata telah meninggalkan Jailyn sendirian selama dua hari sebelum dia pergi berlibur. Dalam pernyataan yang telah disiapkan, ibunda Candelario, Ketty Torres, mengatakan putrinya telah berjuang melawan masalah kesehatan, termasuk penyakit mental dan pingsan.

Ketika putrinya berhenti minum obat, hal itu memperburuk depresi dan kecemasannya. Hal tersebut dikatakan berpengaruh pada keputusannya dalam mengambil keputusan. Candelario mengatakan kepada pengadilan bahwa dia berdoa setiap hari untuk pengampunan, menambahkan bahwa dia percaya Tuhan dan Jailyn telah memaafkannya.

"Saya tidak mencoba untuk membenarkan tindakan saya, tapi tidak ada yang tahu seberapa besar penderitaan saya dan apa yang saya alami," katanya.

3 dari 4 halaman

Disebut Kasus Paling Mengerikan

Penjatuhan hukuman tersebut menandai berakhirnya kasus suram ini. Para penyelidik yang terlibat menggambarkannya sebagai kasus paling mengerikan yang pernah mereka saksikan dalam karir mereka. Aparat penegak hukum, termasuk Sersan Polisi Cleveland, Teresa Gomez, menahan tangis saat menggambarkan kondisi bayi tersebut.

"Ini adalah kasus yang akan kami catat dalam pikiran dan hati kami selamanya," kata Gomez saat membacakan putusan.

Asisten Jaksa Wilayah Cuyahoga, Anna Faraglia, memutar video keamanan saat sang ibu sedang mengangkat kopernya ke mobil pada Selasa, 6 Juni 2023, dan kembali ke rumah pada Jumat, 16 Juni 2023. Beberapa menit setelah dia kembali, Candelario sempat menelepon 911.

"Tolong, saya butuh bantuan," ratapnya dalam panggilan 911 yang diputar selama sidang. "Tolong, tolong, bantu aku. Putriku sedang sekarat."

Candelario telah mendandani Jailyn dengan pakaian bersih sebelum petugas tanggap darurat tiba, kata Jaksa. Namun, pakaian ganti tersebut tidak menyembunyikan kondisi yang dialami bayi kecil itu, dan kisah sedih Candelario mulai terkuak.

4 dari 4 halaman

Sindiran Pedas Hakim untuk Si Ibu yang Telantarkan Bayinya

Hakim Pengadilan Permohonan Umum Cuyahoga, Brendan Sheehan, menegurnya saat dia menjatuhkan hukuman. Dengan nada bicara yang tegas, dia mengatakan Candelario meninggalkan anaknya "terjebak di penjara kecil" selama berhari-hari, sementara dia sedang bersenang-senang.

"Ikatan antara ibu dan anak adalah salah satu ikatan yang paling murni dan sakral. Ini adalah hubungan yang dibangun atas dasar cinta, kepercayaan, dan perlindungan yang tak tergoyahkan. Anda melakukan tindakan pengkhianatan terakhir," kata Sheehan.

"Bayi kecil itu bertahan, menunggu seseorang untuk menyelamatkannya. Dan Anda dapat melakukannya hanya dengan panggilan telepon sederhana. Sebaliknya, saya melihat foto Anda di pantai, sementara anak Anda memakan kotorannya sendiri dalam upaya untuk bertahan hidup."

"Sama seperti Anda tidak membiarkan Jailyn keluar dari selnya sampai dia meninggal, Anda juga harus menghabiskan sisa hidup Anda di sel tanpa kebebasan," kata Sheehan. "Satu-satunya perbedaan adalah penjara setidaknya akan memberi Anda makan."

Saat menjatuhkan hukuman, detektif utama, T.J. Powell, mengatakan Jailyn tidak akan pernah dilupakan. Suaranya bergetar saat dia membaca puisi yang dia tulis untuk mengenangnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini