Sukses

Daisy Eks Momoland Bongkar Budaya Diet Idol Korea yang Aneh, Ada Lomba Berat Badan Paling Banyak Turun untuk Trainee di Bawah Umur

Daisy eks Momoland mengaku saat itu tak berpikir apapun saat agensi menggelar Diet Award untuk memberi penghargaan kepada trainee yang masih di bawah umur yang berhasil menurunkan berat badan paling banyak.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan member grup idol Momoland, Daisy, membongkar kultur diet yang dialaminya sebagai seorang trainee. Lewat akun TikToknya, ia membahas budaya diet yang aneh tanpa menyebutkan agensi yang menerapkan aturan itu secara spesifik.

Ia menjelaskan, seperti kebanyakan perusahaan agensi K-pop, agensi yang menaunginya saat itu menggelar evaluasi bulanan dan evaluasi akhir tahun di Desember. Khusus evaluasi akhir tahun, agensi membuat tema-tema khusus, seolah sebuah acara penghargaan untuk para trainee. Suasananya pun dibuat tidak seserius evaluasi bulanan.

"Karena itu seperti acara penghargaan, mereka pun memberikan penghargaan. Penghargaan-penghargaan ini pada dasanya seperti trofi yang dibuat khusus yang bisa dibeli secara online. Penghargaan-penghargaan ini sangat tidak serius dan ringan semangatnya. Kategorinya adalah orang yang paling berlatih di ruang latihan atau orang yang paling banyak mengalami kemajuan," celotehnya, dikutip dari Koreaboo, Rabu (24/1/2024).

Hingga tibalah penghargaan kategori terakhir. Saat itu, ia mengaku tidak terlalu memikirkannya tetapi tetap diingat karena terasa 'agak aneh'. Dia mengatakan kategori terakhir secara harfiah disebut 'Diet Award' dan diberikan kepada orang yang mengalami penurunan berat badan paling banyak.

"Aku tidak memikirkan apa pun saat itu, tapi tiba-tiba aku teringat ini dan aku berpikir 'oh, ini agak aneh'. Aku tidak tahu apakah beberapa dari Anda mungkin sudah menduga hal ini akan terjadi, namun kategori terakhir secara harafiah disebut 'Diet Award', yang diberikan kepada orang yang berhasil menurunkan berat badan paling banyak," kata Daisy.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masih di Bawah Umur

Mantan idol itu mengatakan meski ia paham bahwa perusahaan bermaksud menghargai kerja kerasnya, hal tersebut membuatnya salah paham. Pasalnya, tidak ada satupun trainee yang saat itu berusia dewasa. Karena kategori penghargaan itu pula, Daisy terpacu untuk memenangkannya.

"Tidak ada satu pun peserta pelatihan di ruangan itu yang dewasa. Kami semua hanyalah siswa SMP dan SMA, bahkan saya yakin ada, seperti anak berusia 11 tahun," ujarnya.

"Meski begitu, pemenang tetap mendapatkan penghargaannya, piala kecil, mereka mengucapkan sedikit pidato penerimaan, seperti kalimat, 'Saya akan mencoba menurunkan berat badan lebih banyak.' Pada saat itu, saya tidak menganggap ini aneh sama sekali. Jika ada, saya seperti 'oh, saya juga menginginkannya.'," katanya lagi.

Daisy mengakhiri videonya dengan mengatakan bahwa dia berharap perusahaan berhenti memberikan penghargaan tersebut. Dia sengaja membagikan pendapatnya karena menurutnya penghargaan itu aneh. Dia berkata bahwa dia “kehilangan akal sehatnya” ketika membahas topik-topik ini, yang mencerminkan bagaimana budaya diet dapat memengaruhi cara seseorang memandang hal-hal tertentu.

  

3 dari 4 halaman

Diet Kahiyang Ayu Turunkan 30 Kg

Sementara itu, Kahiyang Ayu berbagi pencapaiannya pada 2023, yakni sukses diet. Melalui unggahan Instagram-nya, baru-baru ini, perempuan yang akrab disapa Ayang ini menulis, "Kalo ditanya, di tahun 2023 apa yang tercapai? Jawabannya berhasil diet!! Udah turun berapa kg emangnya? Alhamdulillah udah turun 30kg."

Pencapaiannya itu disebut sebagai "prestasi dalam hidup." Di samping itu, Kahiyang juga mengungkap alasan dirinya memutuskan diet untuk menurunkan berat badan. "Menepati sebuah janji buat diet, dan karena udah capek ajaahh kena hina, sama yang kenal dan ngga kenal sekali pun, gara-gara badan gemoyyy," bebernya.

"Pernah di fase yaa karena aku nyaman dengan badan gemoyku, jadi kenapa harus diet? Tapi, pada akhirnya stres juga ngeliat timbangan yang makin hari makin ke kanan," imbuhnya. "Kalo ditanya, dietnya susah ngga? Jawabannya sih enggak."

Yang susah, menurut istri Bobby Nasution itu, adalah mencari niat untuk diet dan konsisten menjalaninya. "Aku butuh 5 tahun buat mencari niat (diet)😂😂. Aku cerita gini cuma mau berbagi ajaa, bukan buat pamer atau bahkan menghina. Yang terpenting kita sehat dan lebih mencintai diri sendiri," candanya.

4 dari 4 halaman

Tampilan Kahiyang Bikin Pangling

Bulan sebelumnya, tampilan Kahiyang memang sudah bikin pangling. Wajahnya disebut terlihat lebih tirus dan postur tubuhnya lebih langsing. Hal itu terlihat ketika ia mendatangi desainer kebaya Myrna Myura.

Pertemuan itu dibagikan di akun TikTok @myrnamyura pada 9 Desember 2023. Kahiyang terlihat mengenakan setelan baju kasual warna putih saat berkonsultasi dengan sang desainer. Ia juga terlihat mengukur badan untuk baju yang akan dibuat.

Ibu tiga anak itu pun bersenda gurau sambil membahas kebaya yang diinginkannya. "Ngobrol bareng sama Mba Ayang," tulis Myrna sebagai keterangan unggahan.

Melihat klip itu, tidak sedikit warganet yang mengaku pangling dan terpukau dengan kemunculan Kahiyang dengan penampilan barunya. Bahkan, ada yang menyebut Kahiyang semakin mirip dengan Raisa maupun Aaliyah Massaid.

"Pangling kirain bukan Kahiyang," komentar seorang pengguna. "Kurusan makin cantik banget kek Raisa," sahut yang lain. "Mirip Aaaliyah Massaid kayaknya," timpal warganet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.