Sukses

Pertemuan Kembali Anies Baswedan dan Balita yang Cium Keningnya 8 Tahun Lalu

Anies Baswedan khusus menuliskan pengalaman pertemuan keduanya dengan balita yang kini sudah menjelang remaja di akun Instagram resminya.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak kisah yang dibagikan oleh masing-masing kontestan Pemilu 2024 saat berkampanye, tak terkecuali dengan calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan. Saat mengikuti kegiatan bersama Jaringan Rakyat Miskin Kota (JRMK), ia tak disangka bertemu kembali dengan balita yang mencium keningnya.

Anies pun membagikan kisah pertemuannya di sela kampanye Pilpres 2024 itu di akun Instagram @aniesbaswedan. "“Pak, Pak, Pak!” teriak keras seorang Bapak sambil berebutan salaman dengan warga lain. Suasana ramai itu saat kami keluar dari acara bersama Jaringan Rakyat Miskin Kota (JRMK) di sebuah kampung di Penjaringan, Jakarta Utara. Dekat Ancol," tulis dia, Sabtu, 3 Februari 2024.

Ia menjelaskan bapak itu memanggil namanya lantang sambil berebut salaman. Penasaran dengan gestur si bapak, Anies pun meminta mobilnya ditepikan. Kesempatan tersebut langsung dimanfaatkan bapak dimaksud dengan menyodorkan ponselnya. Ia menunjukkan sebuah foto.

"“Pak Anies, ini anak saya mau ketemu. Dia yang dulu cium Bapak waktu Pilkada Jakarta. Ini fotonya, Pak. Ini fotonya, Pak. Lihat ini, Pak!” katanya sambil menunjukkan foto di layar HP. Tangan masih bergetar memegang HP-nya," sambung Anies lagi.

Mata Anies mengarah ke foto yang disodorkan. Ia memerhatikan foto lamanya saat bercakap-cakap dengan seorang anak balita saat berkunjung ke sebuah kampung di Pademangan, Jakarta Utara. Balita itu mencium keningnya dan direkam lewat kamera ponsel.

"Saat Pilkada di Jakarta, tepatnya Oktober 2016," kata Anies.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Doa Anies untuk Natasya

 

Menurut Anies, wajah bapak dan anak itu berbinar. Ia diingatkan kembali nama si anak, yakni Natasya. Anies yang datang didampingi Fery Farhati, sang istri, mengajak anak itu naik ke mobil dan berpelukan.

"Erat sekali genggamannya. Kami berbincang," tulis Anies.

Saat pertama kali bertemu, Natasya masih TK. Di perjumpaan kedua, ia sudah duduk di kelas 5 SD dan memakai kerudung.

"Sebuah perjumpaan awal yang mengesankan dan sebuah perjumpaan ulang yang mengharukan. Semoga Natasya kelak akan bisa melampaui semua cita-citanya," harap Anies.

Melansir Antara, Minggu (4/2/2024), kejadian itu berlangsung saat Anies menghadiri pertemuan para pendukungnya di Kampung Muka Ancol, Pademangan, Senin, 29 Januari 2024. Pertemuan itu dihadiri sekitar 3.000 sampai 4.000 orang dari 27 kampung di Jakarta, seperti Paguyuban Warga Kampung Bayam di Tanjung Priok dan Cilincing, Kampung Kunir di Taman Sari dan Pademangan, dan Kampung Akuarium di Penjaringan.

Ketua Panitia Munarto menjelaskan warga yang hadir berkomitmen untuk menjalankan gerakan satu pendukung 50 suara untuk Anies Baswedan. Gerakan itu bermakna satu pendukung akan mengajak 50 orang di dekatnya untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS) dan mencoblos pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut satu serta empat partai pendukungnya.

3 dari 4 halaman

Persiapan Hadapi Debat Capres

 

KPU RI telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres peserta Pilpres 2024 yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut satu (1), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut dua (2) dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut tiga (3). Masa kampanye Pemilu 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.

Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari. Kemudian, jadwal pemungutan suara berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Sementara itu, Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskndar (Timnas AMIN) optimistis calon presiden (Capres) nomor urut 1 Anies Baswedan bakal tampil optimal pada debat capres pamungkas yang digelar Minggu (4/2/2024) malam ini. Selain itu, elektabilitas AMIN juga diyakini akan meroket usai debat pamungkas antarcapres. Pasalnya, tema debat terakhir ini dinilai merupakan rekam jejak Anies Baswedan.

"Sangat optimis, karena materi debat ini adalah rekam jejak Pak Anies sebagai menteri terkait pendidikan dan pengalaman gubernur dalam pelayanan publik, penanganan covid, menjaga toleransi," kata Juru Bicara Timnas AMIN Iwan Tarigan dalam keterangan tertulis, dikutip dari kanal Pemilu Liputan6.com.

4 dari 4 halaman

Tema Debat Capres Terakhir

Menurut Iwan, tema debat capres pamungkas ini juga sangat menarik. Dia memastikan, Anies akan banyak menyampaikan gagasan, program kerja, dan visi misi yang menjawab kebutuhan Indonesia ke depan.

Meski begitu, Iwan meyakini Anies juga bakal tampil menyerang seperti debat-debat sebelumnya. "Karena ini debat terakhir, maka intensitas serangan makin gencar," ujarnya.

Lebih lanjut, Iwan memastikan Anies dalam kondisi bugar jelang debat capres pamungkas berlangsung malam ini. Iwan menyebut, Anies sepenuhnya siap menghadapi debat pamungkas. "Kondisi Pak Anies dalam kondisi sehat dan bugar dan sangat siap menghadapi debat terakhir," tutur Iwan.

Debat terakhir antar-capres mengusung tema kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi. Debat pamungkas yang diikuti ketiga calon presiden (capres) ini bakal digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat pada pukul 19.00 WIB hingga 21.30 WIB. Polda Metro Jaya mengerahkan s2.292 personel saat debat capres terakhir berlangsung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.