Sukses

Kemenparekraf Optimistis Pesawat Pikachu Jet GA1 Bisa Tingkatkan Minat Wisatawan ke Destinasi Wisata Lokal

Peluncuran pesawat Pikachu ini menurut Kemenparekraf jadi salah satu cara untuk menarik wisatawan baik wisatawan domestik dan internasional,karena penggemarnya Pokemon ini sangat luar biasa di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Garuda Indonesia berkolaborasi dengan The Pokémon Company baru saja meresmikan pengoperasian livery tematik Pikachu Jet GA-1. Peluncuran dilakukan di Hanggar 2 GMF AeroAsia di Tangerang, Kamis, 22 Februari 2024. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menilai kehadiran pesawat livery tersebut bisa meningkatkan daya tarik wisatawan domestik dan internasional.

"Ini jadi salah satu cara untuk menarik wisatawan, baik wisatawan domestik dan internasional. Karena penggemar Pokemon ini sangat luar biasa di dunia," ucap Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif (Kemenparekraf) Muhammad Neli Himam di Tangerang, Kamis.

Menurutnya, dengan cara penerapan konsep kreatif pada pesawat livery Garuda Indonesia seperti desain warna, grafik, dan identitas khas kartun Pokemon ini tersebut sangat berpengaruh terhadap peningkatan pariwisata di dalam negeri. Neil Himam menambahkan, daya tarik masyarakat terhadap Pokemon, khususnya penggemar karakter animasi itu tersebar di seluruh negara di dunia.

Hal itu pun menjadi salah satu momentum bagi Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan minat pariwisata di dalam negeri. "Seperti dikatakan pihak Garuda, ada kenaikan yang cukup signifikan terhadap penumpang travel. Jadi kita bisa nilai bahwa dengan adanya konsep seperti ini bisa menarik peningkatan pariwisata kita," jelasnya.

Dia juga mengungkapkan, jika konsep seperti Pikachu Jet GA1 ini diterapkan terhadap seluruh fasilitas transportasi dengan kreativitas yang lainnya, dinilai sangat efektif untuk meningkatkan daya tarik wisatawan ke berbagai destinasi wisata di dalam negeri.

"Jadi kalau kita pakai, ini lumayan efektif untuk mendatangkan penggemarnya ke kegiatan itu. Maka terjadi pergerakan peningkatan penumpang pesawat kita," ungkapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Desain Kartun Pokemon di Bagian Luar Pesawat

Neli Imam berharap, Pemerintah Indonesia akan menawarkan kepada pihak penyelenggara seperti The Pokemon Company untuk diajak kerja sama dengan media lain seperti di sektor transportasi darat yakni kereta dan bus.

"Untuk meningkatkan wisatawan di Indonesia sendiri saat ini dari tahun ke tahun cukup positif, ada hampir ratusan juta lebih mengalami peningkatan. Dan saat ini kami sedang melakukan evaluasi target-target yang ada dengan menyesuaikan kondisi saat ini," tuturnya.

Sebelumnya, maskapai penerbangan nasional PT Garuda Indonesia (Persero) meluncurkan pesawat Livery bernama Pikachu Jet GA1 dengan corak desain kartun Pokemon. Dari desain livery pesawat yang ditampilkan itu menunjukkan gambar sepuluh tokoh Pokemondi kedua sisi pesawat, yaitu Pikachu, Squirtle, Horsea, Eevee, Aipom, dan lainnya. Gambar Pokemon lalu diselaraskan dengan tema keindahan budaya serta kekayaan alam dan laut Indonesia.

"Dengan adanya kerjasama ini merupakan salah satu upaya kita untuk mempromosikan perjalanan pesawat, supaya mereka yang memang gemar melakukan perjalanan jadi lebih menggembirakan," terang Direktur Utama PT Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra dalam kesempatan yang sama.

3 dari 4 halaman

Rute Penerbangan Pesawat Garuda-Pokemon

Garuda Indonesia mendesain livery pesawat yang menampilkan tokoh-tokoh dari kartu animasi Pokemonyang populer di dunia ini, merupakan salah satu strategi pihaknya dalam menarik para calon penumpang penerbangan di pesawat Garuda.

"Sebagai salah satu brand yang paling populer di dunia, tentunya livery pesawat yang menampilkan beberapa Pokemon, khususnya Pikachu," ujarnya Selain memiliki desain baru bertema Pokemondi badan pesawat, Garuda Indonesia juga akan menampilkan tokoh kartu tersebut di fasilitas lainnya.

Pihaknya akan menyediakan berbagai produk merchandise kolaborasi bersama Pokemon. Produk ini nantinya dapat diperoleh melalui kanal resmi penjualan GarudaShop.

"Penerbangan Garuda Indonesia juga akan dilengkapi layanan lain yang menggunakan tema Pokemon, termasuk di touch point penumpang," kata Irfan. 

Desain Pokemon yang diaplikasikan pada pesawat armada tipe B737-800NG tersebut, sudah mulai diterbangkan pertama kali pada Jumat, 23 Februari 2024 dengan rute Jakarta-Denpasar, Bali. Pikachu Jet GA1 di pesawat Garuda Indonesia direncanakan akan hadir selama lima tahun kedepan.

4 dari 4 halaman

Sandaran Kepala Bergambar Balon Pikachu

Selain Denpasar, rute lain yang akan dilayani oleh Pikachu Jet GA1 nantinya meliputi rute domestik seperti Jakarta, Batam, Medan, Palangkaraya, Malang, Balikpapan, Yogyakarta, Denpasar - Makassar pp, Merauke - Jayapura pp, dan rute internasional Surabaya - Singapura pp.

Di dalam pesawat Pikachu Jet GA1, bukan hanya bagian luarnya yang bertemakan Pokemon, tapi juga di bagian dalamnya. Yang langsung terlihat adalah headrest cover atau kain sandaran kepala bergambar balon Pikachu yang terdapat di semua kursi penumpang.

Kolaborasi tersebut juga mendapatkan apresiasi dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

"Upaya ini merupakan langkah inovatif untuk mengembangkan sektor pariwisata Indonesia dengan cara menarik wisatawan nusantara dan regional, khususnya para penggemar Pokemon untuk terbang bersama Garuda Indonesia ke berbagai destinasi di Indonesia," kata Sandiaga Uno di Jakarta, Sabtu, 24 Februari 2024, dikutip dari Antara.

Kerja sama melalui pengoperasian livery tematik Pikachu Jet GA-1 ini diharapkan juga sebagai pemantik bagi berbagai IP Indonesia untuk dapat terus berkembang dan mampu mencapai kesuksesan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.