Sukses

2 Bandara Indonesia Masuk Daftar Bandara Terfavorit Pelanggan di Dunia Versi ACI

Daftar bandara terfavorit ini disusun berdasarkan survei pada 600 ribu pelanggan di seluruh dunia terkait layanan bandara di 109 negara selama 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Melalui penghargaan Airport Service and Quality (ASQ), Airport Council International (ACI) merilis daftar bandara terfavorit pelanggan. List-nya terbagi dalam beberapa kategori, yakni Bandara Terbaik Berdasarkan Ukuran, Bandara dengan Staf Paling Berdedikasi, Akses Bandara Termudah, Bandara Paling Menyenangkan, dan Bandara Paling Bersih.

Daftar ini disusun berdasarkan survei pada 600 ribu pelanggan di seluruh dunia terkait layanan bandara di 109 negara selama 2023. Semua kategori ini dipisahkan menurut wilayah masing-masing bandara, yaitu Afrika, Amerika Latin dan Karibia, Amerika Utara, Asia-Pasifik, Eropa, serta Timur Tengah.

Melansir CNN, Minggu, 17 Maret 2024, di antara sembilan bandara, ada dua bandara dari Indonesia yang bersinar dalam lima kategori di ASQ, yaitu Sultan Hasanuddin International Airport, Sulawesi Selatan dan Yogyakarta International Airport (YIA).

Dua bandara Amerika Serikat (AS): Greenville-Spartanburg International Airport di Greer, Carolina Selatan; dan Gerald R. Ford International Airport di Grand Rapids, Michigan menduduki puncak dan urutan kedua untuk bandara terfavorit para penumpang  pesawat.

Kedua bandara ini jadi perwakilan Amerika Utara dan mengalahkan bandara-bandara besar, seperti Dallas Fort Worth International Airport di Dallas, Texas; dan Toronto Pearson International Airport, Kanada dengan memenangkan beberapa kategori penghargaan AQS.

Ini termasuk Bandara Terbaik di Amerika Utara dengan Penerbangan 2 hingga 5 Juta Penumpang per Tahun, Bandara dengan Staf Paling Berdedikasi di Amerika Utara, Akses Bandara Terbaik di Amerika Utara, Bandara Paling Menyenangkan di Amerika Utara, dan Bandara Paling Bersih di Amerika Utara

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2 Bandara AS Puncaki Daftar

Greenville-Spartanburg International Airport, dilansir dari laman bandara tersebut, memiliki banyak fasilitas kelas internasional. seperti layanan ATM 24 jam, taman, co-working space, ruang konferensi, galeri, serta museum.

Sementara itu, Gerald R. Ford International Airport menawarkan toko buku dan majalah, layanan membersihkan sepatu, dan pusat penyambutan bagi tentara yang pulang tugas, dikutip dari grr.org.

Hanya terdapat satu perwakilan Timur Tengah di dalam daftar, yaitu Salalah Airport, Oman yang berada di peringkat ke-7. Bandara yang berlokasi di kota pesisir Salalah di Kegubernuran Dhofar ini menawarkan beberapa keunggulan.

Dalam daftarnya termasuk multimedia corner, area bermain anak, area merokok, berbagai toko retail dan restoran, serta klinik medis di dalam kompleks bandara, dikutip dari situs resmi bandara tersebut.

Tidak ketinggalan, satu bandara dari benua Afrika bertengger di peringkat empat dalam daftar tersebut. Menurut laman resminya, Casablanca Mohammed V International Airport di Kota Casablanca, Provinsi Nouaceur, Maroko menawarkan berbagai layanan menarik untuk penumpang. seperti area VIP, layanan Fast-Track, dan Bar. 

3 dari 4 halaman

Bandara di Eropa

Terakhir, Jose Joaquín de Olmedo International Airport, atau juga dikenal Guayaquil International Airport, mendapat peringkat ke-6 dalam daftar bandara terfavorit pelanggan. Bandara ini jadi yang tersibuk di Ekuador dan dilengkapi layanan-layanan yang memanjakan penumpang, seperti tempat pijat, toko permen, apotek, dan 12 restoran di dalam bandara, dikutip dari tagsa.aero.

Eropa pun tidak ketinggalan. Wilayah itu memiliki dua perwakilan dalam daftar Bandara Terfavorit Penumpang di Dunia. Pada peringkat ketiga, ada Rome Fiumicino "Leonardo Da Vinci" International Airport di Italia. Pada laman resmi bandara, pihaknya menawarkan beberapa fasilitas menarik.

Dalam daftarnya termasuk area bermain hewan, gereja, serta layanan E-Gate, yaitu penggunaan paspor digital dalam pemeriksaan bandara. Selain Rome Fiumicino International Airport, ada Izmir Adnan Menderes International Aiport, Turki di urutan ke-5.

4 dari 4 halaman

Daftar Lengkap Bandara Terfavorit Pelanggan

Bandara yang terletak di Kota Izmir tersebut  memiliki beberapa keunggulan, seperti layanan isi ulang daya untuk kendaraan listrik, hotel dan agen perjalanan yang dikelola bandara, hingga shopping mall di dalam kompleks bandara.

Secara lengkap, berikut sembilan Bandara Terfavorit versi ACI:

  1. Greenville-Spartanburg International Airport di Greer, Karolina Selatan
  2. Gerald R. Ford International Airport di Grand Rapids, Michigan
  3. Rome Fiumicino "Leonardo Da Vinci" International Airport di Roma, Italia
  4. Casablanca Mohammed V International Airport di Casablanca, Maroko
  5. Izmir Adnan Menderes International Airport di Izmir, Turki
  6. José Joaquín de Olmedo International Airport di Guaya, Ekuador
  7. Salalah International Airport di Salalah, Oman
  8. Sultan Hasanuddin International Airport di Sulawesi Selatan, Indonesia
  9. Yogyakarta International Airport di Yogyakarta, Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.