Sukses

NCT Wish dan 3 Grup Rookie SM Entertainment Bakal Debut pada 2024

NCT Wish merupakan subunit terakhir NCT.

Liputan6.com, Jakarta - Agensi hiburan Korea Selatan, SM Entertainment, mengumumkan bahwa ada empat grup rookie asuhan mereka yang bakal debut tahun ini. Salah satu boy group yang akan diperkenalkan adalah NCT Wish.

Sementara grup lain yang dijadwalkan debut pada 2024 adalah girl grup baru, yaitu Naevis, karakter fiksi girl group aespa dan boy grup yang berbasis di Inggris, menurut keterangan SM, dilansir dari The Korean Times, Kamis (8/2/2024). NCT Wish, subunit terakhir NCT, dijadwalkan debut di Tokyo Dome, Jepang pada 21 Februari 2024.

Tahun lalu, SM Entertainment menjalin kemitraan dengan perusahaan hiburan Inggris, Moon&Back (M&B), yang berbasis di London, untuk meluncurkan boy group baru yang menampilkan personel campuran Korea Selatan dan Inggris. M&B akan berkolaborasi dengan SM dalam serial TV enam bagian yang mendokumentasikan perkembangan grup tersebut.

SM juga berencana mengejar peluang "secara agresif" bagi artisnya untuk memasuki pasar Amerika melalui subunit Amerika yang didirikan bersama Kakao Entertainment. Demi mendukung rencana ini, agensi hiburan itu mengklaim telah meningkatkan jumlah komposer in-house dengan merekrut 84 komposer baru melalui anak perusahaannya dalam beberapa bulan terakhir.

Dalam siaran pers terpisah, SM Entertainment mengatakan akan merilis album solo personel Ten dan Taeyong NCT pada Februari 2024. Ada pula penampilan EP solo Wendy Red Velvet dan EP NCT Dream pada Maret mendatang. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Capai Rekor Penjualan Album

Formasi perusahaan untuk paruh kedua 2024 disebut akan mencakup single dan EP RIIZE, album studio pertama aespa, serta rilisan baru dari BoA, Suho EXO, Hyoyeon Girls' Generation, Doyoung NCT, SHINee, Red Velvet, dan WayV.

SM Entertainment juga mengumumkan artis-artisnya yang berencana mengadakan konser mandiri di paruh kedua tahun ini, yakni NCT Dream, aespa, Super Junior, Super Junior-L.S.S. dan Ten NCT. "Tahun lalu, jumlah perilisan album dan musik (oleh artis SM) adalah 64, naik 12 persen dari tahun sebelumnya, dengan rekor sepanjang masa sebanyak 20,1 juta album baru terjual," kata pihak SM.

Pihaknya menambahkan bahwa para artis secara kolektif mengadakan 340 konser tahun lalu, menandai peningkatan luar biasa sebesar 224 persen dari tahun sebelumnya. Sebelumnya, lapor Tim Regional Liputan6.com, Rabu, 7 Februari 2024, Irene Red Velvet telah resmi memperpanjang kontrak dengan SM.

Kabar ini diumumkan langsung pihak agensi, kemarin. SM Entertainment mengatakan, perpanjangan kontrak ini dilakukan atas dasar kepercayaan satu sama lain. 

3 dari 4 halaman

Irene Red Velvel Perpanjang Kontrak

Perpanjangan kontrak Irene menyusul rekan satu grupnya, Seulgi, yang lebih dulu menandatangani kontrak perpanjangan dengan agensi itu. "Kami akan mendukung Irene Red Velvet dalam beragam aktivitas, sehingga ia bisa lebih aktif lagi dipromosikan sebagai artis global. Jadi, tolong berikan dukungan dan cinta di masa mendatang," tulis SM Entertainment. 

Hal ini juga dikonfirmasi langsung Irene yang mengatakan bahwa ia akan melanjutkan karier di bawah asuhan SM Entertainment. Pemilik nama asli Bae Joo Hyun ini juga mengatakan, perpanjangan kontrak dengan SM memang atas dasar kepercayaan yang telah lama terjalin.

"Saya memperbarui kontrak dengan SM Entertainment, yang menjadikan saya seperti sekarang, dan staf perusahaan yang bekerja bersama saya sejak debut," kata Irene.

Ia pun berterima kasih pada para penggemar yang terus mendukungnya hingga sekarang. Irene berjanji akan tampil dengan beragam aktivitas bersama para persenel Red Velvet lainnya tahun ini.

4 dari 4 halaman

Dirikan Agensi Sendiri

Di sisi lain, ada jumlah artis yang tidak meneruskan kontrak individu dengan SM Entertainment, namun tetap mengikuti arahan agensi terkait akvitas grup. 

Setelah 13 tahun di SM Entertainment, D.O. EXO mengumumkan kepergiannya dari agensi itu. Terungkap juga bahwa penyanyi dan aktor tersebut mendirikan agensi solonya sendiri bernama Company Soosoo dengan direktur pelaksana lamanya.

Soosoo Company kini secara eksklusif mengelola aktivitas solo D.O., sementara SM Entertainment masih mengawasi promosinya bersama EXO, lapor L'OFFICIEL Singapore. Seperti halnya D.O., Baekhyun EXO juga meninggalkan SM Entertainment tahun lalu untuk aktivitas solonya.

Setelah kepergiannya, ia mendirikan INB100, yang menangani promosi individunya dan EXO-CBX. INB100 juga bertanggung jawab atas promosi individu dan unit dua personel EXO-CBX lainnya: Xiumin dan Chen.

Donghae dan Eunhyuk Super Junior, salah satu boy group tertua asuhan SM Entertainment, juga telah mendirikan ODE Entertainment untuk melanjutkan aktivitas solo mereka. Sementara duo ini tetap bersama perusahaan manajemen untuk aktivitas grup, ODE berjanji menampilkan unit veteran dan aktivitas solo mereka dengan fokus lebih besar, setelah mengadakan DElight Party World Tour Fancon tahun lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.