Sukses

Anies Baswedan Ajarkan Putra Bungsunya Cara Presentasi, Warganet Siap Daftar Kalau Ada Kelas Gratis

Putra bungsu Anies Baswedan, Ismail Baswedan terlihat sangat aktif dan lincah meski sedang melafalkan presentasi bahasa Inggrisnya. Ia beberapa kali berputar-putar sambil mengucapkan beberapa kalimat.

Liputan6.com, Jakarta - Masa kontestasi politik yaitu Pemilu 2024 sudah selesai pada 14 Februari 2024 lalu. Namun unggahan Anies Baswedan  masih ramai beredar di media sosial dan tetap jadi perhatian warganet.

Salah satunya ketika dirinya melatih putra bungsunya, Ismail Hakim Baswedan untuk melakukan presentasi Ismail. Dalam video itu, putranya terlihat sangat aktif dan lincah meski sedang melafalkan materi presentasi.

Ia beberapa kali berputar-putar sambil mengucapkan beberapa kalimat yang menuai teguran halus dari sang ayah. Anies menanyakan kepada sang anak mengenai sikap ketika presentasi. 

"Ismail, pernah nggak orang presentasi kayak gini?" tanya Anies dengan menirukan liukan tubuh sang anak yang tak bisa diam dari video di akun TikTok @anies.words yang diunggah Senin, 11 Maret 2024.

Melihat ayahnya meliuk-liukan tubuhnya, Ismail pun tertawa dan mulai membenarkan posisinya. Tak lama pula Ismail tampak berlatih presentasi sambil duduk.

"Ismail nanti ujian skripsinya pasti gampang, soalnya dari kecil udah presentasi depan doktor (video dari Instagram bu fery: 13 Des 2018)," tulis pemilik akun dalam unggahannya yang berarti Ismail saat itu baru berusia 8-9 tahun.

Unggahan video itu lantas menarik perhatian warganet untuk berkomentar. Banyak yang berkomentar Ismail termasuk beruntung karena mendapat bimbingan langsung untuk melakukan presentasi dari seorang rektor, karena ayahnya memang pernah menjadi rektor. Ada juga yang berhapa Anies membuka kelas gratis untuk membagikan cara presentasi.

"Anak sekecil itu berhadapan dengan rektor," komentar seorang warganet.

"Saya mau ikut daftar kalau pa Anies buka kelas gratis pasti byk yg minat, hehe,” tulis seorang warhanet.

"Anak abah keren-keren ya, dari kecil dikasih ilmu bukan jabatan," kata warganet lain.

"Saya jaman kuliah masih presentasi mleyot-mleyot kayak Ismail," tulis warganet yang lain.

"Enaknya jadi Ismail, kalau ada pelajaran disekolah yg syulit tinggal nanya sama Abah😭,” ujar warganet lainnya.

Ismail adalah aku ketika sidang skripsi 🤣🤣,” timpal warganet lainnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pendidikan Anak-anak Anies Baswedan

Di masa kampanye Pemilu 2024, tak hanya Anies Baswedan yang disorot tapi juga istrinya, Fery Farhati Ganis dan anak-anak mereka. Pasangan Anies dan Fery Farhati Ganis yang menikah pada 11 Mei 1996, dikaruniai empat orang anak.

Kepopuleran Anies Baswedan membuat publik penasaran dengan anak-anaknya. Terlepas dari profesinya yang cukup lama bergelut di bidang pendidikan, Anies diketahui memiliki kepedulian tinggi pada lingkup sosial maupun keluarga. Beberapa kali gaya parenting Anies dan sang istri dalam mendidik anak juga mengundang banyak pujian.

Mutiara Annisa Baswedan merupakan anak sulung dari Anies Baswedan dan Fery Farhati. Wanita kelahiran 3 Juni 1997 ini adalah alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Mutiara pernah mengikuti ajang pertukaran pelajar di Denmark pada 2014 melalui AFS dan Bina Antarbudaya.

Selain itu, lulusan SMA Labschool Kebayoran ini juga pernah mewakili kampusnya di ajang National Model United Nations 2018. Pada 2019 wanita yang biasa disapa Tia ini juga berhasil lolos Program Youth Ambassador Amerika Serikat serta menjadi salah satu finalis Duta Muda ASEAN Indonesia. 

 

3 dari 4 halaman

Mutiara dan Mikail Baswedan

Beberapa bulan yang lalu, Tia telah melangsungkan pernikahan dengan Ali Saleh Alhuraiby. Keduanya menikah di Jakarta pada 29 Juli 2022 lalu.

Mikail Azizi Baswedan adalah anak kedua sekaligus anak laki-laki pertamanya Anies Baswedan dan Fery Farhati. Tak hanya fokus pada pendidikan, pria kelahiran 23 April 2000 ini tetap menjalankan beberapa hobinya seperti bermain musik dan berolahraga.

Di tahun 2016, Mikail pernah terpilih menjadi peserta pertukaran pelajar dalam program United World College (UWC) bersama Iqbal Ramadhan. Menariknya, saat Mikail masih bayi, ia sempat tinggal di Amerika sampai 2005. Pada 2016 lalu, Mikail pernah terpilih menjadi salah satu peserta pertukaran pelajar saat duduk di bangku SMA.

Ia mengikuti pertukaran pelajar melalui program United World College (UWC). Namanya pernah ramai jadi perbincangan ketika berlaku sebagai khatib saat keluarganya melangsungkan salat Idul Adha pada 2021.

Saat itu, Anies yang bertindak sebagai imam didampingi oleh Mikail yang menjadi khatib dan memberikan ceramah. Momen berkesan ini dibagikan melalui unggahan di akun media sosial miliknya.

4 dari 4 halaman

Kaisar dan Ismail Baswedan

Kaisar Hakam Baswedan adalah anak ketiga dari Anies dan Fery yang lahir pada 21 Mei 2005 di Dekalb, Illinois, Amerika Serikat (AS). Kaisar yang kerap disapa Kai ini menempuh pendidikan SMP di Madrasah Tsanawiyah Pembangunan UIN Jakarta.

Ia kemudian masuk SMA Cikal di Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Namun pada September 2023, Kaisar berangkat ke Manchester, Inggris untuk persiapan melanjutkan pendidikan tinggi. Jika dilihat dalam akun Instagram pribadinya, Kaisar terlihat gemar berolahraga khususnya olahraga bola basket.

Sedangkan Ismail yang lahir pada 21 April 2009, kini sudah menduduki bangku SMP. Ismail juga gemar berolahraga khususnya sepak bola. Ia bahkan sempat mengikuti Indonesia Junior League U-11. Di usianya yang masih sangat muda,ia sudah meraih banyak prestasi dan termasuk yang peduli lingkungan.

Saat kelas 5 SD, ia membuat sebuah aksi kecil dengan menyelamatkan lingkungan yaitu Ocean Savers. Aksi ini adalah sebuah tugas dari sekolahnya, yang meminta dirinya untuk mencari satu masalah sesuai dengan minatnya dan berkaitan dengan Sustainable Development Goals dari PBB. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini