Sukses

Akting IU dan V BTS di MV Love Wins All Tuai Pujian, Warganet Penasaran dengan Makna Kubus

Tak lama setelah MV dirilis, UAENA, sebutan penggemar IU dan pendengar musik Kpop memberikan pujian atas adegan indah penampilan akting dari IU dan V BTS.

Liputan6.com, Jakarta - Penyanyi asal Korea Selatan IU menjadi berita utama setelah meluncurkan video musik terbaru. Ia berkolaborasi dengan V BTS dalam video yang tayang perdana, pada Rabu (24/1/2024). Video bertajuk "Love Wins All" tersebut tayang di saluran YouTube resmi IU.

Mengutip dari laman Kbizoom, Uhm Tae Hwa yang menjadi sutradara video musik itu berkomentar, "Saya menyambut berbagai interpretasi video musik IU "Love Wins All."

Tak lama setelah MV dirilis, UAENA dan pendengar musik Kpop memuji penampilan akting IU dan V BTS. Hal pertama yang menarik dalam MV tersebut adalah IU dan V BTS tampak sedang dikejar-kejar oleh benda berbentuk kubus. Para penggemar pun bertanya-tanya, hingga ada yang mengatakan berbagai spekulasi, "Ini seperti kekuatan alien yang datang untuk mengambil alih dunia?"

Ada pula yang menyebut, "Itu adalah virus zombie" dan "Hantu yang menyebabkan fenomena aneh?"

Dalam wawancara khusus, sang sutradara mengungkap proses pembuatannya. Menurut dia, benda kubus tersebut berarti diskriminasi terhadap tokoh utama dan dapat diartikan sebagai berbagai macam diskriminasi dan penindasan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Di bagian lain terdapat adegan IU sedang merekam menggunakan camcorder di setiap konten pra-promosi juga menyedot perhatian. Setting waktu dalam video hadir, pemandangan yang ditangkap "camcorder" memperlihatkan indahnya dunia sebelum hancur.

"Lensa camcorder itu seperti filter cinta. Ini juga dapat dipandang sebagai perangkat penting yang memungkinkan kita melihat hal-hal indah di luar aspek internal dan eksternal karakter," ungkap Uhn Tae Hwa. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Interpretasi MV Kolaborasi IU dan V BTS

Sang sutradara melanjutkan bahwa, di dunia dalam camcorder, keduanya menyantap makanan lezat, dengan percaya diri melakukan perjalanan melintasi ruang angkasa. Keduanya juga menikmati kebahagiaan dalam imajinasi mereka sambil mengenakan gaun elegan dan tuksedo.

"Dunia ini indah dan teratur, tidak seperti kenyataan yang kacau balau," katanya.

Banyak warganet juga yang penasaran dengan pemeran utamanya. Video musik ini dapat diartikan sebagai "kisah dystopian bertahan hidup di dunia dari orang yang tidak dapat berbicara dan orang yang melihat dunia hanya dengan mata kiri".

Melihat lebih dekat ke bibir IU, ada rantai kecil yang berkeliaran, yang menekankan kesulitan dalam berkomunikasi dengan dunia. V juga memakai lensa putih di mata kirinya. Meski begitu, di dunia yang hancur karena "kubus persegi", mereka tidak punya pilihan selain lebih mengandalkan satu sama lain dan berusaha mengatasi luka dan kelelahan mereka hingga akhir. 

3 dari 4 halaman

Alasan Memakai Gaun dan Tuksedo

Lalu mengapa mereka memakai gaun dan tuksedo? Menurut sutradaranya, detail IU dan V yang memutuskan untuk memilih gaun pengantin dan tuksedo dari reruntuhan juga membangkitkan minat yang besar.

Di sini, gaun pengantin dan tuksedo melambangkan "buah cinta". Dalam video musiknya, keduanya menikmati kebahagiaan dengan mengenakan pakaian tersebut, berfoto, bernyanyi, dan bersenang-senang bersama.

Namun, benda misterius kubus itu akhirnya menghancurkan mereka, hanya menyisakan pakaian yang mereka kenakan. Pada layar camcorder terakhir, keduanya terbang di udara, yang berarti mereka telah memperoleh kebebasan dari segala macam penindasan dan tekanan.

Gaun dan tuksedo yang berjatuhan dari langit menimbulkan pertanyaan apakah bentuk-bentuk tersebut, yang dianggap penting dan penting dalam kenyataan, benar-benar mengungkapkan esensinya. Oleh karena itu, ulasan positif terus berlanjut untuk sutradara Uhm Tae-hwa, yang membuat video musik dan film "Concrete Utopia", untuk berbagai perangkat dalam MV dan interpretasi akhir cerita. 

4 dari 4 halaman

Reuni IU dan V BTS

Sutradara Uhm Tae Hwa berkata, "Reuni dengan IU adalah hal yang paling menentukan. Itu adalah kolaborasi kami setelah lima tahun sejak 2018, jadi saya sangat terkesan."

Ia menyambung bahwa dua tahun lalu, IU sempat menghubunginya dan mereka mengerjakan VCR konser. Hal itu, kata Tae Hwa, memotivasi dirinya untuk bekerja lebih keras.

"Begitu pula, kali ini, ini adalah proyek yang mengingatkan saya akan kegembiraan berada di lokasi syuting. Alam semesta itu sendiri asing dan abstrak, tidak seperti kenyataan, jadi saya menyambut berbagai interpretasi berdasarkan perspektif berbeda dari video musiknya," kata sutradaranya.

Penyanyi IU yang memiliki nama asli Lee Ji Eun lahir pada 16 Mei 1993 di Distrik Gwangjin, Seoul, Korea Selatan. Nama panggungnya berasal dari kata "I and You (Aku dan Kamu)" yang melambangkan bahwa "kita" dapat menjadi "satu" melalui musik. 

Sementara, nama klub penggemarnya yaitu UAENA, dengan setiap suku kata memiliki arti yang berbeda yaitu "you (kamu)" dari Bahasa Inggris, "ae" adalah Sino-Korea untuk "cinta", dan "na" adalah Bahasa Korea untuk "aku".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.