Sukses

Kimberley Fransa Salim Siap Debut di VVUP, Idol K-pop Asal Indonesia Bertambah

Kimberley Fransa Salim diketahui bakal debut di VVUP bersama mantan trainee YG Entertainment yang semula disebut masuk dalam jajaran personel BABYMONSTER.

Liputan6.com, Jakarta Adalah Kimberley Fransa Salim, idol K-pop asal Indonesia yang segera debut bersama VVUP. Kemunculan Kim, begitu nama panggungnya, di teaser grup asuhan egoENT ini menciptakan gelombang kehebohan di media sosial.

"GUYSSS BANGUN TERNYATA KIM YANG PENYANYI DARI INDONESIA ITU BENERAN TERJUN KE KPOP AAAAA. Btw nama grupnya VVUP dan ada Kim Hyun Hee juga aaaa😭😭😭😭😭," begitu bunyi cuitan akun X, dulunya Twitter, menfess @starfess, Jumat, 23 Februari 2024.

Merujuk KProfiles, dikutip Sabtu (24/2/2024), Kimberley lebih dulu memulai karier di Indonesia, sukses menempati peringkat ke-3 The Voice Kids Indonesia 2017. Ia juga berpartisipasi di kompetisi The Indonesian Next Big Star.

Gadis asal Jakarta ini akhirnya debut pada 22 Februari 2019, yang mana saat itu ia berusia 12 tahun, dengan merilis single Shine (ft. ELS & Willy Winarko), dengan nama panggung KIM!. Namun, Kimberely disebut mulai bernyanyi sejak berusia lima tahun.

Kimberley sebelumnya berada di bawah naungan NSG, dan merupakan mantan personel trio K2B. Di foto terbaru yang dirilis egoENT, dara berusia 17 tahun itu tampil lebih dewasa dengan rambut hitam panjang berponi dan memakai bralette putih di bawah outer merah mudanya.

Ia adalah salah satu dari empat personel yang dijadwalkan debut di bawah bendera VVUP. Melansir laman Kpop Official, "VV" di VVUP merupakan singkatan dari huruf pertama "WIN" (W), melambangkan pencapaian berkelanjutan menuju puncak, serta mewakili niat grup dalam memberi energi positif dan harapan pada masyarakat.

Menjelang debut resmi, VVUP akan merilis single pra-debut pada 13 Maret 2024 sebagai bagian dari pemanasan debut yang dijadwalkan pada paruh pertama tahun ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ada Mantan Trainee YG

VVUP akan memasuki industri musik K-pop "dengan berani" melalui single pra-debut DOO DOOM CHIT. Lagu ini dirancang untuk sepenuhnya menampilkan pesona dan keterampilan para personel grup, serta memuat irama dan melodi yang adiktif supaya "pendengar tidak mudah melupakannya."

Single ini jadi pendahuluan dari debut resmi mereka di paruh pertama tahun ini, menandai awal dari perjalanan penuh semangat meraih "kemenangan" pada 2024. Didirikan dengan visi bangga pada artisnya, egoENT bermaksud merencanakan dan memproduksi konten berkualitas terbaik yang terinspirasi ungkapan, "Semuanya akan berjalan lancar."

Fakta bahwa Kimberley akan debut bersama Kim Hyun Hee juga menarik perhatian warga media sosial. Pasalnya, ia merupakan mantan trainee YG Entertainment yang semula dirumorkan ada dalam jajalan personel debut BABYMONSTER.

Hyun Hee merupakan kontestan My Teenage Girl yang berhasil masuk daftar 11 besar. Gadis yang sempat disebut-sebut mirip Jennie BLACKPINK ini dikenal luas berspesialisasi dalam menari dan rap.

3 dari 4 halaman

Dinanti Warganet

Personel VVUP lainnya adalah Paan Mekmok asal Thailand. Ia mengambil kelas vokal/menari di Def Dance Skool dan World Star Academy. Paan mendapat beasiswa untuk berlatih di Avex selama sembilan hari pada 2018. Sementara itu, belum ada informasi tambahan terkait personel keempat grup tersebut.

Warganet mengaku tidak sabar menanti perilisan single pre-debut VVUP. "Bisa ini mah gebrak gen5! Semoga mereka dipromosiin dengan baik dan bisa muncul dibanyak varshow," kata seorang pengguna X. "Kimberly ini paket komplit suara bagus prestasi banyak 👍," sahut yang lain.

"Kebayang lagunya hip hop badas gitu," tebak warganet. "WAHH BAKAL KEREN BANGET SIHH!! kim suaranya bagus bangett kalian harus kepoin lagu lagunya kim juga."

"Kim ini dulu pernah viral waktu nyanyiin lagu apa gitu di YouTube, aku lupa. Kukira dia bakal debut di SM karena rumornya gitu, ternyata dia debut di agensi baru. Gapapa semoga bisa bikin gebrakan," yang lain menimpali.

4 dari 4 halaman

Idol K-pop Berdarah Indonesia

Hadirnya Kimberley sekaligus memperpanjang daftar idol K-pop asal Indonesia. Sunbae satu negaranya termasuk Loudi, yang dulu merupakan personel Bleu tapi sekarang jadi soloist. Lalu, ada Malvin yang debut di Z-Boys dan Vanya untuk Z-Girl pada 2019.

Tidak ketinggalan, ada Dita Karang di Secret Number. Lalu, Zayyan, yang baru saja berulang tahun dan merayakannya di fan cafe event bersama para penggemar, yang terjun ke dunia Kpop bersama XODIAC dengan single debut Throw A Dice pada 25 April 2023.

Bagi Dita, kariernya tidak semata jadi idola K-pop. Tahun lalu, perempuan asal Yogyakarta itu digandeng KBRI Seoul untuk mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia. Duta Besar RI di Seoul, Korea Selatan, Gandi Sulistiyanto, menyebut bahwa ini merupakan salah satu fokus kerja sama dalam rangka peringatan 50 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Korea pada 2023.

Di kesempatan itu, pihaknya juga menggandeng aktis asal India, Anushka Sen. Dita dan Anusha merupakan artis yang berada di bawah naungan agensi Korea Selatan: Vine Entertainment dan Asia Lab Management.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.