Sukses

Liburan Hemat ke Pantai Gua Langir Banten, Naik Kereta dari Jakarta Ongkosnya Hanya Rp80 Ribuan

Pergunakan waktu akhir pekan yang singkat sesekali dengan menjelajahi objek wisata sekitaran Jakarta. Selain Bogor, Anda juga bisa mengeksplorasi kawasan Banten yang punya banyak pantai indah tersembunyi, salah satunya Pantai Gua Langir.

Liputan6.com, Jakarta - Pergunakan waktu akhir pekan Anda yang singkat sesekali dengan menjelajahi objek wisata sekitaran Jakarta. Selain Bogor, Anda juga bisa mengeksplorasi kawasan Banten yang punya banyak pantai indah tersembunyi yang salah satunya Pantai Gua Langir.

Tak perlu banyak biaya, perjalanan Anda bisa lebih hemat dengan moda transportasi kereta api. Kiat tersebut dibagikan oleh pemilik akun TikTok @indocampinglovers_.

"Keretaan dari Jakarta ke Gua Langir, cuma 80 ribuan (rupiah) gimana caranya?" sebutnya di awal video.

Perjalanan dari Jakarta dimulai di Stasiun Buaran dengan tujuan Stasiun Rangkasbitung, tiketnya Rp10.000 dengan durasi 2 jam perjalanan. Untuk ke Stasiun Rangkasbitung, Anda harus transit dulu di Stasiun Tanah Abang dengan jadwal keberangkatan paling pagi adalah pukul 06.25 WIB. 

Setelah sampai di Stasiun Rangkasbitung, langsung saja keluar stasiun dan menuju ke parkiran untuk menyambung perjalanan dengan menumpang Damri tujuan Stasiun Rangkasbitung - Sawarna. "Perjalanan dengan bus ini sekitar tiga jam, jadi jangan lupa sediain makanan kalian," sambungnya.

Harga tiketnya adalah Rp70.000 sekali jalan. Karena tujuan akhir bus tersebut adalah Pantai Sawarna, jangan lupa untuk memberi tahu sopir bahwa Anda akan turun di Pantai Goa Langir.

Damri tersebut akan langsung mengantarkan Anda di depan pintu masuknya. Tiket masuk ke pantai adalah Rp10.000 per orang, untuk yang ingin kemping juga bisa dengan membayar Rp15.000.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Kalah Cantik dengan Pantai di Bali

Dari gerbang tadi menuju pantainya, Anda harus berjalan sekitar 10 menit untuk sampai di lokasi. Pantai Gua Langir memiliki pasir putih dengan gua pantai yang ikonis. Dari video yang ditunjukkan, tampak pemandangan indah yang tak kalah dengan pantai yang ada di Bali.

Konten yang disukai oleh lebih dari 2.708 pengguna TikTok itu pun mendapat banyak komentar dan pertanyaan dari warganet, termasuk jalan kembali pulang ke Jakarta. "Damri-nya untung-untungan nggak sih? Nanti jauh-jauh ke Rangkas full?" tanya warganet.

"Bisa PP nggak ya?" warganet penasaran.

"Bentar lagi pasti rame banget," sambung yang lain.

"Mirip Pantai Karang Bolong Nggak sih?" tanya warganet.

"Katanya kalau bus adanya pas weekend ya? Soalnya sering lihat pakai Hiace," tulis yang lain.

"Nyari temen yang mau ke sana," warganet menimpali.

"Spill dong jadwal Damrinya," minta warganet.

"Kak open trip dong," yang lain mengusulkan.

Mengutip laman Antara, jadwal keberangkatan Damri dari Rangkasbitung ke Pantai Sawarna hanya ada tiga jadwal, yakni pukul 07.20, 07.30, dan 11.30 WIB. Sementara, rute sebaliknya dari Pantai Sawarna ke Rangkasbitung ada di pukul 05.20, 12.20, dan 12.35 WIB. Dengan jadwal tersebut, sangat disarankan untuk menginap di Pantai Goa Langir semalam.

3 dari 4 halaman

Pantai Pandan di Banten

Melansir Tim Regional Liputan6.com, 24 November 2023, di tengah keindahan alam Banten, terhampar sebuah surga pantai menunggu untuk dijelajahi, Pantai Pandan. Destinasi wisata yang berlokasi di Pandeglang ini tak cuma menawarkan pesona alam yang memukau, namun juga pengalaman liburan seru dan berkualitas. Mari kita selami keindahan dan keberagaman yang ditawarkan Pantai Pandan, tempat di mana petualangan yang tak terlupakan dimulai.

Dengan waktu tempuh sekitar dua jam menggunakan kendaraan pribadi dari Kota Serang, perjalanan menuju Pantai Pandan terasa begitu menyenangkan. Akses yang mudah ini membuatnya menjadi destinasi yang ideal untuk keluarga, teman, atau pasangan yang ingin menghabiskan waktu bersama di tepi laut.

 Saat memasuki area pantai, pengunjung disambut dengan suasana yang ramah dan terorganisir. Biaya parkir yang terjangkau, lima ribu untuk motor dan sepuluh ribu untuk mobil, menambah kenyamanan perjalanan. Seiring langkah kaki mendekati pantai, udara segar dan cahaya matahari yang bersinar cerah menyambut setiap pengunjung.

4 dari 4 halaman

Kamis Pantai Pandan Libur

Tapi, sebelum memasuki kawasan pantai, ada beberapa informasi penting yang perlu diperhatikan. Harga masuk Pantai Pandan bervariasi tergantung pada hari kunjungan. Pada hari biasa, pengunjung membayar Rp20 ribu per orang, sedangkan saat akhir pekan, tarifnya menjadi Rp40 ribu per orang.

Namun, Kamis memiliki nuansa tersendiri di Pantai Pandan. Meskipun tidak ada voucher yang diberikan, pengunjung cukup membayar seikhlasnya sebesar Rp15 ribu per orang untuk menikmati keindahan Pantai Pandan tanpa batasan waktu

Galung, penjaga kebersihan Pantai Pandan, Selasa, 22 November 2023 menuturkan, Kamis waktunya karyawan libur, sehingga tidak ada tapi bayar seikhlasnya untuk kebersihan. "Cafe and resto juga libur, jadi cuma ada beberapa kedai aja yang buka," ungkapnya.

Keberagaman fasilitas Pantai Pandan pun menambah daya tariknya. Mulai dari tempat duduk nyaman yang mirip dengan suasana kafe hingga berbagai aktivitas laut seperti perahu, banana boat, dan selancar, pengunjung punya banyak pilihan untuk mengisi waktu mereka di pantai ini.

Pantai Pandan juga dikenal dengan keberagaman kuliner yang ditawarkannya. Ada banyak jajanan lezat seperti es potong, otak-otak, bandeng, hingga bakso dapat dinikmati sambil menikmati pemandangan laut yang indah. Beragam penjual jasa seperti pijat dan kepang rambut ikut meramaikan suasana pantai, menambahkan nuansa santai dan hiburan bagi para pengunjung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.