Sukses

Jumlah Pemudik 2024 Bakal Naik 70 Persen, Simak Cara Mudik Lebih Aman dan Nyaman dengan Kapal Feri

Salah satu sarana transportasi yang banyak digunakan saar mudik Lebaran adalah kapal feri. Untuk itu, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) berusaha meningkatkan kerja sama dengan agen perjalanan daring untuk memudahkan masyarakat melakukan penyeberangan antar pulau.

Liputan6.com, Jakarta - Data Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyebutkan, diprediksi bakal ada lonjakan pemudik di tahun 2024 ini yaitu sebesar 70 persen, bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Salah satu sarana transportasi yang banyak digunakan saar mudik Lebaran adalah kapal feri.

Untuk itu, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) berusaha meningkatkan digitalisasi layanan pemesanan tiket kapal feri melalui kerja sama dengan agen perjalanan daring tiket.com untuk memudahkan masyarakat melakukan penyeberangan antar pulau.

"Kita berharap lewat Kerja sama dengan tiket.com ini bisa terus meningkatkan kualitas layanan agar semua orang lebih mudah mengakses tiket kapal feri," terang Corporate Secretary PT ASDP Shelvy Arifin dalam konferensi pers di kantor tiket.com di kawasan Jakarta Barat, Senin, 25 Maret 2024.

Shelvy mengatakan, ASDP telah melakukan digitalisasi layanan sejak tahun 2018, di mana implementasi pemesanan tiket secara daring telah diterapkan sejak tahun 2020. Saat ini, ASDP telah menerapkan pemesanan tiket secara daring menggunakan aplikasi Ferizy di 24 pelabuhan dari 36 pelabuhan yang dikelola.

Pada akhir tahun 2024 ditargetkan seluruh lintasan yang dilayani ASDP telah menerapkan pemesanan secara daring. Shelvy menyebut, tiket.com merupakan online travel agent (OTA) pertama yang bekerja sama dengan PT ASDP sehingga diharapkan dapat meningkatkan digitalisasi layanan yang telah diterapkan.

"Kami sudah tidak menjual tiket di pelabuhan, seluruhnya online. Apalagi sebentar lagi momen libur Lebaran, jadi supaya lebih teratur," ucap Shelvy.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penjualan Tiket Daring

Menanggapi bakal bertambahnya jumlah pemudik di Lebaran tahun ini, Shelvy membagikan tips atau cara pada para pemudik agar bisa melakukan perjalanan lebih aman dan nyaman. Ia menyarankan kepada semua pengguna jasa penyeberangan yang akan berpergian dengan kapal feri agar mempersiapkan perjalanan sejak jauh hari, terutama bagi pemudik agar perjalanan dapat berjalan lebih lancar, dan selamat.

"Khususnya di lintas Merak-Bakauheni, dan Ketapang-Gilimanuk, ASDP mewajibkan pengguna jasa membeli tiket secara daring sebelum keberangkatannya," ujarnya. Ia menambahkan, sebaiknya membeli tiket sejak jauh hari.

ASDP sendiri sudah membuka penjualan tiket daring sejak 60 hari sebelum hari keberangkatan. Dengan melakukan reservasi perjalanan lebih awal maka perjalanan menjadi lebih terjamin, lebih aman, tidak perlu mengantre, dan pastinya lebih nyaman.

"Hal ini demi kelancaran dan kenyamanan selama penyeberangan, pastikan pengguna jasa sudah memiliki tiket maksimal H-1 keberangkatan," kata Shelvy. Sejak diluncurkan di tiket.com, pembelian tiket feri terus menunjukkan peningkatan, terutama di minggu pertama Ramadhan yang naik sebesar 10 persen dibandingkan minggu sebelumnya.

 

3 dari 4 halaman

Kenaikan Pemesanan Tiket Transportasi

"Kami optimistis pemesanan tiket feri akan terus meningkat menjelang hari-H Lebaran. Sekarang ini kami memang baru melayani pembelian tiket untuk Merak-Bakauheni (PP) dan Ketapang-Gilimanuk (PP). Berdasarkan data di tiket.com, pemesanan tiket di platform kami paling banyak datang dari rute Merak-Bakauheni, dan diikuti rute Bakauheni-Merak,” timpal Julian Martin selaku Head of Ground Transportation, tiket.com dalam kesempatan yang sama.

Tingginya antusiasme pemudik di tahun ini juga bisa dilihat dari kenaikan pemesanan tiket transportasi yang sangat signifikan di tiket.com, yakni mencapai 60,8 persen dibandingkan pada 2023. Sedangkan untuk pemesanan akomodasi dan atraksi wisata atau aktivitas hiburan masing-masingnya mengalami peningkatan 18,4 persen dan 16,5 persen di tahun ini.

Dari peningkatan pada pembelian tiket transportasi, pemesanan tiket kereta api di tiket.com adalah yang paling diminati. Jika dibandingkan periode libur Lebaran 2023, pemesanan tiket kereta api ke berbagai rute di tahun ini meningkat sebesar 60,9 persen Sejumlah destinasi terpopuler di antaranya Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, dan Cirebon.

4 dari 4 halaman

Puncak Arus Mudik

"Kita fokus pada customer-centric dan ingin terus memberikan yang terbaik. Di antaranya seperti saat kebutuhan transportasi menjadi salah satu yang paling dicari seperti sekarang ini. Untuk memastikan siapapun tetap bisa mudik, kita ikut berekspansi dan mendorong sobat tiket agar menjelajahi opsi transportasi terbaru di platform kami, seperti kapal feri, bus, dan shuttle," terang Gaery Undarsa, Co-Founder & Chief Marketing Officer, tiket.com.

Selain menawarkan opsi transportasi yang lebih beragam untuk mudik tahun ini, tiket.com juga mengadakan program Tiket Hari Raya (THR) Pol-polan yang berlangsung mulai Senin, 25 Maret hingga 3 April 2024. Anda bisa mendapatkan penawaran harga terbaik untuk segala jenis transportasi, akomodasi, hingga atraksi dan aktivitas hiburan.

Dengan diskon hingga 45 persen dan extra cashback sampai Rp575.000,00, Anda bisa bepergian untuk berkumpul bersama keluarga serta merayakan kebersamaan dengan orang-orang terdekat Anda.

Di Lebaran tahun ini, jumlah pergerakan diprediksi mencapai 167,2 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik pada H-7 hingga H+7 Lebaran 2024. Puncak arus mudik penyeberangan diprediksi terjadi pada Sabtu, 6 April 2024 atau H-4 dan Minggu, 7 April 2024 atau H-3.  Untuk puncak arus balik Lebaran diprediksikan terjadi pada Minggu, 14 April 2024 atau H+3 dan Senin, 15 April 2024 atau H+4.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini