Sukses

Anwar Hadid Unggah Potret Umrah di Makkah Saat Ramadan, Pakai Ihram hingga Kurta

Potret Anwar Hadid melaksanakan umrah membuat sebagian warganet kaget karena pada 2019, fotonya sedang dibaptis beredar di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Pada Minggu, 17 Maret 2024, Anwar Hadid mengunggah sederet fotonya melaksanakan umrah di Makkah saat bulan Ramadan. Dalam foto pertama, ia terlihat mengenakan pakaian ihram dengan latar jemaah sedang bergerak di antara Safa dan Marwah untuk melaksanakan sai, salah satu rukun umrah.

Dalam foto berbeda, adik dari Gigi dan Bella Hadid itu berpose bersama teman-teman lelakinya mengenakan kurta di pelataran luar Masjidil Haram. Rambut keritingnya juga sudah dicukur, tanda ia telah melaksanakan tahalul untuk menyelesaikan ibadah umrah. 

"Umrah with my real brothers!!! Will under God. Eternally grateful for these moments. Now back home. (Umrah bersama saudara-saudaraku!!! Di bawah kehendak Tuhan. Bersyukur selamanya atas momen-momen ini. Sekarang kembali ke rumah)," tulisnya sebagai keterangan unggahan tersebut.

Keluarga, rekan, dan warganet sontak menanggapinya. Sang ibu, Yolanda Hadid, meninggalkan emotikon hati berwarna hitam. Sementara, supermodel berkebangsaan Belanda, Imaan Hammam, mengetikkan emotikon hati berwarna putih disertai gambar tangan sedang berdoa.

"May Allah accept and grant all your duas my brother. (Semoga Allah menerima dan mengabulkan semua doa-doamu saudaraku)," tulis seorang warganet.

Ada pula yang mengingatkan agar Anwar mendoakan kebebasan warga Palestina yang saat ini mengalami krisis kemanusiaan akibat serangan Israel yang bertubi-tubi. "Semoga Tuhan memberkahi hatimu Anwar, mungkin pemahamanmu soal bahasa Arab atau Quran terbatas tapi kamu sekarang berada di salah satu tempat tersuci di dunia. Terhubunglah dengan jiwa Anda dan Anda akan menemukan kesembuhan, doakanlah orang-orang Palestina," imbuh yang lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Foto Dibaptis Sempat Beredar

Berita tentang Anwar umrah mengejutkan sejumlah warganet. Pada Agustus 2019, beredar fotonya tengah berada di pinggir pantai di Malibu, California, Amerika Serikat. Disebutkan bahwa ia di sana bukan untuk berlibur, melainkan untuk menjalani pembatisan.

Mengutip kanal Showbiz Liputan6.com, foto itu pertama kali diunggah oleh pendeta Lovy L Elias di akun Instagram pribadinya. Di foto tersebut, Anwar Hadid terlihat basah kuyup di pantai. Wajah pria dalam foto tak begitu terlihat karena ia sedang menunduk. Namun, ragam tato yang menghiasi tangannya semakin memperkuat bahwa sosok yang tengah dibaptis tersebut memang benar Anwar Hadid.

Apalagi, pendeta Lovy L Elias juga menyertakan akun Instagram resmi adik Gigi dan Bella Hadid ini dalam unggahannya. "Kehadiran Roh Kudus sangat KUAT di pembaptisan pada minggu lalu," tulis pendeta Lovy L Elias, baru-baru ini. Selain di akun sang pendeta, foto yang sama juga dibagikan di akun Instagram Revelation Church. 

3 dari 4 halaman

Mengaku Dibesarkan dalam Keyakinan Berbeda

Sang kakak, Bella Hadid memberikan pendapatnya di kolom komentar Instagram sang adik. "Kami akan mendukungmu dalam melalui perjalanan ini," begitu Bella menulis.

Anwar Hadid pernah mengungkapkan perihal perbedaan keyakinan di dalam keluarganya. Dalam sebuah wawancara dengan Executive Style pada 2018 lalu, ia mengklaim bahwa sejak kecil ia dibesarkan di lingkungan keluarga yang memiliki sikap toleransi ke sesama meskipun berbeda keyakinan.

"Ayahku seorang muslim, ibuku Kristen yang menjadi muslim saat menikahi (ayahku), tapi saat tumbuh besar kami merayakan Natal. Ayah baptisku adalah orang Yahudi dan di timku ada beberapa penganut Kristen yang taat," tutur pria kelahiran 22 Juni 1999 yang berprofesi sebagai model dan vokalis band itu.

Anwar juga menambahkan, "Saya merasa beruntung bisa bepergian keliling dunia, sehingga saya dapat memahami perspektif dari semua sisi." Ia memiliki pemikiran bahwa sesama manusia harus menyatukan sebuah tujuan terlepas dari apa yang diyakini.

4 dari 4 halaman

Vokal Suarakan Kondisi Warga Palestina

Meski tak sekencang Bella, Anwar juga menunjukkan kepedulian yang sama untuk warga Palestina, tanah kelahiran ayahnya, Mohamed Hadid. Pada 15 Maret 2024, ia sempat mengunggah cerita dari Ali, seorang pria yang tinggal di Gaza.

Dalam unggahan tersebut, ia menyatakan tidak pernah menyangka bahwa perang itu akan menghancurkan segala yang sudah dibangun selama 28 tahun terakhir di Palestina. Dampak perang itu membuatnya menangis. Ia pun meminta tolong semua orang untuk membangkitkan kemanusiaan dan cinta agar mereka bisa bertahan dari genosida dan membangun kembali masa depannya.

Sebelumnya, ayah Anwar juga mengkritik pemerintah AS yang mendukung Israel melakukan genosida warga Gaza. Ia melampiaskannya pada Presiden Amerika Serikat Joe Biden yang dianggap bertanggung jawab atas berlanjutnya tragedi kemanusian di tanah kelahirannya.

Ia menyebut Biden sebagai 'penjahat zionis' dan mengklaim bahwa ia dan orang-orangnya akan diburu seperti Nazi karena mendukung Israel. Mengutip NY Post, Selasa, 5 Maret 2024, ia juga mengunggah cuplikan video seorang wanita yang mengatakan 'Persetan dengan Israel sampai akhir zaman' dan menyatakan 'Israel melakukan genosida di Jalur Gaza.'

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini