Sukses

Wisatawan Indonesia Terbanyak Berkunjung ke Singapura pada 2023, Sebagian Besar Berasal dari 3 Daerah

Sebanyak 2,3 wisatawan Indonesia telah mengunjungi Singapura pada tahun 2023. Jumlah tersebut adalah jumlah wisatawan tertinggi dibanding wisatawan dari negara lain,

Liputan6.com, Jakarta - Singapore Tourism Board (STB) mengungkapkan, pada 2023, sektor pariwisata negerinya mengalami pemulihan. Hal ini terbukti dari kedatangan pengunjung internasional atau turis asing ke Singapura  yang mencapai 13,6 juta di tahun 2023.

Menurut Executive Director Singapore Tourism Board (STB) South East Asia Terrence Voon, kedatangan pengunjung ini didorong oleh permintaan yang kuat dari pasar utama Singapura, yang dipimpin oleh Indonesia (2,3 juta), Tiongkok (1,4 juta), dan Malaysia (1,1 juta).

"Sebanyak 2,3 wisatawan Indonesia telah mengunjungi Singapura pada tahun 2023. Jumlah tersebut adalah jumlah wisatawan tertinggi dibanding wisatawan dari negara lain, jad yang terbanyak di tahun lalu adalah dari Indonesia," ungkap Terrence Voon dalam jumpa pers dan buka bersama di salah satu hotel di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 26 Maret 2024.

"Wisatawan dari Indonesia banyak yang menghadiri berbagai event di Singapura. Seperti baru-baru ini konser Taylor Swift yang banyak ditonton warga Jndonesia. Kami melihat bahwa Singapura tetap menjadi tujuan wisata dan bisnis yang menarik. Indonesia merupakan pasar utama dan penting bagi Singapura, dan kami akan terus membina dan memperkuat kemitraan dengan para pemangku kepentingan industri untuk mendorong pertumbuhan pariwisata,” lanjutnya.

Ia menambahkan, wisatawan dari Indonesia paling banyak berasal dari tiga daerah yaitu Jakarta, Surabaya dan Kepulauan Riau yang jaraknya cukuo dekat dengan Singapura.  Untuk lebih menarik perhatuan wisatawan, pihaknya meluncurkan kampanye pemasaran global terbarunya bertajuk Made in Singapore di Indonesia.

"Kampanye terbaru ini untuk menarik perhatian para wisatawan dan menginspirasi mereka untuk memilih Singapura sebagai tujuan wisata berikutnya, dengan fokus pada bagaimana Singapura mengubah momen sehari-hari menjadi pengalaman yang luar biasa bagi para wisatawan,” tuturnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Wisata Belanja dan Jewel Changi

Dalam kesempatan yang sama, Indriati Permanasari selaku Manager Indonesia International Group STB mengatakan, sejumlah destinasi wisata di Singapura memang telah mendunia, di antaranya Jewel Changi, Marina Bay Sands, Garden by The Bay, Universal Studio Singapore, Genting Dream Destination Cruises, Trifecta, SEA Oceanarium, Bird Paradise, dan lain sebagainya.

Namun di antara sekian banyaknya destinasi wisata, menurut Indriati, Jewel Changi dan wisata belanja paling digemari warga Indonesia.

"Banyak yang penasaran dengan air terjun di bandara Changi Jewel Changi, rasanya seperti mandi kalau berada di wahana ini. Kalau untuk belanja, kawasan Orchad masih jadi favorit wisatawan termasuk dari Indonesia,” kata Indriati.

Ia menambahkan, sejumlah wahana baru dan event sedang disiapkan dalam waktu dekat ini dan di awal tahun depan. Salah satunya adalah Harry Potter: A Forbidden Forest Experience di Sentosa Island. Wahana yang ditujukan buat para penggemar Harry Potter ini baru saja dibuka pada Februari kemarin.

3 dari 4 halaman

Singapore Sidecars dan USS

Tak hanya wahana, ada pula fasilitas Singapore Sidecars untuk merasakan sensasi berbeda mengelilingi sejumlah area di Singapura. "Pengalaman memakai sidecars saat jalan-jalan di sejumlah wilayah di Singapura bisa jadi pengalaman unik dan berbeda yang dapat Anda rasakan. Memakai sidecars bisa jadi pilihan untuk melihat langsung Kota Singapura,” jelas Indriati.

Sidecar merupakan armada yang dimodifikasi dengan tambahan seperti tempat yang terpasang di samping vespa dan motor. Tambahan tempat ini membuat penumpang merasa nyaman karena tempat duduk yang lebih luas.

Jadi pengemudi atau riders dari Singapore Sidecars dapat membawa Anda keliling tempat di Singapura yang ingin lewati dan nikmati. Anda bisa duduk manis di tempat tambahan tersebut sambil menikmati jalan-jalan di Singapura.

Anda bisa langsung memotret atau mengambil foto secara langsung yang menarik perhatian. Ada pula wahana baru yang akan menarik perhatian para penggemar Minion dari Despicable Me di Universal Studios Singapore (USS). Karakter fiksi kuning yang populer ini akan menggantikan zona Madagaskar di USS.

4 dari 4 halaman

a

Selain iitu ada sejumlah event yang digelar, salah satunya adalah Bazaar Raya Geylang Serai yang merupakan acara tahunan! Anda bisa menelajahi pasar yang ramai dihiasi dengan kios-kios berwarna-warni yang menawarkan berbagai makanan tradisional Melayu dan Muslim, pakaian, dekorasi, dan banyak lagi. Acara ini berlangsung pada 8 Maret hingga 9 April 2024.

STB juga mempromosikan Singapura sebagai destinasi wisata ramah muslim karena mempunyai banyak tempat makan halal mulai dari warung jalanan atau street food sampai restoran mewah. Mereka pun menggandeng penyanyi terkenal asal Swedia, Maher Zain untuk mempromosikan wisata halal di Singapura.

Usaha STB lainnya dalam berpromosi di Indonesia adalah membuat papan reklame elektronik di Jkawasan Bundaran HI di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Serangkaian video animatronik 3D menampilkan beragam tempat dan atraksi wisata di negeri Singa tersebut.

Promosi itu juga merupakan bagian dari kampanye “Made in Singapore” yang diluncurkan pada Oktober 2023 lalu. Pengalaman visual yang berlangsung hingga 21 Maret 2024 ini merupakan bagian dari rangkaian aktivasi global yang meliputi Tiongkok, India, Inggris dan Amerika.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.